Minggu, Februari 25, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

5 Kelebihan Honda Civic Type R Terbaru 2023, Si Ganteng FL5

by Baghendra Lodra
eksterior belakang honda civic type r fl5 2023

Apa saja kelebihan Honda Civic Type R terbaru 2023 dibanding model lamanya? Mobil sport ini hadir di Indonesia pada Kamis (30/3/2023), dengan kode bodi FL5.

Ubahannya sangat menyeluruh dibanding sang pendahulu FK8. Mulai dari desainnya yang lebih ganteng hingga performa mesin mengingkat tajam.

Bahkan Civic Type R FL5 punya fitur-fitur yang lebih istimewa. Ada mode berkendara individual, Honda Rlog, hingga Honda Sensing.

“Indonesia adalah negara kedua di Asia Oceania setelah Thailand yang mendapat Civic Type R,” kata Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy.

Dengan harga tembus Rp 1,399 miliar (OTR Jakarta), mau tahu lebih detail terkait kelebihan Honda Civic Type R terbaru? Simak artikelnya sampai habis:

1. Desain Lebih Ganteng

eksterior honda civic type r fl5 2023

Civic Type R FL5

Kelebihan Honda Civic Type R FL5 adalah desainnya lebih ganteng dibanding model lama. Bodi yang tidak terlalu bersudut, menjadikan aura elegannya keluar.

Di atas kertas, bodinya bertambah panjang sekitar 0,8 inch, lebih lebar 0,6 inch, dan lebih rendah 0,5 inch. Sementara untuk velg-nya kini menggunakan ukuran lebih kecil yaitu 19 inch. Walau demikian pakai ban lebih lebar 20 inch dari Michelin Pilot Sport 4S.

Baca juga  Spesifikasi Honda Civic Hatchback 2022, Lebih Fun To Drive!

Ubahan tersebut menjadikan Civic Type R terbaru 2023 semakin proporsional dan enak dilihat. Hadir pula berbagai aksen hitam mulai di grille, kisi-kisi udara, velg, spion, hingga sayap belakang mobil sport tersebut.

Soal knalpot, menggunakan tiga selongsong. Dua di kanan dan kiri untuk menghasilkan suara kalem agar tidak terlalu berisik saat digunakan sehari-hari. Kemudian knalpot tengahnya hadir untuk memberi suara gahar ketika putaran mesin tinggi.

Bicara warna bodi, hot hatchback Honda yang impor utuh (CBU) dari Jepang ini memiliki lima opsi: championship white (putih), rallye red (merah), racing blue pearl (biru), crystal black pearl (hitam), sonic grey pearl (abu-abu).

2. Performa Mesin Meningkat Tajam

mesin honda civic type r fl5 2023

Torsi puncak Civic Type R terbaru naik 20 Nm dan tenaganya naik 9 PS

Selanjutnya bicara performa, ini juga jadi kelebihan Honda Civic Type R terbaru 2023. Mesin yang digunakan memang masih tetap 2.0 liter VTEC, hanya saja ada ubahan di turbonya.

Alhasil torsi puncak meningkat 20 Nm jadi 420 Nm dan tenaga maksimalnya naik 9 PS hingga 319 PS. Performa Civic Type R FL5 tersebut sekaligus menjadi yang terbuas dibanding Type R lain dari generasi sebelumnya.

Baca juga  Video Civic Type R FL5 Jadi Mobil FWD Tercepat di Nurburgring 2023!

Lalu untuk sistem transmisi, pakai manual 6-percepatan. Tidak ada opsi transmisi otomatis sama sekali.

Mobil sport berlogo H ini sukses memecahkan rekor jadi yang tercepat di Suzuka Circuit untuk kelas front wheel drive (FWD). Catatan waktunya 2 menit 23.120 detik.

3. Mode Berkendara Individual

kelebihan honda civic type r terbaru 2023 - mode berkendara individual

Ada mode berkendara individual di Civic Type R FL5

Kelebihan Honda Civic Type R terbaru 2023 selanjutnya adalah kehadiran mode berkendara Indiviual. Dengan begitu, pengemudi bisa mengatur setir, mesin, suspensi, dan lain-lain sesuai kebutuhan.

Di samping itu, mode berkendara yang ada di Civic Type R lama atau FK8 tetap dipertahankan. Alhasil kini Civic Type R FL5 memiliki empat mode berkendara: Individual, Comfort, Sport, dan R+ (khusus di lintasan).

4. Honda LogR untuk Catat Waktu di Lintasan

kelebihan honda civic type r terbaru 2023 - honda logr

Tampilan Honda LogR di Civic Type R 2023

Selanjutnya untuk membuat pengemudi lebih mantap ketika berkendara di lintasan, hadir fitur Honda LogR Datalogger System di Civic Type R FL5. Ini mampu memberikan berbagai informasi soal berkendara, seperti catatan waktu hingga performa mobil.

Baca juga  Ini Fasilitas Honda Mitra Jayapura Sebagai Diler Cabang Pertama PT HPM Tahun 2024

Dengan demikian, pengemudi bisa menganalisis kemampuannya ketika berkendara di lintasan. Harapannya tentu pengemudi bisa memperbaiki performa berkendaranya bersama mobil sport CBU Jepang ini dengan melihat catatan di Honda LogR.

Kemudian yang juga menarik, Honda Civic Type R terbaru memakai panel instrumen TFT dengan ukuran 10,2 inch. Alhasil informasi yang bisa ditampilkan di dashboard lebih informatif, lantaran warna-warni.

5. Kehadiran Honda Sensing

interior honda civic type r fl5 2023

Honda Sensing hadir di Civic Type R FL5

Walau segmennya adalah mobil sport, tapi kelebihan Honda Civic Type R terbaru 2023 punya sistem keselamatan layaknya di mobil jalan raya. Utamanya lewat kemunculan fitur Honda Sensing.

Di dalam Honda Sensing terintegrasi lead car departure notification system (LCDN), collision mitigation brake system (CMBS), road departure mitigation (RDM), adaptive cruse control (ACC), lane keeping assist system (LKAS), hingga auto high beam (AHB).

Itulah tadi bahasan soal kelebihan Honda Civic Type R terbaru 2023. Di Indonesia sendiri, mobil sport ini sudah dipesan oleh 95 konsumen. Hanya saja untuk bisa mendapat unitnya sangatlah terbatas, untuk Maret 2023 ini cuma 10 mobil yang bisa dikirimkan untuk masyarakat Tanah Air.

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika