by

Suzuki XL7 Zeta Vs Honda BR-V S, Komparasi SUV Termurah!

Suzuki XL7 Zeta Vs Honda BR-V S – Terserah mau menyebutnya SUV atau crossover, yang jelas kedua mobil ini punya banyak kemiripan. Sama-sama punya ground clearance tinggi, mesin 1.5 liter, dan muat tujuh penumpang. Harganya juga paling terjangkau, tidak sampai Rp250 juta!

Lalu dari keduanya mobil apa yang sebaiknya dibeli? Simak komparasi Suzuki XL7 Zeta Vs Honda BR-V S, berikut ini:

Desain Eksterior Suzuki XL7 Zeta Vs Honda BR-V S, Siapa Lebih Gagah?

Suzuki XL7 Zeta Vs Honda BR-V S
Perbedaan utama ada di lampu LED. Suzuki XL7 sudah pakai, sementara Honda BR-V S masih lampu proyektor

Kalau melihat desain eksterior, keduanya punya banyak aksesori yang menjadikannya tampil gagah. Sebut saja roof rail, fender menonjol, bumper bawah kekar, dan lain-lain. Kehadiran roof rail ini bukan sekadar hiasan, namun bisa dijadikan tempat meletakkan roof rack dan roof box untuk membawa barang bawaan ketika kabin penuh.

Soal ban, Suzuki XL7 Zeta dan Honda BR-V S pakai ukuran yang sama yaitu 195/60 R16. Dari eksterior ini, bedanya tampak lewat penggunaan lampu depan. Honda BR-V S masih mengadalkan bohlam dengan proyektor. Sementara Suzuki XL7 Zeta sudah dilengkapi LED.

Spesifikasi Dimensi Suzuki XL7 Zeta Vs Honda BR-V S

 

Suzuki XL7 Zeta

Honda BR-V S

Dimensi (PxLxT)

4.450 x 1.775 x 1.710 mm

4.456 x 1.735 x 1.666 mm

Jarak Sumbu Roda

2.740 mm

2.662 mm

Ukuran Ban

195/60 R16

195/60 R16

Ground Clearance

200 mm

201 mm

Baca juga  Toyota Fortuner Legender Resmi Meluncur, Apa Istimewanya?

Fitur Suzuki XL7 Zeta Lebih Lengkap

Suzuki XL7 Zeta Vs Honda BR-V S
Versi Suzuki XL7 Zeta sudah pakai head unit layar sentuh 8 inci, sementara Honda BR-V S belum

Soal fitur Suzuki XL7 Zeta Vs Honda BR-V S, produk mobil berlambang S jauh lebih unggul. Terlebih di sektor interior telah dilengkapi head unit layar sentuh 8 inci. Sementara sang lawan, masih pakai double DIN.

Terkait kenyamanan, SuzukI XL7 Zeta punya arm rest di bangku baris kedua. Alhasil ketika di belakang cuma ada dua penumpang, bisa lebih rileks. Hanya saja masalah terjadi saat penumpang terisi penuh, orang yang duduk di baris kedua bagian tengah tidak mendapat head rest.

Kekurangan di Suzuki XL7 ini, justru jadi kelebihan di Honda BR-V lantaran ada tiga head rest di bangku baris kedua. Walau untuk arm rest, Honda belum memberikannya. Dalam hal jok, keduanya masih sama-sama belum dibalut kulit, masih mengandalkan kain.

Dalam hal fitur keselamatan, keduanya sudah pakai anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), dan dual SRS Airbag. Kemudian untuk kunci kontak, masih mengandalkan anak kunci konvensional yang terintegrasi alarm dan immobilizer.

Baca juga  Sejarah Honda Mobilio, Dari Generasi ke Generasi

Baca juga:

Performa Mesin Honda BR-V S Lebih Unggul

suzuki xl7 zeta vs honda br-v s
Honda BR-V S punya mesin dengan perfroma istimewa, transmisinya pun sampai 6-percepatan

Soal mesin, Honda BR-V S meninggalkan jauh Suzuki XL7. Dengan mesin 1.497 cc VTEC + DBW SOHC 16 katup, mobil ini mampu memuntahkan torsi puncak hingga 145 Nm pada 4.600 rpm dan tenaga maksimal 118 hp pada 4.600 rpm. Jantung mekanis ini dipadankan sistem transmisi manual 6-percepatan.

Bandingkan dengan Suzuki XL7 yang pakai mesin 1.462 cc VVT DOHC 16 katup. Mesin tersebut hanya bisa memuntahkan torsi 138 Nm pada 4.400 rpm dan tenaga 103 hp pada 6.000 rpm. Transmisinya juga cuma 5-percepatan manual.

Hanya saja, bukan berarti Suzuki XL7 Zeta tanpa keunggulan dari Honda BR-V di komparasi ini. Setidaknya di varian termurah, pabrikan berlambang S memberi pilihan transmisi otomatis 4-percepatan untuk kenyamanan pengendara. Sementara Honda BR-V S hanya tersedia dalam transmisi manual.

Harga Suzuki XL7 Zeta Lebih Murah

Kelebihan Suzuki XL7
Harga Suzuki XL7 Zeta jauh lebih murah dibanding Honda BR-V S

Harga Suzuki XL7 Zeta Vs Honda BR-V S, terpaut cukup jauh. LSUV Suzuki dijual dengan sangat murah, hanya Rp230 juta (OTR Jakarta) untuk varian Zeta MT. Lalu banderol varian Zeta AT dipasarkan Rp246,5 juta (OTR Jakarta).

Baca juga  Suzuki New Ignis Meluncur, Minim Perbedaan?

Bandingkan dengan Honda BR-V S MT yang banderolnya mencapai Rp248,9 juta (OTR Jakarta). Gapnya degan Suzuki XL7 Zeta MT mencapai 18,9 juta! Ditambah lagi, LSUV Honda tidak memiliki transmisi otomatis untuk varian termurahnya.

Suzuki XL7 Zeta Vs Honda BR-V S, Beli yang Mana?

Suzuki XL7 Zeta Vs Honda BR-V S
Honda BR-V S tidak punya pilihan transmisi otomatis

Jika kamu mencari performa mesin, maka Honda BR-V S MT cocok untuk dipunya. Spesifikasi torsi dan tenaganya, di atas kertas jauh melebihi Suzuki XL7 Zeta. Ditambah lagi sistem transmisi mobil ini sudah 6-percepatan, jadi mampu menghasilkan pendistribusian tenaga yang lebih halus.

Sementara kalau kamu mencari LSUV dengan harga terjangkau, maka Suzuki XL7 Zeta. Lagi pula dengan harga murah, mobil ini menawarkan fitur kenyamanan lebih lengkap dari Honda BR-V. Sudah ada head unit layar sentuh, head rest, dan pencahayaan LED. Alhasil Suzuki XL7 Zeta bisa jadi kendaraan yang nyaman untuk diajak berkendara bersama keluarga.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru