Minggu, September 25, 2022

Spesifikasi Land Cruiser 300 VX-R, Mewah tapi Murah!

by Firdaus Ali
Spesifikasi Land Cruiser 300 VX-R

Dipatok dengan harga Rp 2,345 miliar, spesifikasi Land Cruiser 300 VX-R tentunya tidak main-main. Ya, mobil dengan segmen Sport utility Vehicle premium ini menyuguhkan berbagai fitur yang patut diacungi jempol.

Toyota Land Cruiser 300 VX-R dihadirkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) untuk memenuhi permintaan konsumen berkantong tebal yang mengedepankan kemewahan dan ketangguhan dari sebuah mobil. Dalam hal ini Toyota  tetap mempertahankan DNA Land Cruiser sebagai kendaraan segala medan.

Land Cruiser 300 VX-R ini mempunyai dimensi panjang 4.985 mm, lebar 1.980 mm, tinggi 1.945 mm. Sementara itu untuk wheelbase ada di angka 2.850 mm, ground clearance 230 mm serta radius putar 6,3 m dan kapasitas tangka 110 liter.

Untuk kemudahan melaju di medan berat, mobil ini memiliki approach angle 30 derajat, departure angle 25 derajat, dan break over angle 25 derajat. Land Cruiser juga memiliki kemampuan menanjak dengan kemiringan hingga 45 derajat, dengan kemiringan ke samping hingga 44 derajat, dan bisa menaiki halangan setinggi 640 mm pada satu sisi ban.

“Land Cruiser dirancang menggunakan platform TNGA-F. Platform ini memberikan kesempatan kepada engineer Toyota untuk meracik sistem suspensi terbaik pada All New Land Cruiser dengan menggunakan Double Wishbone di depan dan 4-link Coil Suspension di belakang,” ungkap Fumika Kawashima selaku Direktur Pemasaran PT TAM beberapa waktu lalu.

Nah, mau tahu lebih jauh mengenai spesifikasi Land Cruiser 300 VX-R. Mari kita simak ulasannya berikut ini.

Desain Eksterior Tampil Elegan

Spesifikasi Land Cruiser 300 VX-R

Tampilan eksteriornya mewah

Land Cruiser 300 VX-R hadir dengan tampilan eksterior yang lebih modern dan elegan dibandingkan generasi sebelumnya. Di mana perpaduan antara garis-garis body, grill dengan aksen krom serta desain lampunya terlihat apik dan dinamis.

Baca juga  Daftar Harga Medium SUV Desember 2021, DFSK Glory Termurah!

Desain headlamp tampil sipit dengan perpaduan grill berukuran besar dengan desain garis tebal horizontal yang dibagian tengahnya terdapat logo Toyota. Kemudian untuk menegaskan kesan gagah disematkan velg alloy two tone yang ukurannya terlihat sesuai dengan dimensi bodynya.

Soal pilihan warna. Land Cruiser 300 VX-R tersedia dalam empat pilihan. Yaitu Attitude Black Mica, Gray Metallic, Precious White dan Dark Red Mica Metallic.

Desain Interior Mewah

spesifikasi land cruiser 300 vx-r

Interior tampil mewah

Masuk ke dalam kabin interior dari Land Cruiser 300 VX-R ini langsung disuguhkan aura mewah. hal tersebut dapat terlihat dari material jok yang dibungkus dengan kulit berwarna hitam.

Lalu doortrim dan dashboard sudah soft touch, serta ditanamkannya headunit touchscreen berukuran 12,31 inci yang bisa mengakomodasi koneksi HDMI dan Miracast, Radio, Bluetooth, AppleCarplay, Android dan hasil kamera yag terpasang di mobil ini.

Kemudian, ada pula teknologi New Digital Video Recorder yang memberikan kebebasan untuk merekam kondisi sekitar mobil sebagai dokumentasi perjalanan, sekaligus dapat dijadikan bukti ketika terlibat kecelakaan dan memantau mobil sebagai alat pengaman saat ditinggalkan.

Untuk menambah kenyamanan penumpang, terdapat Wireless Charger dan New Rear Seat Entertainment menggunakan monitor touch screen 11.6 inch yang ditempatkan di balik headrest.

Baca juga  Diskon Toyota Innova dan Fortuner Tembus Rp100 Juta, Kok Bisa?

Performa Mesin Buas

Spesifikasi Land Cruiser 300 VX-R

Performa mesin buas

Pembahasan mengenai spesifikasi Land Cruiser 300 VX-R selanjutnya adalah dari sisi jantung pacunya. Mobil SUV 7-seater premium ini mengadopsi mesin V6D-turbo yang dikembangkan dengan 3.346 cc yang dikawinkan dengan transmisi 10-speed Direct Shift-10AT.

Hasilnya, di atas kertas mampu menyemburkan tenaga maksimum sebesar 305 PS pada 4.000 rpm dan torsi ‘gahar’ di angka 7.700 Nm pada putaran mesin 1.600 – 2.600 rpm.

Fitur Keselamatan dan Keamanan Mumpuni

Spesifikasi Land Cruiser 300 VX-R

Fitur TSS sudah tertanam

Sebagai mobil off-road sekaligus penjelajah jalan raya, SUV premium ini telah dilengkapi beberapa fitur keamanan dan keselamatan berkendara terbaik. Pembeda VX-R, salah satunya ada di power back door with kick sensor. Teknologi ini mampu membuka bagasi hanya dengan goyangan kaki di bawah bemper, serta tidak dipunya varian GR-Sport.

Fitur lain yang ada di spesifikasi Land Cruiser VX-R antara lain rem yang dilengkapi Anti-lock Braking System + Electronic Brake-force Distribution + Brake Assist dan 8-airbags.

Ada pula fitur Blind Spot Monitor (BSM), Vehicle Stability Control (VSC), Hill-start Assist Control (HAC), dan Traction Control (TC). Khusus untuk kebutuhan off-road, tersedia juga fitur Downhill Assist Control (DAC), Crawl Control, Multi-Terrain Select (MTS), ditambah Tire Pressure Monitor (TPM).

Sebagai gambaran, fitur Crawl Control dikombinasikan Downhill Assist Control (DAC) ini berguna saat mobil melaju di tanjakan maupun turunan curam. Crawl Control berfungsi untuk menjaga laju mobil tetap stabil di permukaan jalan berpasir, lumpur, kerikil, dan bebatuan. Sedangkan Downhill Assist Control berperan menahan laju mobil secara otomatis saat melalui turunan curam tanpa harus menginjak pedal rem. 

Baca juga  Sejarah Suzuki SX4, Sejak 2007 Hingga Kini

Kembali ke kelengkapan fiturnya. Land Cruiser 300 VX-R juga sudah menyematkan fitur Toyota Safety Sense (TSS). Dimana fitur TSS ini merupakan fitur safety canggih yang mulai disematkan pada beberapa model Toyota di Indonesia.

Oh ya, terdapat pula fitur  Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), Rear Camera Detection (RCD), Adaptive High-Beam System (AHS), serta Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) untuk melengkapi kemewahan dan kegagahan mobil ini.

Kemudian, untuk memberikan pengalaman konektivitas digital kehidupan sehari-hari serta solusi dan manfaat terintegrasi kepada pelanggan, spesifikasi Land Cruiser 300 VX-R kini dilengkapi dengan fitur T Intouch.

T Intouch adalah teknologi telematika yang menghubungkan mobil dengan aplikasi mTOYOTA, sehingga pelanggan dapat terhubung ke semua layanan mobilitas Toyota.

Moladiners, itulah ulasan mengenai spesifikasi Land Cruiser 300 VX-R. Sebagai informasi tambahan, ini merupakan varian termurah. Toyota juga memiliki Land Cruiser GR-Sport yang dijual lebih mahal atau tembus Rp 2,396 miliar.

Perbedaannya ada di sistem penggerak 4×4. Di mana Land Cruiser GR-Sport sudah memakai electronic differential lock di roda depan dan belakang. Plus ada stablity control terbaru untuk sektor suspensi. Sementara VX-R cuma pakai torque sensing LSD.

Jadi bagaimana, setelah tahu spesifikasi Land Cruiser 300 VX-R, tertarik membelinya? Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika