Kamis, Maret 28, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Telapak Ban Mobil Cepat Aus? Lakukan 6 Trik Ini Supaya Awet

by Tigor Sihombing
ban mobil

Mungkin kamu pernah merasakan telapak ban mobil cepat aus, misalnya karena mengalami kebotakan yang tidak merata di sisinya. Selain menyebalkan, ban yang habis tidak merata bisa membuat kehilangan daya cengkeram.

Telapak ban mobil cepat aus jika dibiarkan berbahaya jika terus dipakai berkendara. terutama saat kamu bertemu genangan air yang beresiko terjadi aquaplaning.

Aquaplaning adalah kondisi ban mobil ketika hilang traksi (daya cengkram) pada permukaan jalan saat melintasi genangan air di permukaan jalan. Ini terjadi salah satunya karena pada permukaan ban mobil sudah tidak ada grip.

Yang Harus Dilakukan Supaya Ban Mobil Awet

telapak ban mobil cepat aus

Ban mobil harus dirawat supaya awet

Nah agar ban mobil kamu tidak cepat haus dan botak tidak merata, ada beberapa kiat mengatasinya. Yuk simak caranya :

1. Cara Berkendara Agresif

Penyebab utama telapak ban mobil cepat aus bisa saja kerena gaya berkendara dari pengemudi itu sendiri. Baiknya jangan mengemudi secara agresif, seperti misalnya sering menekan pedal gas hingga habis atau mengerem mendadak.

Karena cara ini akan membuat telapak ban mobil cepat termakan akibat gesekan dengan permukaan jalan. Termasuk menikung atau pindah lajur tiba-tiba sehingga membuat ban harus bekerja keras menjaga keseimbangan mobil.

Baca juga  5 Daftar Biaya Perbaikan Mobil Terendam Banjir

Imbasnya, telapak ban akan lebih cepat kalah sehingga aus dan berujung rusak sebelum waktunya. 

2. Sering Bawa Muatan Berlebih

Kondisi lainnya yang membuat telapak ban mobil cepat aus adalah ketika tekanannya tidak pada rekomendasi yang diberikan oleh pabrikan ban.

Hal ini karena kelebihan beban yang diterima akan diteruskan menuju telapak ban dan membuatnya menerima tekanan terlalu tinggi melebihi batas yang diperbolehkan.

Sebaiknya selalu perhatikan muatan mobil sesuai dengan yang disarankan pada buku manual perawatan kendaraan.

3. Kaki-Kaki Mobil Rusak Dibiarkan

Selanjutnya penyebab telapak ban cepat aus adalahy terjadinya pembiaran pada kaki-kaki mobil yang rusak. Kerusakan pada komponen kaki-kaki mobil seperti shock absorber yang bocor dapat berimbas pada kinerja ban yang tidak lagi optimal.

Akibatnya, ada sisi ban yang mendapatkan beban berlebih sehingga membuat telapak ban lebih cepat aus. Pengecekan kaki-kaki mobil dan spooring ban mobil waktu servis berkala dapat mengetahui potensi kerusakan dan mencegahnya.

4. Tekanan Udara Ban Kurang Dibiarkan 

Nah kasus ini salah satu yang paling banyak terjadi, yang menyebabkan telapak ban mobil cepat aus.

Baca juga  Perbandingan Pertamax dan Pertalite, Pakai yang Mana?

Karena ban tidak hanya berperan sebagai alas penggerak kendaraan, tapi juga tumpuan dari bobot mobil. Akibat tekanan udara yang tidak terjaga membuat dinding ban bekerja lebih berat dan mengalami defleksi berlebihan.

Sebab telapak ban turut mendapatkan tekanan berlebihan sehingga membuatnya cepat aus. Sebaiknya lakukan pengecekan berkala tekanan udara ban minimal satu minggu sekali.

5. Gak Pernah Rotasi Ban

Telapak ban mobil cepat aus bisa saja terjadi karena kita tidak pernah merotasi ban. Jika kamu enggan untuk moratasi ban sendiri, kamu bisa membawanya ke bengkat tambal ban.

Biasanya tarif yang dikeluarkan berkisar antara Rp 10 – 30 ribuan tergantung jenis kendaraan. Rotasi ban sendiri dilakukan untuk menjaga keseimbangan tingkat keausan semua ban mobil supaya telapak ban menipis secara merata dan bertahap.

Bengkel resmi Auto2000 menyarankan agar melakukan rotasi ban setiap 10.000 km atau 6 bulan sekali.

6. Gak Pernah Pernah Spooring

Spooring pada kaki-kaki kendaraan itu penting. Karena spooring berguna untuk menyetel ulang kaki-kaki setelah sekian lama digunakan lantaran pemakaian mobil dalam jangka waktu panjang.

Baca juga  Jenis Air Wiper Untuk Mobil dan Rekomendasi Produk Terbaiknya!

Pengunaan mobil dalam jangka waktu panjang bisa membuat penyimpangan pada roda akibat pergerakan pada komponen kaki-kaki. Efeknya akan berpengaruh pada kerja roda yang tidak seimbang dan habisnya telapak ban secara tidak merata.

“Telapak ban mobil cepat aus dan secara tidak merata bisa memicu kecelakaan. Maka dari itu baiknya konsumen selalu melakukan perawatan ban mobil pada waktu servis berkala dan jika ban mobil rusak segera lakukan pembelian ban mobil baru,” kata Nur Imansyah Tara, Aftersales Division Head Auto2000, Rabu (21/7/2021).

Demikian ulasan terkait telapak ban mobil cepat aus. Simak terus Moladin.com untuk mendapatkan update konten berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika