Thursday, October 6, 2022

Spesifikasi Honda Civic Type R 2023 Terungkap, Tenaga 315 HP!

by Tigor Sihombing
honda civic type r 2023 - tampak belakang

Spesifikasi lengkap Honda Civic Type R 2023 resmi terungkap untuk pasar Amerika Serikat. Ubahannya mulai dari performa mesin yang lebih bertenaga hingga 315 hp, hingga peningkatan aura sporty  di eksterior dan interiornya.

Dengan segenap revisi tersebut, performanya di sirkuit jadi sangat buas. Civic Type R terbaru sukses menjadi mobil dengan penggerak roda depan tercepat di Sirkuit Nürburgring Nordschleife dengan lap time 7 menit 43,8 detik.

“Itu karena Honda telah menyempurnakan stabilitas handling dengan suspensi multi-link, pusat gravitasi dibuat lebih rendah. Setir yang presisi serta tenaga dan akselerasi yang juga meningkat,” kata Matt Neal, Pembalap yang memenangkan British Touring Car Championsip tiga kali berturut-turut sekaligus salah satu tim penguji Honda Civic Type R 2023.

Tertarik punya? Sayangnya mobil ini belum dijual. Honda bakal memasarkannya secara resmi untuk pasar Amerika Serikat pada musim gugur atau akhir tahun 2022. Kemungkinan masuk Indonesia, pada tahun depan.

Berapa kira-kira banderolnya? Kita bisa memprediksi dengan mengacu pada Honda Civic Type R versi lama yang dijual di Tanah Air Rp 1,1 miliar. Maka Civic Type R model 2023, kemungkinan sedikit di atasnya.

Di artikel ini, kami akan bahas lebih lengkap soal spesifikasi Honda CIvic Type R 2023. Mulai dari eksterior, interior, hingga performa mesinnya. Penasaran? Berikut detailnya:

Baca juga  3 Mobil Honda Terlaris di GIIAS 2022

Performa Mesin Civic Type R 2023 Semakin Bertenaga

2023 Honda Civic Type R

Mesin turbo Honda Civic Type R terbaru berkode K20C1

Bicara spesifikasi mesin, Honda Civic Type R 2023 mengusung mesin berkode K20C1 4 silinder DOHC turbocharged berkapasitas 1.996 cc. Di atas kertas bisa menghasilkan tenaga  315 hp pada 6.500 rpm dan torsi 420 Nm pada 2.600 – 4.000 rpm. Dengan kata lain, performanya meningkat sekitar 9 hp dan 1,6 Nm dibanding model sebelumnya.

Untuk mencapai performa istimewa itu, ubahannya cukup banyak. Salah satunya di bagian turbo charger, lalu ada pengeturan khusus di sistem pembakaran. Selain itu, gearboks juga dibuat dengan material lebih ringan.

Pergerakan mobil akan semakin optimal, lantaran sedan sport tersebut didukung dengan transmisi manual 6 percepatan. Alhasil rasa berkendara khas mobil balap semakin tercipta.

Tampilan Eksterior Semakin Ganteng

Honda Civic Type R 2023 - eksterior

Bodinya dibuat lebih lebar dan rendah, semakin mirip mobil balap

Honda Civic Type R 2023 masih setia menggunakan basis mobil Civic generasi 11, meski begitu secara desain banyak berubah. Misal pada spesifikasi eksterior, Honda Civic Type R 2023 terbaru memiliki desain dan aerodinamika yang lebih baik. Hal itu terlihat dari tongkrongan mobil yang lebih lebar dan rendah.

Baca juga  Uji Konsumsi BBM Mobilio, Benarkah Efisien?

Pemasangan bumper depan baru dan grille bawah yang besar memaksimalkan asupan udara yang lebih baik ke sektor mesin. Detail desain lain yang membantu memaksimalkan aerodinamis termasuk ventilasi aperture besar di belakang roda depan. Ada pula diffuser belakang baru yang lebih besar yang terintegrasi langsung ke bawah lantai.

Pada kaki-kaki Honda Civic Type R menggunakan pelek hitam matte berukuran 19 inci, dibungkus ban Michelin Pilot Sport 4S yang lebih lebar 0,7 inci dari model generasi terakhir.

Sistem pengereman Brembo juga ditingkatkan untuk untuk rasa berkendara lebih baik dan umur panjang. Mobil baru ini memiliki fitur kontrol suhu dan pendinginan udara yang ditingkatkan melalui radiator yang ditingkatkan, memastikan kinerja optimal yang berkelanjutan selama penggunaan berat.

Saluran gas buang juga enggak mau kalah. Desain triple-knalpot baru dengan modulasi suara yang disempurnakan meningkatkan sensasi aural, semakin memperkuat koneksi pengemudi dengan mobil.

Honda Civic Type R ditawarkan dalam pilihan warna Championship White (eksklusif Tipe R), Rallye Red, Boost Blue, Crystal Black Pearl, dan Sonic Grey Pearl.

Baca juga  25 Mobil Sedan Terbaik 2022, Harga & Review

Interior Sporty dan Modern

spesifikasi honda civic type r 2023 - interior

Interiornya khas mobil balap dengan transmisi manual dan jok sporty warna merah, tapi fitur-fitur modern untuk berkendara sehari-hari tetap disematkan

Pada interior, spesifikasi desain Honda Civic Typer R 2023 juga lebih sporty, dengan meter cluster berpenampilan full digital. Selain menampilkan informasi kecepatan, mesin dan transmisi, meter cluster terbaru juga menampilkan informasi gaya gravitasi dan stopwatch saat mobil diajak berlari kencang.

Dalam kabin juga terdapat layar infotainment 9 inci, dilengkapi dengan datalogger kinerja Honda LogR eksklusif, yang membantu memantau dan merekam parameter kinerja secara real time untuk meningkatkan keterampilan mengemudi di sirkuit.

Fitur ini dilengkapi dengan kompatibilitas nirkabel Apple CarPlay dan Android Auto, sedangkan pengisian daya nirkabel yang kompatibel dengan Qi dan sistem suara premium Bose Centerpoint menambah kemewahan.

Untuk fitur mode +R, kini menempatkan indikator putaran yang terinspirasi dari balap dan informasi posisi gigi di bagian atas layar.

Selain itu Honda Civic Type R 2023 juga menggunakan jok sporty warna merah, tongkat transmisi aluminium dan logo Type R berseri di dasbor. Pokoknya honda sangat pol dalam menampilkanm aura racing di kabin kemudi Honda Civic Type R 2023 ini.

Demikian ulasan terkait Honda Civic Type R 2023 yang ,eluncur untuk pasar Amerika Serikat. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika