Review Suzuki All New Satria F150

Halo jumpa lagi sama Jinny, kali ini bakal nge-review Suzuki All New Satria F150 yang lahir untuk menggantikan Satria FU bersaing di segment Hyper Underbone 150cc. Seperti yang sudah diketahui, jika Suzuki sudah sejak lama bermain di kelas Ayago.

Suzuki Satria F150 All New

*DP mulai dari

Mesin yang sama persis dengan milik Suzuki GSX 150 series ini memiliki power yang lumayan beringas. Mesin terbaru ini mampu memuntahkan power sebesar 18dk yang meledak-ledak pada raungan mesin 10,000 rpm. Dapur pacu dengan kapasitas 147,3 cc DOHC milik Satria F150 terbaru ini disalurkan oleh transmisi 6 percepatan yang membuat Satria 150 injeksi ini mampu mencapai 130km/jam dengan mudah.

Performa dan Handling Suzuki All New Satria F150

Mesin silinder tunggal naked syang dimilikinya mempunyai karakter yang bertenaga pada RPM tinggi dengan power yang bertenaga di kitiran atas. Torsi puncak berdasarkan spesifikasi sebesar  13,8 Nm pada raungan mesin disekitar 8.500 rpm. Cukup relevan bila Suzuki All New Satria F150 ini memiliki akselerasi awal yang cukup nampol. Namun torsi puncaknya justru berada pada rentang RPM atas yang membuat mesin meronta untuk digeber sampai limiter.

Rangka dan Mesin Suzuki Satria F150
Rangka dan Mesin Suzuki All New Satria F150

 

Namun karakter hi-perform Suzuki Satria Injeksi ini kurang nyaman ketika diajak pelan. Hal ini sangat terasa ketika mesin seperti akan mati alias ndet-ndetan.

Soal konsumsi bahan bakar, motor ini terbilang irit untuk sebuah mesin overbore. Berdasar dari data yang telah Jinny dan team himpun melalui percobaan, buat riding santai dengan kecepatan 40-60 km/jam dapat menempuh jarak sejauh kurang lebih 45 KM hanya dengan 1 liter pertamax. Josss…  pertimbangan bagus nih buat beli motor ini.

Beli motor Suzuki Satria All New Satria 150 termurah di Moladin! Klik aja!

Dengan transmisi 6 percepatan yang dimiliki Suzuki Satria F150, meraih 125 Km/jam bukanlah perkara sulit, bahkan itupun hanya dengan gigi 5. Walaahh… edann. Tuas perseneling terasa ringan dan lembut sehingga membuat Jinny sering melakukan miss ke netral saat oper gigi dari 1 ke 2. Walhasil, harus dicongkel sampe mentok deh!

Baca juga Review Suzuki GSX R150 Terbaru disini!

Sementara dari segi handling, gak jauh beda lah sama Satria lawas, bobotnya enteng banget. Dibawa ngebut melahap tikungan motor ini nurut banget, diajak nikung lebih rebah malah bikin ketagihan. Posisi setangnya lumayan rendah dibanding motor bebek, dan jarak stang ke tubuh sekarang lebih dekat dibanding Satria FU Lawas. Cukup bisa diandalkan buat jarak jauh menurut Jinny, gak bikin cepet pegel. Stangnya yang tidak terlalu lebar sangat menguntungkan saat nyelip diantara kemacetan.

Suzuki All New Satria F150 memakai master rem dan selang rem berlabel Bybre. Merk yang sama dengan yang digunakan KTM Duke 250 pada sistem pengeremannya. Sistem pengeremannya gak perlu diragukan lagi, remnya pakem! Mantap gan!

Kawasaki D-Tracker

*Angsuran mulai dari

Desain Suzuki All New Satria F150

Secara kasat mata, All New Satria F150 masih mempertahankan bentuk bagian buritan yang sedikit agak nungging. Hal ini yang membuat kesan sporty sang Ayago ini tetap terpancar. Meskipun desain keseluruhan mengalami penyegaran, namun konsep yang diwariskan tetap mengadopsi model Ayago.

Sisi Buritan Suzuki Satria F150
Sisi Buritan Suzuki Satria F150

 

Tidak banyak yang bisa dibahas dalam hal ini, sebab masing-masing memiliki pandangan dan selera yang berbeda-beda. Overall secara desain keseluruhan terbilang cukup proporsional untuk sebuah sport underbone 150cc, dan pada beberapa bagian telah menghilangkan ciri khas Satria lawas.

Disamping desain bodinya yang sporty abis, kualitas material bodi ternyata juga ciamik. Asli bukan plastik murahan, lumayan tebel pas diketok-ketok. Pengerjaan cat pada bodi kinclong banget, namun Jinny belum tau nih gimana jadinya kalau cat bodi terus-terusan terpapar sinar matahari. Luntur gak ya?

Kenyamanan Berkendara dengan Suzuki All New Satria F150

Menurut Jinny handling motor ini sangat ramah untuk sebuah sport naked. Posisi stang yang tinggi serta jarak stang yang lumayan dekat dengan tubuh bikin rider merasa rileks bawa motornya. Ga butuh adaptasi untuk terbiasa dengan posisi riding yang seperti ini. Pokoknya nyaman.

Jok yang sedikit kurang empuk masih bisa ditoleransi, tetap nyaman namun kurang cocok untuk diduduki dalam jangka waktu yang lama dan kondisi jalan yang agak bumpy. Jok tandem tidak banyak berbeda dengan Sport naked lain yang lumayan tinggi ini cukup menyusahkan boncengers hendak naik. Pastinya boncengers harus lebih menunduk memeluk rider didepannya.

Kelebihan Suzuki Satria F150

  1. Handlingnya sangat baik ditambah bobot motor yang ringan memudahkan bermanuver
  2. Vibrasi mesin minim
  3. Starter mesin sekali pencet langsung nyala
  4. Desain yang simple
  5. Sistem pengereman yang handal

Kekurangan Suzuki Satria F150

  1. Jok yang sedikit kurang empuk
  2. Kurang nyaman dipakai pelan

Kesimpulan

Suzuki Satria F150 injeksi merupakan sport underbone sejati, desainnya simpel tetapi mempunyai performa dan handling yang luar biasa. Ayago Suzuki ini memiliki nilai ergonomi yang cukup bagus (jika dibandingkan dengan ayago sekelas) menurut Jinny. Pasalnya jarak stang yang tidak terlalu jauh dari posisi badan alhasil bikin badan gak terlalu merunduk. dan bikin badan gak cepat pegal.

Honda CB150 Verza

*Angsuran mulai dari

Untuk digunakan harian, motor ini cuku nyaman dengan konsumsi bahan bakar yang terbilang irit. Perbandingannya 1 : 45 dengan kondisi jalan yang relatif padat. Suzuki All New Satria F150 termurah dijual cuma Rp. 22-jutaan aja. Nah, gimana? Makin tertarik untuk meminang sang “Hyper Underbone Suzuki” ini?

Dapatkan diskon DP gede-gedean untuk motor ini, cek caranya yuk di sini!

pict by : paultan.org

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *