by

Suzuki GSX-R150 MotoGP Edition 2020, Kolektor Wajib Punya!

Akhirnya Suzuki GSX-R150 MotoGP Edition resmi hadir di Indonesia. Motor ini punya livery istimewa, karena serupa dengan motor Suzuki GSX-RR yang menjadi tunggangan Joan Mir dan Alex Rins.

Ciri khasnya adalah kombinasi warna solarize silver dan met triton blue pada bodi. Hadir pula logo Ecstar selaku sponsor utama tim balap Suzuki untuk ajang MotoGP.

Pewarnaan bodi GSX-R150 MotoGP Edition juga punya nilai sejarah tersendiri. Livery tersebut pernah digunakan oleh motor 50cc milik Ernst Degner yang memenangkan balapan pertama untuk Suzuki di Isle of Man’s Trophy Tourist pada 1960. Tidak selesai di sana, livery kombinasi warna silver dan biru itu pun menandai usia Suzuki yang sudah menginjak 100 tahun.

“Persembahan spesial Suzuki GSX-R150 MotoGP 2020 Edition ini betul-betul pilihan menarik dan memiliki nilai historis yang tinggi. Suzuki ingin konsumennya tidak hanya memiliki sepeda motor dengan gaya MotoGP, namun ikut merasakan menjadi bagian dari perjalanan 100 tahun Suzuki di Dunia dan 50 tahun di Indonesia,” kata Sales & Marketing 2W Department Head PT Suzuki Indomobil Sales, Yohan Yahya seperti dikutip dari rilis resmi yang kami terima.

Baca juga  4 Motor Sport Eksotis Ini Dijamin Bikin Cewek Luluh

Motor MotoGP Edition ini berbasis Suzuki GSX-R150 Keyless. Dengan demikian, tidak lagi menggunakan anak kunci konvensional melainkan diganti remote dan kenop pintar. Kelebihan lain dari keyless juga lebih sulit dibobol maling, lantaran sudah dilengkapi immobilizer untuk memastikan cuma remote bawaan yang bisa mengaktifkan motor.

Fitur-fitur lainnya adalah lampu depan LED hemat daya, panel instrumen full digital yang terintegrasi gear shift indicator, dan hazard.

Soal mesin, tidak perlu diragukan lagi performanya. Suzuki GSX-R150 MotoGP Edition menggunakan kubikasi 150cc dengan teknologi DOHC dan pendingin carian. Jantung mekanis itu bisa melontarkan torsi puncak 14 Nm pada 9.000 rpm dan tenaga maksimal 19,17 PS pada 10.500 rpm. Padanannya adalah transmisi manual 6-percepatan.

Harga Suzuki GSX-R150 MotoGP Edition yang Paling Murah

Suzuki GSX-R150 MotoGP Edition mengikuti livery GSX-RR 2020
Suzuki GSX-R150 MotoGP Edition mengikuti livery GSX-RR 2020

Jika kamu tertarik memiliki Suzuki GSX-R150 MotoGP Edition, harganya cuma Rp 31,6 juta (OTR Jakarta). Banderol tersebut tidak beda dibanding livery lain seperti Daytona Yellow, Titan Black Rouge Red CW, dan Stronger Red Titan Black yang ada di varian keyless.

Baca juga  Ratusan Bikers Yogjakarta Ramaikan Suzuki Saturday Night Ride

Menariknya lagi kalau kamu bandingkan dengan kompetitor, harga motor edisi MotoGP dari Suzuki tersebut juga paling murah. Tidak percaya? Coba cek Honda CBR150R MotoGP Edition yang dipasarkan Rp 40,2 juta (OTR Jakarta). Kemudian Yamaha R15 Monster Energy Yamaha MotoGP Edition Rp 37,685 juta.

Di sisi lain, kalau kamu membeli Suzuki GSX-R150 MotoGP Edition 2020 ada kemungkinan banderolnya bakal naik di kemudian hari. Kenapa? Selain karena nilai historisnya yang sudah dijelaskan di atas. Pabrikan berlogo S sedang sangat kompetitif di MotoGP, bahkan bukan tidak mungkin keluar sebagai juara musim 2020.

Saat ini Joan Mir selaku pembalap tim Suzuki di MotoGP menempati urutan pertama klasemen sementara dengan 137 poin. Gapnya dengan Fabio Quatrararo dari tim Yamaha yang berada di posisi kedua cukup jauh, mencapai 14 poin. Ditambah lagi balapan cuma menyisakan tiga seri lagi.

Memang semua hal bisa terjadi, namun kalau Mir bisa konsisten meraih podium. Kemenangan Suzuki MotoGP musim 2020 bisa terwujud. Tentu ini bakal menjadi sejarah tersendiri karena sudah sangat lama Suzuki puasa gelar.

Baca juga  Komunitas ZX-25R Indonesia Resmi Terbentuk

Jika benar-benar juara, tentu Suzuki GSX-R150 MotoGP Edition bakal punyai nilai sejarah yang lebih hebat lagi. Maka dari itu, kalau kamu kolektor, wajib punya!

Terbaru