by

Spesifikasi SYM Fiddle LT, Skutik Retro Rival Honda Scoopy

Spesifikasi SYM Fiddle LT – Motor bergaya retro kian populer, bukan cuma di Indonesia tapi juga dunia. Berbagai pabrikan juga ikut meluncurkan produk terbarunya, termasuk SYM. Merek asal Taiwan tersebut memperkenalkan Fiddle LT yang mengusung aura retro pada pertengahan Mei 2020 (21/5).

Hanya saja, skuter retro SYM Fiddle LT masih dikhususkan untuk pasar Taiwan. Walau demikian bukan tidak mungkin selanjutnya hadir di Indoensia. Pasalnya, kalau dilihat dari spesifikasi cukup istimewa dan sesuai dengan kebutuhan konsumen Tanah Air.

Jika masuk Indonesia, skutik ini bakal berhadapan langsung dengan Honda Scoopy dan Yamaha Fino. Buat kamu yang penasaran dengan detail spesifikasi SYM Fiddle LT, cek bahasan berikut:

Desain Retro SYM Fiddle, Sekilas Mirip Vespa

spesifikasi sym fiddle lt
Desainnya bahenol di belakang dengan ban mirip donat, sekilas kesan Vespa masih tampak

Spesifikasi desain SYM Fiddle begitu menggiurkan. Maklum, tampilannya mirip dengan Vespa. Bodinya minim sudut dengan lampu agak membulat, kemudian bodi belakangnya bahenol. Spion yang dipakai juga berbentuk bulat.

Rodanya kecil dengan ukuran 90/90-10 inci. Kaki-kaki menggunakan teleskopik di depan dan belakang monoshock. Lalu yang juga membuatnya istimewa adalah jok yang sangat rendah.

Baca juga  Asal-Usul Royal Alloy di Indonesia, Motor Retro Saingan Vespa

SYM Fiddle LT punya jok dengan tinggi 760 mm. Alhasil pengendara dengan tinggi 160 cm sangat percaya diri saat duduk di sana. Kaki dengan mudah menapak ke aspal ketika motor berhenti.

Lalu spesifikasi dimensi SYM Fiddle LT juga sangat ringkas. Dimensi panjangnya 1.780 mm, lebar 690 mm, dan tinggi 1.065 mm. Jarak sumbu rodanya 1.250 mm. Bobot motor juga cukup ringan, berat keringnya cuma 91,5 Kg.

Keunggulan lain dari skutik retro ini, banyak tersedia pilihan warna. Totalnya SYM menghadirkan empat opsi: merah muda, putih, abu-abu gelap, dan biru muda.

Baca juga:

Fitur-Fitur Modern di Skutik Retro Taiwan

bagasi sym fiddle
Bagasinya luas, mampu menyimpan berbagai barang, termasuk helm

Soal spesifikasi fitur SYM Fiddle LT, tidak perlu diragukan. Ada berbagai teknologi modern yang tersemat. Salah satunya panel instrumen digital dengan latar biru dan indikator putih.

Kehadiran panel instrumen digital juga membuat motor semakin tampak modern. Hal ini pun jadi keunggulan ketika masuk Indonesia, lantaran produk sejenis seperti Honda Scoopy dan Yamaha Fino masih pakai panel instrumen analog.

Baca juga  Harus Tahu! Harga Yamaha Lexi Berikut Review Lengkap

Kemudian tersedia pula USB Charger 3.0 fast charging di dashboard untuk mengisi daya smartphone ketika berkendara. Tidak ketinggalan rem anti-lock braking system (ABS) untuk varian tertinggi.

Guna ABS mencegah roda terkunci saat pengendara melakukan pengereman mendadak. Dengan begitu, pengendara diharapkan bisa mengendalikan motor dan menghindar dari potensi kecelakaan. Hanya saja untuk ABS ini cuma tersedia di roda depan.

Soal ruang penyimpanan, SYM Fiddle LT lebih dari cukup. Di bawah joknya ada bagasi luas yang mampu menyimpan berbagai peralatan berkendara hingga 22,5L, termasuk muat helm half face. Kemudian di dashboard juga tersedia kompartemen di dekat kunci kontak untuk meletakkan smartphone, sarung tangan, botol minum, uang, dan lain-lain.

Meski banyak fitur modern, untuk pencahayaan depan dan sein masih bohlam. LED hanya tersemat di daytime running light (DRL) dan lampu belakang.

Spesifikasi Mesin SYM Fiddle LT

sym fiddle skutik retro
Keistimewaan lain dari motor ini joknya rendah, sehingga mudah ditunggangi oleh pemula sekalipun

Hal menarik selanjutnya, spesifikasi mesin SYM Fiddle LT. Pakai kapasitas 115cc, artinya masuk kelas entry evel layaknya Honda Scoopy dan Yamaha Fino.

Baca juga  Boyolali Jadi Seri Pembuka Yamaha Cup Race 2020, Ada Fun Race

Mesin itu bisa melontarkan torsi 9,31 Nm pada 5.500 rpm dan tenaga maksimal 7,4 PS. Performanya memang tidak sehebat Scoopy dan Fino, namun dalam mengirit konsumsi bahan bakar bisa diadu. SYM Fiddle diklaim mampu menghemat hingga 56,2 Kpl.

Dengan berbagai kelebihan dan kekurangan spesifikasi SYM Fiddle LT, skuter retro ini dijual dengan harga 73.000 Dollar Taiwan atau setara Rp36 jutaan. Memang mahal, lantaran Taiwan dikenal dengan harga motor yang tinggi.

Harusnya saat SYM Fiddle LT masuk Indonesia, harga bisa ditekan lebih murah. Bila melihat kompetitor seperti Honda Scoopy dan Yamaha Fino, harsunya banderol motor ini bisa di bawah Rp20 jutaan. Tertarik punya?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 comments

Terbaru