Banner
Saturday, December 3, 2022
Banner
Banner

Tata Tiago EV Meluncur, Mobil Listrik Seharga Honda Brio!

by Firdaus Ali
Tata Tiago EV

Tata Tiago EV resmi meluncur untuk pasar India. Menariknya, mobil listrik dengan model hatchback ini dibanderol dengan harga setara Honda Brio.

Ada empat varian Tata Tiago yang dilepas ke pasar Negeri Bollywood: EV XE, XT, XZ+, dan XZ+ Tech Lux. Soal harganya, mulai dari 849.000 rupee atau setara dengan Rp 157,8 jutaan. Sementara untuk varian termahalnya dibanderol 1.179.000 rupee atau setara dengan Rp 220 jutaan.

Sekilas, mobil listrik asal Negeri Hindustan ini memiliki tampilan eksterior yang mirip dengan Honda Brio. Mulai dari tampilan depan, samping dan belakangnya. Namun begitu, jika diperhatikan lebih spesifik, perbedaan ada pada desain grill dan bumpernya. Bentuknya lebih modern dan futuristik.

Selain itu, terdapat pula garis horizontal berwarna biru muda yang menjulur dibagian bawah dari headlamp dan grillnya. Yup, seperti pada umumnya mobil listrik yang mempunyai tanda atau waksean warna biru pada bagian eksteriornya.

Masuk  ke dalam bagian interior, Tata Tiago EV hadir denan nuansa warna yang cerah. Yaitu dominasi warna abu-abu muda dengan sedikit sentuhan warna hitam pada dashboard dan doortrimnya.

Oh ya, aksen warna biru juga dapat ditemui dibagian list kisi AC dan beberapa sudut lain di dashboard.

Spesifikasi Tata Tiago EV

Tata Tiago EV

Fitur ZConnect

Dengan harga yang lebih murah dari Honda Brio RS, apa saja yang hal menarik yang ditawarkan oleh Tata Tiago EV?

dikutip dari cartoq.com, mobil listrik dari India ini menawarkan dua pilihan baterai. Untuk medium range, menggunakan baterai Lithium-ion berkapasitas 19,2 kWh yang diklaim memberikan jarak tempuh sejauh estimasi 250 kilometer. Kemudian untuk long range pakai baterai 42 kWh dengan jarak tempuh maksimal mencapai 315 kilometer.

Bukan hanya baterainya saja, motor listriknya juga ditawarkan dengan dua pilihan. Yaitu motor listrik bertenaga 45 kW atau 60 hp dan bertorsi 110 Nm untuk medium range serta motor listrik bertenaga 55 kW atau 73,7 hp dan bertorsi 114 Nm.

Oh iya soal pengisian daya baterai, Tata menawarkan dua pilihan pengecasan yaitu wall box 3,3 kW atau fast charger 7,2 kW. Selain itu, Tiago EV juga sudah bisa menggunakan pengecasan cepat arus DC berdaya 50 kW yang akan mengisi daya dari 10% sampai 80% yang diklaim hanya butuh waktu 57 menit saja.

Soal fitur, Tata Tiago EV menyuguhkan fitur telematika ZConnect yang menghubungkan pemilik dan mobilnya lewat smartphone atau smartwatch. Melalui fitur ZConnect, pemilik mobil bisa melacak mobilnya, mengatur geo-fencing, mengecek status pengisian daya baterai, serta bisa menyalakan AC mobil secara remote.

Untuk fitur hiburan, sudah ada Tiago EV head unit layar sentuh 7 inci dari Harman yang tersambung dengan sistem audio 8 speaker serta mendukung konektivitas ponsel Apple CarPlay dan Android Auto serta memiliki fitur voice command.

Tak hanya itu saja, Tiago EV juga sudah dilengkapi dengan fitur Cruise Control, mode sport, Indirect Tire Pressure Monitoring System (iTPMS), glovebox berpendingin, dan puncture repair kit.

Itulah ulasan mengenai Tata Tiago EV. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

mobil sahabat keluarga blog banner

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika