Jumat, Mei 31, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

6 Spesifikasi Neta V dan Harganya, Mobil Listrik Cina Layak Beli?

by Tigor Sihombing
harga neta v 2023 - tampak depan

Akhirnya harga dan spesifikasi Neta V terungkap di GIIAS 2023. Mobil listrik asal Cina ini hadir ke Indonesia, berada di bawah naungan PT NEV Auto Mobil. Salah satu keunggulan mereka, produk yang dipasarkan bakal dirakit di Tanah Air alias CKD. Lalu banderolnya juga sangat terjangkau.

Di GIIAS 2023, Neta membawa tiga produknya sekaligus: Neta S, Neta U, dan Neta V. Walau demikian yang sudah terungkap harganya untuk saat ini cuma Neta V yaitu Rp 379 juta (OTR Jakarta), setidaknya itulah banderol preorder. Dengan kata lain, mobil listrik asal Cina tersebut menjadi yang termurah dibanding para kompetitor seperti MG 4 EV dan Nissan Leaf.

Selain murah, kelebihan spesifikasi Neta V 2023 juga ada di penggunaan baterai Lithium-ion berkapasitas 40,7 kWh. Baterai itu bisa membuat jarak tempuhnya hingga 401 Km. Keunggulan lain ada di pilihan warna pastel yang unik, ada opsi: moonlight green, sky blue, sakura pink, white storm, hingga midnight grey.

Kemudian yang jadi daya tarik lain dari mobil listrik Cina ini adalah bentuk kuncinya yang mirip gasing. Pemilik mobil bisa memainkannya dengan cara diputar untuk relaksasi. Oleh karenanya wajar, konsumen Indonesia sudah membukukan 167 SPK selama GIIAS 2023. Padahal Neta sendiri belum meresmikan satu pun dealer di Tanah Air.

“Rasa penasaran yang dituangkan melalui respon positif masyarakat Indonesia terhadap lini produk yang kami bawa ke Indonesia tentu memberikan impresi yang baik untuk kami. Dengan keseriusan dan komitmen NETA untuk membuat kendaraan listrik dengan teknologi pintar namun tetap value for money yang dapat dimiliki seluruh lapisan masyarakat, Kami berharap NETA akan semakin diterima di berbagai negara, termasuk Indonesia,” kata Managing Director PT NETA Auto Indonesia, Jason Ding.

Mau tahu lebih detail soal spesifikasi dan harga mobil listrik Cina, Neta V yang meluncur di GIIAS 2023? Berikut bahasan lengkapnya:

1. Eksterior Neta V Terinspirasi Desain Lumba-Lumba

harga neta v 2023 - tampak belakang

Neta V tampak belakang

Bahasan pertama adalah spesifikasi Neta V 2023 untuk eksterior. Mobil listrik ini memiliki dimensi dengan panjang 4.070 mm, lebar 1.690 mm, dan tinggi 1.540 mm. Sementara untuk velgnya pakai 16 inci dengan ban 185/55 R16.

Ukuran dimensi Neta V tersebut, lebih kecil dibandingkan Hyundai Ioniq 5 dengan panjang 4.635 mm, lebar 1.890 mm, dan tinggi 1.605 mm. Wajar, karena harganya juga lebih murah. Setidaknya kehadiran empat pintu membuat akses masuk penumpang belakang lebih mudah dibanding Wuling Air EV yang cuma punya 2 pintu.

Baca juga  3 Mobil Baru Mercedes-Benz di GIIAS 2023, Mahal Semua!

Secara desain model, sebenarnya biasanya saja, jauh dari kata futuristik. Terlebih jika dibandingkan dengan mobil-mobil listrik rakitan Korea seperti Kona dan Ioniq 5. Sekilas facia depan Neta V mirip dengan desain Porsche Macan, tapi dengan kap hidung yang lebih pendek.

Secara keseluruhan desainya lebih dominan bulat, yang dipertegas dengan bahasa desain terinspirasi dari lumba-lumba atau disebut Dolphine Streamline. Di depannya clean, tidak ada kisi-kisi grille yang khas mobil listrik. Sedangkan pada lampu utama sudah terintegrasi LED DRL, bisa dipastikan sinarnya akan terang karena sudah mengadopsi teknologi projector.

Di buritan belakang ada stop lamp yang berdesain “Y” miring. Lampu ini juga sudah mengaplikasi teknologi LED. Pada kaki-kaki Neta V menggunakan pelek aloy ukuran 16-inci dengan profil ban 185/55. Bicara pilihan warna, Neta V di beberapa negara punya opsi yang banyak: Sakura Pink, Sky Blue, Moonlinght Green, Cyan, White Storm, hingga Midnight Grey.

2. Interior Neta V Penuh dengan Fitur Modern

harga dan spesifikasi neta v - interior

Ada layar head unit berukuran 14,6 inch di interior Neta V

Pada interior, spesifikasi Neta V yang meluncur di GIIAS 2023 terlihat sangat modern. Desain dashboard clean, ditambah kisi-kisi AC yang bergaya memanjang.

Mobil merek Cina, Neta V didukung dengan layar infotainment touch screen bergaya tablet vertikal dengan ukuran sangat besar yang mencapai 14,6 inci. Head unit tersebut juga sudah bisa terintegrasi smarphone baik OS android dan iOS. Ada pula fitur kamera parkir di sana. Sementara instrumen digital untuk penunjuk kecepatannya hadir bergaya horizontal berukuran 12 inci. Mantap bukan?

Selain itu, hal menarik dari interior Neta V adalah memiliki tuas perpindahan gigi yang berada di belakang setir. Desain tuas persneling tersebut menyerupai tuas sein, mereka menamainya electronic shifter.

Lalu di bagian setir, memiliki desain yang tidak bulat sempurna. Alhasil kesan kemudinya kokoh serta sporty, apalagi dibalut benang jahit warna merah. Setir mobil listrik Neta ini juga memiliki beberapa tombol mulai dari audio steering switch hingga cruise control.

Baca juga  Begini Rasanya Naik Neta V Dibawa ke Luar Kota

Hadir pula fitur kenyamanan HEPA N95 grade filter yang bisa menyaring partikel kecil. Dengan demikian, kabin punya udara di dalam kabin lebih nyaman untuk orang.

3.Kapasitas Penumpang dan Bagasi

harga dan spesifikasi neta v - interior jok belakang

Jok belakang Neta V sudah dibalut kulit

Bicara spesifikasi Neta V di bagian interior, tentu menyinggung kapasitas kabinnya. Di dalam mobil listrik ini bisa memuat 5-orang dengan konfigurasi 2+3. Hanya saja untuk jok tengah bagian belakang, tidak tersedia headrest.

Kemudian soal kenyamanan penumpang, Neta sudah memberi mobil listriknya 2 USB port dan 1 power supply 12 Volt untuk mengisi daya gadget sepanjang perjalanan. Hadir pula jok kulit dengan teknologi zero gravity yang diklaim nyaman. Ada pula teknologi ISOFIX di jok belakang yang memudahkan pemasangan car seat saat kamu ingin membaya anak-anak bepergian.

Sementara untuk bagian bagasi Neta V ternyata cukup luas, bisa menampung barang hingga 335 liter. Luas bagasi ini bisa ditambah dengan cara melipat jok belakangnya, alhasil bisa mendapat tempat untuk barang hingga 552 liter.

4. Performa Mobil Listrik Neta V

harga neta v 2023 - jok depan

Baterai Neta V bisa membawa mobil listrik ini melaju hingga 401 Km

Dengan harga yang terjangkau, bagaimana spesifikasi Neta V dalam hal performa? Mobil listrik ini dibekali dengan baterai lithium-ion berkapasitas 40,7 kWh dengan teknologi HEPT 3.0. Di atas kertas, jarak tempuhnya mencapai 401 Km dalam kondisi baterai penuh. Ini setara perjalanan Jakarta ke Banjarnegara, Jawa Tengah.

Kemudian untuk menggerakkan roda, ada motor elektrik di roda depan yang bisa menghasilkan tenaga hingga 70 kW atau setara 95 PS dan torsi puncak 150 Nm. Soal performa akselerasi, mobil listrik ini diklaim bisa melesat dari 0-50 Km/jam hanya dalam 3,9 detik. Sementara kecepatan maksimalnya dibatasi cuma 120 km/jam.

Cas baterai Neta V tidak sulit, lantaran sudah dilengkapi colokan model type AC dengan kekuatan 6,6 kW. Untuk mengisi baterai dari kosong ke penuh, memerlukan waktu 8 jam. Ada pula cas model type DC untuk fast charging 100 kW, efeknya pengisian daya baterai mobil listrik ini bisa lebih cepat, kondisi dari 30 hingga 80 persen cukup waktu 30 menit.

Ada pula fitur vehicle to load (V2L) di Neta V, sehingga bisa menjadikan mobil listrik ini sebagai generator berjalan. Ini penting ketika kamu sedang melakoni road trip ke alam, kemudian butuh sumber listrik. Maka cukup colok peralatan elektronik ke mobil, maka bisa disuplai listrik hingga 3.300 watts.

Baca juga  Mobil Listrik Hyundai Rakitan Lokal Meluncur 2022

5. Fitur Keselamatan Neta V Minim

harga neta v 2023 - jok belakang

Penumpang belakang Neta V tidak mendapat airbag

Terkait fitur-fitur keselamatan, spesifikasi Neta V sesungguhnya cukup minim untuk sebuah mobil listrik. Memang kendaraan merek Cina ini sudah punya ABS, EBD, BA, kontrol traksi, dan ESC. Ada pula auto vehicle hold (AVH), hill start assist control (HSC), dan hill descent control system (HDC). Hanya saja belum memiliki teknologi kesalamatan aktif seperti mobil bisa mengerem sendiri, sensor untuk informasi pindah jalur, dan lain-lain.

Kekurangan lain dari Neta V adalah cuma punya dua airbag untuk penumpang dan pengemudi di jok depan. Jadi wajar, kalau memang Neta V banderolnya murah.

6. Harga Neta V 2023

harga neta v 2023 - tampak samping

Neta V yang masuk Indonesia akan diawali dengan impor utuh, kemudian CKD

Dengan spesifikasi tersebut, harga Neta V 2023 juga masih dalam tahap wajar. Mobil listrik ini dijual Rp 379 juta (OTR Jakarta). Hanya saja yang menarik, untuk tahap awal mobil listrik ini akan masuk dalam kondisi impor atau CBU dari Thailand. 

“Kalau booking sekarang, paling cepat untuk pengiriman mobil ke konsumen pada Oktober 2023,” beber sales Neta di GIIAS 2023.

Sementara itu, bos Neta menjelaskan bahwa ke depannya mobil listriknya akan dijual di Indonesia dengan sudah dirakit lokal atau CKD. Bukan tidak mungkin, ini akan membuat harganya semakin terjangkau.

Ada pula garansi kendaraan selama 5 tahun atau 150 ribu Km. Kemudian garansi baterai hingga 8 tahun atau 180 ribu Km. Pembelian Neta V selama periode prebook juga mendapatkan wall charger dan instalasinya gratis.

“Kami berharap, NETA dapat diterima dengan baik dan dapat bersinergi dengan visi dan misi yang baik pula di Indonesia. Sebagai langkah awal, masyarakat Indonesia dapat melakukan pre- order selama GIIAS 2023 untuk kendaraan listrik yang dapat mendukung mobilitas gaya hidup masyarakat Indonesia,” kata Presiden Direktur PT NETA Auto Indonesia, Wang
Chengjie.

Setelah tahu informasi soal harga dan spesifikasi Neta V 2023, apakah kamu tertarik meminang mobil listrik merek Cina tersebut? Simak terus Moladin.com untuk udpate berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika