Sabtu, Juni 15, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Spesifikasi GWM Haval H9, SUV Gambot dan Mewah Penantang Toyota Land Cruiser

by Ivan
GWM Haval H9 siap jadi penantang Land Cruiser

Great Wall Motor (GWM) produsen otomotif asal Cina sudah resmi menjejakan kaki di Tanah Air dengan menampilkan GWM Tank 500 dan Ora 03. Meski mereka juga punya GWM Haval H9 untuk segmen SUV besar dan mewah.

Jika GWM Tank 500 hadir mengedepankan roadmap teknologi off-road dan sokongan mesin hybrid begitu halnya Haval. Sementara Ora 03 jadi kendaraan listrik bergaya retro ramah lingkungan dan berteknologi canggih maka GWM Haval H9 hadir cuma dengan mesin bakar dalam opsi mesin bensin dan mesin diesel namun dengan penampilan luks.

GWM resmi merilis gambar pertama SUV berukuran besar berlabel GWM Haval H9 yang terlihat menjanjikan. Meskipun mengusung bahasa desain khas Haval dengan fasia depan yang berbeda, ada beberapa ciri halus pada Land Cruiser 300 yang menjangkiti mobil ini terutama di bagian belakang.

Pada buritan terdapat sepasang lampu belakang LED vertikal bersama dengan kompartemen penyimpanan eksternal. Konsumen juga bisa memilih membawa ban serep belakang (model menggantung) meskipun model reguler akan menempatkan ban cedangan di bagian bawah kendaraan.

GWM Haval H9 baru hadir dengan pilihan mesin bensin dan diesel

GWM Haval H9 baru hadir dengan pilihan mesin bensin dan diesel

Seperti disebutkan sebelumnya, fasia depannya cukup unik dengan gril tebal, lampu depan LED dan lampu DRL yang menarik perhatian, serta kap mesin yang panjang. Yang juga patut dinotice ialah velg GWM Haval H9 berukuran cukup besar yakni 19 inci.

Baca juga  Belum Juga Apa-apa, GWM Haval H6 Facelift Malah Rilis

Sementara ornamen eksterior lain mengedepankan logo huruf HAVAL yang tersemat di gril, roof rail warna hitam, panoramic sunroof, dan kaca spion persegi yang menonjolkan warisan SUV H9.

Dari segi ukuran, all-new H9 berukuran panjang 4.950mm (5.070mm pada model dengan ban serep menggantung dan pakai kotak penyimpanan), lebar 1.976mm, dan tinggi 1.930mm.

Mobil ini memiliki jarak sumbu roda 2.850 mm yang berarti akan memiliki banyak ruang kabin dan bagasi di dalamnya. Yang terakhir, H9 kabarnya akan tersedia dalam versi 5-seater atau 7-seater.

Tampilan luks dengan atap panoramic sunroof

Tampilan luks dengan atap panoramic sunroof

Di bawah kap depannya, GWM Haval H9 akan tersedia dalam dua pilihan mesin. Yang pertama adalah mesin bensin 2.0 liter turbocharged inline-four yang mungkin diturunkan dari Tank 300. Tenaganya mencapai 224 PS dengan torsi 480 Nm dan dibebani dengan gearbox otomatis 8 percepatan.

Berikutnya adalah mesin 2.4 liter turbo diesel yang menghasilkan tenaga 186 PS dengan torsi 480 Nm yang dikawinkan dengan girboks otomatis 9 percepatan. Sistem 4WD milik BorgWarner juga tersedia untuk Haval H9. Pas untuk bersaing dengan Toyota Land Cruiser.

Baca juga  Perbedaan GMW Ora GT dan Ora Standar Yang Sempat Mejeng di GIIAS

GWM Bakal Dirakit di Indonesia

Tak sekadar hadir dan mengimpor mobilnya masuk padsar Tanah Air. GWM juga menyatakan kesiapannya untuk merakit mobil listrik di Indonesia.

Informasi tersebut tertuang dalam rilis resmi dari Inchape yang para petingginya sudah datang langsung menemui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan (LBP) pada awal Oktober 2023 lalu.

Group Chief Executive, Inchcape Plc, melakukan pertemuan dengan Luhut Binsar Pandjaitan di Kantor Kementerian Menko Marves dalam rangka mendiskusikan komitmen Inchcape untuk mendukung akselerasi adopsi solusi energi baru di Indonesia.

GWM siap rakit mobil listrik di Indonesia

Inchape minta restu Luhut, GWM siap rakit mobil listrik di Indonesia

Para petinggi Inchape yang hadir menemui Luhut antara lain Ruslan Kinebas, CEO, APAC, Inchcape Plc; dan Khoo Shao Tze, President Director, Inchcape Indonesia. Pertemuan yang melibatkan tokoh penting ini menggarisbawahi peran vital dari mobilitas dengan energi baru bagi masa depan Indonesia.

Fokus komitmen Inchcape yang didiskusikan dengan meliputi rencana perakitan kendaraan ramah lingkungan Great Wall Motor (GWM), pengintegrasian produk baterai lokal dalam perakitan unit GWM, serta komitmen Inchcape untuk melanjutkan kegiatan perakitan Mercedes-Benz di Indonesia.

Baca juga  3 Alasan Kuat Haval H6 Jadi Backbone Jualan GWM

Inchcape juga menyatakan dukungan dan sponsor untuk inisiatif di bidang lingkungan serta Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang berdedikasi untuk mendorong perubahan positif serta dampak nyata bagi lingkungan. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika