Selasa, Februari 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Spesifikasi dan Harga Tata Tiago CNG AMT, Kok Mirip Honda Brio Satya?

by Firdaus Ali
tata tiago cng amt

Tata Tiago CNG AMT telah resmi didistribusikan ke diler-diler mobil Tata di India. Sekilas, tampilan mobil asal negeri Hindustan ini mirip Honda Brio Satya.

Melansir dari laman Rushlane, Tata Motors siap meluncurkan mobil Compressed Natural Gas (CNG) pertama di India yang dilengkapi dengan transmisi Automated Manual transmission (AMT). Mobil tersebut adalah Tiago CNG AMT dan Tigor CNG AMT.

Keduanya dikabarkan sudah dinanti market otomotif di India, bahkan sudah ada pemesanan meski kedua mobil tersebut baru akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Diperkenalkannya mobil bertransmisi AMT pada varian CNG menandai tonggak sejarah penting sebagai pilihan transmisi otomatis pertama untuk mobil CNG di India, yang menawarkan pengalaman berkendara baru kepada konsumen.

Spesifikasi dan Harga Tata Tiago dan Tigor CNG AMT

tata tiago cng amt

Tampilan Interior cukup modern

Mengenai tampilan eksterior, kedua mobil hatchback itu sekilas mirip Honda Brio Satya yang beredar di Indonesia. Mulai dari desain bagian moncong depan, dimana bentuk lampu dan bumpernya kental dengan desain Brio Satya.

Kemudian pada bagian samping, lekukan body juga hadir dengan garis yang sederhana. Untuk desain bagian belakang, masih mirip dengan Honda Brio Satya.

Tata Tiago CNG AMT akan tersedia dalam tiga varian, yaitu XTA CNG, XZA+ CNG dan XZA NRG. Sementara itu untuk Tata Tigor CNG AMT akan hadir dalam dua varian, XZA CNG & XZA+ CNG.

Berbicara dapur pacu, baik Tiago maupun Tigor, saat ini ditawarkan dengan mesin bensin 1,2 liter dengan pilihan transmisi manual atau AMT. Keduanya juga hadir dengan varian CNG dengan pengurangan output 73,5 hp dan 95 Nm.

Sebagai catatan, meskipun bertransmisi otomatis, perlu dicatat bahwa efisiensi bahan bakar varian CNG AMT mungkin mengalami sedikit penurunan dibandingkan varian manual.

Kemudian, mengenai banderol dari kedua mobil terbaru dari Tata tersebut, Tata Tiago CNG dihargai mulai 6,55 lakh atau sekitar Rp 125 jutaan. Sementara itu untuk harga Tigor CNG mulai dari Rs 7,80 lakh atau sekitar Rp 147 jutaan.

Pengertian Mobil Berbahan Bakar Compressed Natural Gas (CNG)

tata tiago cng amt

Compressed Natural Gas (CNG)

Dilansir dari laman Daihatsu, CNG (Compressed Natural Gas) merupakan bagian dari bahan bakar alternatif pengganti bensin. Ini merupakan gas yang dibentuk dari metana yang telah disimpan dengan tekanan yang begitu tinggi.

CNG merupakan bahan bakar gas yang dibuat dengan melakukan kompresi metana (CH4) yang diekstrak dari gas alam. Bahan bakar gas ini disimpan dan didistribusikan dalam bejana tekan yang umumnya berbentuk silinder.

CNG sendiri diklaim memiliki pembakaran yang lebih bersih dengan gas yang lebih aman untuk diangkut dan ditangani. Selain itu, CNG juga mampu meningkatkan masa pakai oli mesin kendaraan karena lebih mudah bercampur dengan udara.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

 

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika