by

Spesifikasi Suzuki Saluto 125, Skutik Retro Rival Honda Scoopy

Spesifikasi Suzuki Saluto 125 – Akhirnya pabrikan berlambang S meluncurkan motor matik bergaya retro, bernama Saluto 125. Hanya saja bukan di Indonesia, skuter ini tampil perdana di Taipei Motor Show 2019.

Walau tampilannya retro, namun kuda besi ini punya berbagai fitur modern. Kalau masuk Indonesia, tentu bakal jadi rival dari Honda Scoopy dan Yamaha Fino. Ingin tahu detail spesifikasi Suzuki Saluto 125? Simak bahasan berikut:

Desain Retro Mirip Vespa

spesifikasi Suzuki saluto 125
Panel instrumen menggunakan kombinasi analog dan digital (Sumber: Moto7)

Melihatnya sekilas, mirip Vespa. Lampu depan di batok dan bodi bahenol jadi ciri khas. Kemudian warna bodi dibuat polos, tanpa grafis.

Aura retro juga keluar lewat penggunaan speedometer analog yang dikombinasikan digital. Hadir pula spion bulat. Perbedaan dengan Vespa, ada beberapa tarikan desain yang lebih tegas. Sebut saja lampu depan dengan gaya tidak bulat sempurna. Kemudian lampu sein dirancang pipih. Tidak ketinggalan, lampu belakang dirancang mengotak.

Desain bodi bahenol seperti ini, membuat bagasi di bawah jok menjadi luas seperti Vespa. Walau belum ada spesifikasi resmi, namun terlihat kalau helm half face model retro sepertinya muat di sana.

Baca juga  7 Kelebihan Suzuki GSX-R150 Dibanding R15 dan CBR150R

Baca juga:

Spesifikasi Suzuki Saluto 125: Pakai Ban Kecil dan Mesin Suzuki Swish

Spesifikasi Suzuki Saluto 125 003
Desainnya bergaya retro dengan fitur modern berlimpah

Sosok retro yang muncul dari motor ini, salah satunya lewat penggunaan ban kecil berdesain lebar. Jika menatapnya sekilas, mirip karet bundar yang dipakai Honda Scoopy dan skuter-skuter Vespa. Spesifikasi Suzuki 125 untuk bannya adalah 100/90-10 inci di roda depan serta belakang.

Khusus pelek, pakai gaya 5-palang seperti bintang. Ada pula rem cakram di depan sebagai standar pengereman. Sementara roda belakang masih menggunakan teromol. Suspensi depan pakai teleskopik ganda dan belakang monoschok.

Bagaimana dengan mesin? Spesifikasi Suzuki Saluto 125 menggunakan jantung mekanis serupa dengan Suzuki Swish 125. Mesin tersebut berkapasitas 125 cc berteknologi SEP, berpendingin udara, dan berkonfigurasi satu silinder. Torsi puncak mesin ini bisa memuntahkan torsi 10 Nm pada 6.000 rpm dan tenaga maksimal 9,27 Hp pada 7.000 rpm.

Baca juga  6 Alasan Kenapa Harus Beli Suzuki GSX-R150

Fitur Keyless, Lampu LED, dan USB Charger

spesifikasi suzuki saluto 125
Ada fitur keyless untuk mencegah maling


Keistimewaan lain dari Suzuki Saluto 125, pakai fitur-fitur modern. Ada keyless yang menggantikan anak kunci konvensional. Kelebihan lain keyless, menyulitkan maling dalam membobol motor, lantaran sudah dilengkapi immobilizer.

Di dekat tombol keyless tersebut, tersedia USB Charger yang berfungsi mengisi ulang daya baterai smartphone. Ada pula kompartemen depan dengan desain terbuka untuk meletakkan berbagai barang. Kemudian Suzuki memberi cantolan di leher motor, bisa dimanfaatkan menaruh kantong belanja.

Sistem pencahayaan Suzuki Saluto 125 juga telah pakai full LED. Kelebihan LED mampu meningkatkan visibilitas berkendara di malam hari, sekaligus hemat daya.

Pertanyaannya, apakah Suzuki Saluto 125 bakal hadir di Indonesia? Sampai sejauh ini belum ada info resmi, mari kita nantikan sama-sama.

Jika kamu mencari motor-motor matik terbaru dengan DP ringan dan promo-promo menarik lain, langsung klik link di sini!

Comment

Leave a Reply

Terbaru