by

Spesifikasi Mazda CX-30 Versi Indonesia, Pakai Mesin Skyactiv-X?

Spesifikasi Mazda CX-30 akhirnya terungkap, bersama peluncurannya di Tanah Air pada hari ini (28/1). SUV ringkas yang digadang-gadang sebagai rival Toyota C-HR tersebut banyak dibekali fitur modern. Jantung mekanisnya juga istimewa, lebih bertenaga dari kompetitornya.

Mau tahu detail mobil yang dibanderol mulai Rp478 juta ini? Simak spesifikasi Mazda CX-30 versi Indonesia, lewat tulisan berikut:

Desain Kodo Terbaru

spesifikasi mazda cx-30
Lampu belakangnya khas dengan gaya bulat yang menawan


Tampilannya sudah mengaplikasikan desain kodo terbaru. Bodinya dibuat agak membulat, tapi tidak imut. Kesan agresif tetap tampak, terlebih lewat penggunaan lampu depan pipih. Gari-garis tubuhnya yang sedikit beroto juga menjadikan sosoknya semakin sportif.

Lampu belakangnya juga sangat khas dengan gaya bulat. Teknologi LED sudah diterapkan ke seluruh sistem pencahayaannya.

Soal dimensi, Mazda CX-30 punya panjang 4.395 mm. Lebih panjang dari CX-3 dan Toyota C-HR. Kaki-kaki pakai ukuran roda 215/55-18 inci yang dihias pelek 10 palang.

Masuk kabin, hadir interior yang lebih lapang dari CX-3. Diklaim muat 5-orang dengan nyaman. Kemudian untuk bagasi tawarkan kelapangan untuk 430 liter barang. Kereta bayi berukuran besar dan tas jinjing disebut-sebut muat masuk ke bagasinya.

Baca juga  Daihatsu Terios Facelift Meluncur Tahun 2020? Ini Jawabannya

Sistem Audio yang Memanjakan Telinga

spesifikasi mazda cx-30
Head unit besar hadir untuk memudahkan pengaturan fitur hiburan

Di bagian tengah dashboard, terdapat head unit layar sentuh ukuran besar 8,8 inci TFT. Fitur tersebut menawarkan pengoperasian fitur hiburan yang mudah.

Head unit tersebut mampu terintegarasi smarpthone. Bisa pula dioperasikan melalui suara. Sistem audio standar yang diberikan adalah speaker 3-way sebanyak 8 unit dengan woofer 3L. Ada pula tweeter 2,5 cm di bagian kanan dan kiri dashboard.

Tidak ketinggalan squawkers 8cm di bagian atas trim depan dan belakang. Dengan penempatan sistem audio sebanyak itu, jangan pernah ragukan suara musik yang bisa dihasilkan.

Baca juga:

Spesifikasi Mazda CX-30 Versi Indonesia Pakai Fitur Keselamatan Lengkap

Spesifikasi Mazda CX 30 006
Fitur keselamatannya tidak hanya menjamin pengendara tapi juga penumpang

Teknologi i-Activsense hadir, salah satunya bertugas memantau perilaku pengemudi. Fitur ini menggunakan kamera dan LED infrared yang mampu mengobservasi tingkat kelelahan pengemudi. Jika dianggap tidak layak mengemudi, maka ada suara peringatan dan beroperasi bersama Smart Brake Support.

Baca juga  Bedah Fitur Daihatsu Terios, Ada yang Istimewa!

Ada pula airbag yang mengelilingi kabin untuk melindungi pengemudi serta penumpang. Tidak ketinggalan anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), dan brake assist (BA).

Mazda CX-30 juga punya dynamic stability control (DSC) dan traction control system (TCS). Ditambah lagi hill launch assist (HLA), emergency stop signal (ESS), dan front and rear parking sensors.

Mesin Mazda CX-30 Belum Skyactiv-X

spesifikasi mazda x-30
Mesinnya serupa Mazda CX-3 tapi dapat revisi performa yang lebih buas


Ternyata versi Indonesia belum pakai mesin Skyactiv-X yang sangat istimewa dalam hal performa dan keiritan konsumsi bahan bakar. Padahal di luar negeri, ada opsi ini. Konsumen Tanah Air cuma dapat jantung mekanis Skyactiv-G 2.0 empat silinder. Meski demikian, kamu tidak perlu kecewa.

Di atas kertas, sepesifikasi mesin CX-30 memang serupa CX-3. Hanya saja kalau diperhatikan detail, Mazda CX-30 dapat performa lebih istimewa. Torsi puncaknya mencapai 200 Nm pada 4.000 rpm dan tenaga maksimal 155 PS pada 6.000 rpm.

Jika dibanding rival yaitu Toyota C-HR, performa ini juga lebih baik. Dengan mesin 1.8L, crossover Toyota cuma bisa memuntahkan torsi 170 Nm pada 4.000 rpm dan tenaga maksimal 141 PS pada 6.400 rpm.

Baca juga  Hyundai Creta Semakin Dekat untuk Produksi Lokal

Saingan performa Mazda CX-30 cuma Kia Seltos. Mesin Mazda ini unggul di tenaga, namun kalah torsi. Jantung mekanis 1.4L Kia Seltos bisa menyemburkan torsi gila hingga 242 Nm pada 1.500-3.200 rpm lantaran penggunaan turbo. Sementara tenaganya cuma 140 PS pada 6.000 rpm.

Harga Mazda CX-30

Spesifikasi Mazda CX 30 001
Mazda CX-30 versi touring, harganya lebih murah


Mobil ini tersedia dalam dua varian: Touring dan GT. Perbedaannya untuk varian GT ada tambahan electric glass sunroof, jok kulit, dan smart city brake support (forward). Dengan spesifikasi Mazda CX-30 yang lebih istimewa, harganya mencapai Rp518,8 juta (OTR Jakarta).

Sementara Mazda CX-30 Touring, harganya Rp478,8 juta (OTR Jakarta). Tertarik memilikinya?

Terbaru