Thursday, October 6, 2022

Honda Civic Type R 2023 Meluncur, Mobil FWD Terkencang

by Tigor Sihombing
Spesifikasi Honda Civic Type R 2023

Spesifikasi Honda Civic Type R 2023 telah dirilis secara resmi, bersamaan dengan peluncuran perdana mobil untuk pasar Eropa, pada Kamis (21/7/2022). Mobil sport ini hadir dengan segenap pembaruan, baik di sisi fitur dan spesifikasi mesinnya.

Dalam keterangan rilis, peluncuran Honda Civic Type R 2023 sekaligus untuk merayakan kiprah tiga dekade Type R dan 50 tahun Honda Civic di dunia. Mobil ini juga disebut Honda telah memecahkan rekor sebagai mobil penggerak roda depan (FWD) terkencang dalam mengelilingi Sirkuit Suzuka, Jepang.

Meski menggunakan basis mobil Honda Civic generasi 11, perusahaan otomotif Jepang itu mengatakan Honda Civic Type R terbaru banyak bersolek di sisi desain. Misal pada eksterior, Honda Civic Type R terbaru memiliki desain dan aerodinamika yang lebih baik. Hal itu terlihat dari tongkrongan mobil yang lebih lebar dan rendah.

Pemasangan bumper depan baru dan grille bawah yang besar memaksimalkan asupan udara yang lebih baik ke sektor mesin. Detail desain lain yang membantu memaksimalkan aerodinamis termasuk ventilasi aperture besar di belakang roda depan dan diffuser belakang baru yang lebih besar yang terintegrasi langsung ke bawah lantai.

Baca juga  Honda City Hatchback Resmi Dijual, Ada Versi Murah

Pada interior, desain juga lebih sporty dengan penampilan meter cluster berpenampilan full digital. Selain menampilkan informasi kecepatan, mesin dan transmisi, meter cluster terbaru juga menampilkan informasi gaya gravitasi dan stopwatch saat mobil diajak berlari kencang.

Di dashboard juga hadir fitur lama yang dibawa kembali namun dibuat dengan format lebih canggih, menggunakan teknologi Honda LogR. Data yang diolah Honda Logo R dapat membantu pengemudi memantau dan merekam berbagai metrik secara real-time. Menariknya, data itu juga bisa diakses melalui ponsel pribadi pemilik mobil. 

Mesin Civic Type R Terbaru Tetap 2.0 Liter Turbo dengan Sejumlah Revisi

Spesifikasi Honda Civic Type R 2023

Cluster meter terbaru sangat berkesan sporty di Civic Type R terbaru.

Di sektor mesin, Honda Civic Type R tetap mengusung dapur pacu 2.0 liter turbo dengan settingan terbaru, yang sayangnya masih dirahasiakan. Tetapi yang pasti, mobil ini memiliki revisi di bagian turbocharger, perubahan di sistem pembakaran, hingga gearboks yang dibuat dengan material lebih ringan.

Pergerakan akan semakin optimal, lantaran sedan sport tersebut didukung dengan transmisi manual 6 percepatan. Alhasil aura khas mobil balap semakin terasa.

Baca juga  Sosok Honda City Terbaru Semakin Dekat ke Indonesia

Sistem pengereman Brembo juga ditingkatkan untuk untuk rasa berkendara lebih baik dan umur panjang. Mobil baru ini memiliki fitur kontrol suhu dan pendinginan udara yang ditingkatkan melalui radiator yang ditingkatkan, memastikan kinerja optimal yang berkelanjutan selama penggunaan berat.

Desain triple-knalpot baru dengan modulasi suara yang disempurnakan meningkatkan sensasi aural, semakin memperkuat koneksi pengemudi dengan mobil.

Terkait penjualan Honda belum memgumumkan harga mobil tersebut dengan rinci. Karena Honda Civic Type R baru  tersebut akan akan mulai dijual tahun depan.

Untuk pertama, pemasaran akan dilakukan di Eropa dan baru lanjut ke negara-negara lain termasuk Indonesia. Mengacu pada versi sebelumnya yang ada di Indonesia, versi lama dari Honda Civic Type R dibanderol pada harga Rp 1,1 miliar. Ya kemungkinan besar model terbaru ini tidak beda jauh.

Demikian ulasan terkait spesifikasi Honda Civic Type R 2023. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomtoif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika