by

Spesifikasi Renault Kiger, Canggih Tapi Tidak Muat Banyak!

Akhirnya spesifikasi Renault Kiger resmi diumumkan, bersama dengan peluncurannya secara global di India, Kamis (28/1/2020). Mobil SUV ringkas ini punya berbagai keunggulan. Dari mulai desain futuristik, performa mesin turbo, hingga fitur modern berlimpah.

“Kiger mengombinasikan sisi terbaik yang bisa Renault tawarkan: keahlian kami dalam membuat mobil inovatif dengan kreatifitas dan pengetahuan akan kebutuhan pelanggan. Inilah bukti bahwa Renault benar-benar bisa mengubah peta persaingan,” kata SVP Renault Brand, Sales & Operations, Fabrice Cambolive dalam rilis resmi yang kami terima.

Sekilas memang sangat menjanjikan, hanya saja Kiger tidak bisa memuat banyak penumpang seperti Renault Triber selaku saudaranya. SUV yang diproduksi di India tersebut, cuma memiliki dua baris bangku. Alhasil hanya bisa mengangkut lima orang ke dalam kabin. Bandingkan dengan Triber dengan tiga baris bangku, sanggup menampung tujuh hingga delapan orang.

Buat kamu yang tidak terlalu mementingkan kapasitas penumpang, Kiger sungguhlah pantas untuk dipertimbangkan. Salah satunya karena desainnya sungguh istimewa. Tampilannya begitu gagah khas mobil SUV. Lihat saja penggunaan pelek ukuran 16 inci, roof rail, hingga berbagai aksesori pelindung bodi.

Baca juga  10 Mobil SUV Murah dan Terbaik di Indonesia

Di sisi lain, aura futuristik juga terpancar dari mobil ini. Kamu bisa mengetahuinya dari posisi lampu depan yang agak ke bawah. Sementara di samping grille hanya tersedia daytime running light (DRL). Kemudian bagian belakangnya juga begitu menarik lewat kemunculan desain lampu rem tajam menyerupai huruf C.

Ingin tahu lebih detail terkait spesifikasi Renault Kiger lebih detail, seperti performa mesin serta fitur-fiturnya? Simak bahasan berikut:

Mesin Turbo 1.0 Liter Berperforma Mantap

spesifikasi renault kiger
Mesin yang digunakan Renault Kiger persis dengan kepunyaan Nissan Magnite

Spesifikasi Renault Kiger yang menarik, juga bisa terlihat lewat performa mesin. Di atas kertas, SUV ini menggunakan jantung mekanis yang lebih istimewa dibanding Triber. Walau sama-sama pakai tiga silinder, 1.0 liter, namun di Kiger sudah terdapat tambahan turbocharger.

Alhasil torsi puncak yang bisa disemburkan tembus 160 Nm dan tenaga maksimalnya mencapai 100 PS. Lalu untuk pendistribusian tenaga disalurkan oleh transmisi X-Tronic CVT atau 5-percepatan manual.

Kalau diperhatikan secara detail performa mesin Renault Kiger persis dengan Nissan Magnite. Hal tersebut wajar, karena memang keduanya berbagi basis yang sama. Ini dimungkinkan lewat aliansi Nissan-Renault yang sudah terjadi sejak 2006.

Baca juga  Test Drive Nissan Kicks e-Power, Tidak Perlu Injak Rem!

Di samping bertenaga, mesin turbo itu juga irit konsumsi bahan bakar. Renault mengklaim mobil SUV miliknya bisa menghemat hingga 20 Km/liter.

Tersedia pula tiga pilihan mode berkendara dengan pengaturan Multi-sense: normal mode, eco mode, dan sports mode. Ketiganya bisa dipilih sesuai kebutuhan. Masing-masing mode berkendara, akan memberi tampilan yang berbeda pada panel instrumen TFT berukuran 7 inci di belakang lingkar kemudi. Istimewa bukan?

Tabel Spesifikasi Renault Kiger untuk Mesin

Mesin 1.0 liter Turbo, 3 Silinder
Torsi 160 Nm
Tenaga 100 PS
Transmisi 5 MT dan X-Tronic CVT

Fitur-Fitur Modern

spesifikasi renault kiger
Usai peluncuran di India, maka selanjutnya Indonesia akan kebagian unit

Bicara spesifikasi Renault Kiger dari sisi fitur, hadir sistem pencahayaan full LED yang hemat daya. Mereka juga memberi head unit layar sentuh ukuran 8 inci yang mampu terkoneksi smartphone via Apple CarPlay dan Android Auto.

Renault pun memberikan sistem audio istimewa dari Arkamys, diklaim mampu memberi 3D Totalnya ada delapan speaker di dalam kabin (empat boomers dan empat tweeters). Menariknya lagi, sistem audio tersebut bisa menyesuaikan suara yang dikeluarkan dengan kecepatan mobil.

Baca juga  Promo Menarik Suzuki untuk Konsumen XL7 dan Ertiga

Di situasi pandemi virus korona seperti ini, Kiger juga menawarkan PM 2.5 Clean Air Filter yang bisa menyaring udara. Dengan demikian, kualitas udara di dalam kabin bisa tetap terjaga.

Kemudian yang tidak kalah menarik adalah spesifikasi Renault Kiger untuk tempat penyimpanan. Meski kabinnya cuma bisa memuat lima orang, namun mobil ini punya banyak sekali kompartemen dengan total mencapai 29 liter. Termasuk di dalamnya tempat penyimpanan empat botol minum berukuran 1 liter, serta dua cup holders yang tersedia di berbagai sudut.

Itulah tadi spesifikasi Renault Kiger secara global. Bicara harga, sampai sekarang belum ada informasi resminya. Setelah peluncuran di India, kemungkinan besar Indonesia akan jadi target pasar selanjutnya.

Pantau terus Moladin untuk mengetahui informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif.

Terbaru