by

Inilah Besaran Tarif Tol Trans Jawa, Update 2020

Bagi kalian yang ingin pelesiran di Pulau Jawa menggunakan mobil pribadi, wajib mengetahui tarif tol Trans Jawa. Sebelum kalian memutuskan melakukan perjalanan jauh.

Seperti diketahui saat ini dari Merak, Banten sampai dengan Probolinggo, Jawa Timur sudah dihubungkan oleh tol sepanjang 962 km. Dampaknya kini buat kalian yang ingin bepergian mudik tentunya akan lebih mudah dan cepat.

Tol Trans Jawa pun sudah dimanfaatkan oleh para pemudik sejak tahun 2019 lalu. Sejumlah fasilitas pun sudah disediakan di tol Trans Jawa.

Jasa Marga selaku pengelola telah menyediakan rest area untuk tempat beristirahat, yang sudah dilengkapi dengan beragam fasilitas, seperti tempat ibadah, toilet, food court, hingga tempat pengisian bahan bakar.

Alhasil para pelancong, tak perlu lagi khawatir untuk melakukan perjalanan jauh. Mengingat kini beragam fasilitas sudah tersedia.

Faktor yang tak kalah penting dalam menunjang kenyamanan ketika melakukan perjalanan di sekitar pulau Jawa. Kalian juga wajib menyiapkan dana yang cukup di uang elektronik kalian alias e-toll.

Untuk itu, sebaiknya kamu mengetahui secara rinci mengenai tarif tol Trans Jawa secara tepat. Mengingat ada sejumlah update tarif tol Trans Jawa.

Ingin tahu rincian tarif tol Trans Jawa? Simak ulasannya berikut ini:

Mengungkap Tarif Tol Trans Jawa, Sepanjang 962 Km

Tarif Tol Trans Jawa 2020
Tarif Tol Trans Jawa update 2020

Mengenal besaran tarif tol Trans Jawa dirasa perlu kamu lakukan, agar kamu bisa mempersiapkan dana untuk cukup ketika melakukan perjalanan. Berdasarkan catatan Moladin, per bulan Juni 2020.

Besaran tarif tol Trans Jawa dari Jakarta hingga Surabaya sebesar Rp 663.500. Untuk itu kalian wajib menyiapkan saldo yang cukup ketika melakukan perjalanan.

Tanpa berpanjang lebar, simak rincian tarif tol Trans Jawa untuk kendaraan golongan 1 yang terdiri dari sedan, jip, pikap atau truk dan bus kecil:

  1. Ruas Merak-Tangerang, dengan panjang 72,45 km memiliki tarif Rp 41.000
  2. Ruas Jakarta-Tangerang, dengan panjang 33 km tarifnya Rp 7.500
  3. Ruas Jakarta Over Ring Road dikenakan tarif Rp 15.000
  4. Ruas Jakarta-Cikampek, dengan panjang 72 km memiliki tarif Rp 15.000
  5. Ruas Cikampek-Palimanan, dengan panjang 116,75 km memiliki tarif Rp 102.000
  6. Ruas Palimanan-Kanci, dengan panjang 26,3 km dikenakan tarif Rp 12.000
  7. Ruas Kanci-Pejagan, dengan panjang 35 km tarifnya Rp 29.000
  8. Ruas Pejagan-Pemalang dengan panjang 57,5 km besaran tarif Rp 57.000
  9. Ruas Pemalang-Batang, dengan panjang 39,19 km tarifnya Rp 39.000
  10. Ruas Batang-Semarang (SS Krapyak) dengan panjang 75,6 km dikenakan tarif Rp 75.000
  11. Ruas Semarang ABC (SS Krapyak-Banyumanik) dengan panjang 24 km tarifnya Rp 5.000
  12. Ruas Semarang-Solo dengan panjang 72,64 km memiliki tarif Rp 65.500
  13. Ruas Solo-Ngawi, dengan panjang 90,43 km besaran tarifnya Rp 91.000
  14. Ruas Ngawi-kertosono-Kediri dengan panjang 117,4 km tarifnya Rp 88.000
  15. Ruas Kertosono-Mojokerto dengan panjang 34,8 km dikenakan tarif Rp 49.000
  16. Ruas Mojokerto-Surabaya dengan panjang 36,27 km besaran tarifnya Rp 36.000
  17. Ruas Surabaya-Gempol dengan panjang 46,5 km dikenakan tarif Rp 4.500
  18. Ruas Gempol-Pandaan dengan pajang 13,61 km tarifnya sebesar Rp 2.500
  19. Ruas Gempol-Pasuruan dengan panjang 34,15 km tarifnya Rp 36.000
  20. Ruas Pasuruan-Probolinggo memiliki tarif Rp 26.500
  21. Ruas Segmen Porong-Gempol dikenakan tarif sebesar Rp 9.000
Baca juga  Bagaimana Pembelian Mobil di Tengah Wabah Korona?

Mengutip dari laman resmi Jasa Marga, terdapat sejumlah perkiraan tarif tol Trans Jawa untuk kamu yang berasal dari Jakarta dengan destinasi tujuan ke seputar pulau Jawa, seperti Semarang, Surabaya, dan Probolinggo Timur.

Adapun rincian tol Trans Jawa menuju Semarang, Surabaya, dan Probolinggo Timur antara lain:

  • Jakarta (Jakarta Cikampek) – Semarang tarifnya Rp 334.500
  • Merak-Jakarta (JORR – Jakarta – Cikampek) – Semarang tarifnya Rp 398.000
  • Jakarta (Jakarta Cikampek) – Surabaya tarifnya Rp 663.500
  • Merak-Jakarta (JORR – Jakarta – Cikampek) – Surabaya tarifnya Rp 727.000
  • Jakarta (Jakarta Cikampek) – Probolinggo Timur tarifnya Rp 742.000
  • Merak-Jakarta (JORR – Jakarta – Cikampek) Probolinggo Timur tarifnya Rp 805.500

Nah.. sekarang sudah tahukan mengenai besaran tarif tol Trans Jawa paling update? Sebelum melakukan perjalanan, alangkah baiknya juga kamu perlu mempersiapkan sejumlah hal, Sob!

Tujuannya agar perjalanan yang kamu lakukan dapat berjalan dengan nyaman dan lancar. Berikut ini Moladin akan memberikan sedikit tips persiapan sebelum melakukan perjalanan jauh.

Baca juga  5 Mobil Bekas Asal Prancis, Murah Meriah!

Persiapan Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh

Momen mudik di Tol Trans Jawa
Momen mudik di Tol Trans Jawa

Tak hanya wajib mengetahui besaran tarif tol Trans Jawa. Namun kalian juga wajib mempersiapkan diri beserta kendaraan sebelum melakukan perjalanan.

Apalagi tujuannya untuk mudik ke kampung halaman, tentunya beragam persiapan tentunya kalian butuhkan. Jika tidak dipersiapkan secara matang, dapat membahayakan diri sendiri dan pengendara lain.

Pasalnya, mudik menggunakan kendaraan pribadi memiliki risiko yang lebih tinggi. Ketimbang menggunakan kendaraan umum.

Risiko mulai dari macet di jalan yang tidak terprediksi, rute jalan tidak hafal dan bisa bikin nyasar, lelah dan mengantuk sehingga mengancam keselamatan jiwa kalian ketika berkendara.

Oleh karena itu, ada sejumlah hal yang tentunya perlu kalian persiapkan dan juga perhatikan. Setidaknya ada beberapa hal penting yang perlu mendapatkan perhatian lebih dari kamu.

1. Pastikan Kendaraan Dalam Kondisi Terbaik

Pengecekan kondisi kendaraan
Lakukan pengecekan kendaraan, serta siapkan saldo sesuaikan dengan tarif tol Trans Jawa

Salah satu faktor penting, selain mengetahui tarif tol Trans Jawa yang perlu kalian lakukan adalah memeriksa kondisi kendaraan terlebih dulu. Lakukan pengecekan mobil secara menyeluruh.

Cek mesin, rem, oli, kaki-kaki dan sejumlah komponen lainnya. Jangan meremehkan hal ini, karena banyak terjadi kecelakaan di jalan, karena kondisi kendaraan kurang layak digunakan untuk perjalanan jauh. Untuk sebaiknya kalian pastikan keadaan mobil dalam kondisi prima.

2. Jangan Membawa Penumpang dan Barang Berlebihan

Membawa muatan lebih ketika mudik
Ketahui tarif tol Trans Jawa, dan jangan bawa muatan berlebih

Supaya perjalanan nyaman dan aman tentunya harus tahu tarif tol Trans Jawa. Selanjutnya kamu juga sebaiknya tidak mengangkut beban atau penumpang melebih kapasitas kendaraan.

Mengingat setiap mobil sudah punya standar beban atau penumpang maksimal sesuai kapasitasnya masing-masing. Bila dipaksakan melebihi beban, dapat membahayakan pengemudi dan penumpang.

Sebagai contoh kamu menggunakan mobil Daihatsu Xenia, yang memiliki kapasitas maksimal hanya mampu menampung 7-8 orang penumpang. Jangan pernah memaksakan untuk mengangkut lebih dari itu.

Apabila dipaksakan dapat berakibat fatal buat perjalanan kamu. Jangan sampai hal-hal yang tidak diinginkan justru menimpa perjalanan kalian.

3. Membawa Bekal Makanan dan Minuman Secukupnya

Membawa bekal makanan dan minuman
Bawalah bekal makanan dan minuman, serta siapkan saldo sesuai tarif tol Trans Jawa

Namanya perjalanan jauh, kita tidak pernah mengetahui kondisi jalan yang nantinya kita hadapi. Untuk itu, alangkah baiknya kamu mengetahui tarif tol Trans Jawa, untuk menunjang kenyamanan.

Baca juga  Daftar Mobil Paling Sering Dicuri, Waspada!

Selain itu, kalian juga perlu untuk membawa bekal makanan dan minuman secukupnya. Diperjalanan kerap pengemudi maupun penumpang mengalami lapar dan haus.

Khusus untuk pengemudi, sebaiknya hindari berkendara jarak jauh dalam kondisi lapar. Karena bisa menyebabkan kamu hilang konsentrasi.

Berhentilah sejenak sekadar untuk makan terlebih dahulu, lalu melanjutkan kembali perjalanan. Sebab itu, penting untuk menyediakan makanan ringan, seperti buah-buahan, roti, atau snack favorit.

4. Perhatikan Kondisi Fisik

Tidur di Mobil
Istirahat yang cukup ketika kalian melakukan perjalanan jauh

Penting untuk mempersiapkan saldo uang elektronik sesuai dengan tarif tol Trans Jawa. Namun yang juga tak kalah penting, kalian juga harus mengetahui kondisi fisik ketika mengemudi.

Sebaiknya tidak memaksakan diri untuk terus menyetir, bila sudah kelelahan. Berhenti atau menepi sejenak ke tempat peristirahatan atau rest area terdekat untuk tidur atau sekadar meluruskan kaki sambil makan atau beribadah.

Tujuannya, ketika melanjutkan perjalanan kondisi fisik kalian kembali fit. Tak kalah penting, kamu sebaiknya memiliki prinsip berkendara aman dan nyaman, sebab itu istirahat menjadi hal penting.

5. Pastikan Uang Elektronik Cukup Hingga Tujuan

Saldo e-toll
Dengan mengetahui tarif tol Trans Jawa, kalian bisa menyiapkan saldo yang cukup

Buat kamu yang melakukan perjalanan dengan mobil pribadi, jangan lupa membawa uang elektronik, seperti e-money, Flazz, Brizzi, dan lainnya. Hal ini sangat penting, terutama kamu juga harus mengetahui tarif tol Trans Jawa.

Sebab bayar tol sekarang tidak lagi pakai uang tunai. Pastikan uang elektronik tersebut terisi saldonya untuk bayar tol, agar tidak merepotkan kalian untuk top up di jalan bebas hambatan.

Gimana sekarang sudah ada gambaran pastinya mengenai tarif tol Trans Jawa, beserta sejumlah persiapan sebelum melakukan perjalanan jauh.

Semoga informasi ini dapat membantu kalian yang ingin mudik ataupun melakukan perjalanan di sekitar Pulau Jawa.

Baca juga:

Terbaru