Friday, February 3, 2023
Banner

8 Tempat Wisata Hits di Bandung Yang Nyaman Dijangkau Mobil

by Firdaus Ali
Tempat wisata di Bandung

Menjelang musim liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, kami akan informasikan beberapa tempat wisata di Bandung yang nyaman dijangkau dengan mobil. Yup, bandung memang terkenal memiliki ragam tempat wisata menarik, kekinian, dan hits.

Siapa yang tak kenal dengan kota Bandung? Ibu Kota Jawa barat ini punya beberapa julukan, seperti kota kembang, kota kuliner, kota kreatif, dan kota lautan api. Dua julukan yaitu kota kuliner dan kota kreatif, tentu erat kaitannya dengan tempat wisata yang ada di sana.

Berbicara lokasi berlibur, terdapat beberapa tempat di Bandung yang nyaman untuk dituju naik mobil. Ada di daerah perkotaan, perbukitan bahkan pegunungan. Dan untuk mencapai ke tempat wisata itu, tentu dibutuhkan mobil yang sesuai dengan tujuan lokasinya. Misalnya tempat wisata kekinian di daerah pegunungan yang banyak jalan menanjak dan tidak rata, maka akan lebih nyaman pakai mobil SUV. Kalau lokasi wisata yang diperkotaan, maka city car saja cukup.

Nah, biar tidak penasaran, mari kita simak ulasan tempat wisata hits di Bandung yang nyaman dijangkau dengan mobil berikut ini.

1. Kawasan Braga

Tempat wisata di Bandung

Kawasan Braga. Foto: atourin

Tempat wisata di Bandung yang nyaman dijangkau dengan mobil adalah Braga, lokasinya ada di tengah kota Bandung. Jadi, lokasi hits ini mudah dilalui dengan semua jenis mobil, mulai City Car, sedan apalagi MPV dan SUV.

Di Kawasan Braga, salah satu yang wajib dikunjungi adalah Museum Konferensi Asia Afrika (KAA) yang berada di persimpangan Jalan Braga dan Jalan Asia Afrika. Kemudian ada pula Societeit Concordia yang berada di sebelah Museum KAA yang juga menarik untuk dikunjungi. Tempat yang kini dinamai sebagai Gedung Merdeka itu merupakan spot gaulnya kaum elit Eropa di Bandung pada masa silam.

Selain museum KAA dan Gedung Merdeka, di Kawasan Braga juga terdapat banyak café dan tempat kuliner, salah satu yang menarik adalah Sumber Hidangan. Ini adalah toko roti hits yang sudah ada sejak 1929. Di sana kamu bisa menikmati desain bangunan bergaya art deco. Lalu menu-menu yang ditawarkan juga masih dengan nama Belanda yaitu Doublet, Bookkepoot, Likeur Bonbon, Mocca Truffle, Krentenbrood, Ananastaart, hingga Suiker Hagelslag, 

Baca juga  7 Tempat Wisata Hits di Berastagi yang Wajib Disambangi Naik Mobil!

2. Kampung Cai Ranca Upas

Tempat wisata di Bandung

Kampung Cai Ranca Upas. Foto: Istimewa

Tempat wisata di Bandung selanjutnya ada Kampung Cai Ranca Upas yang lokasinya berada di jalan raya Ciwidey KM. 11, Patengan, Kec. Rancabali. Adapun jarak yang ditempuh dari Jakarta menuju tempat ini sejauh 178,9 km dengan waktu tempuh sekitar 3,5 jam melalu jalan tol.

Lokasi tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan alam yang asri dengan udara yang sejuk. Disini, pengunjung disuguhi arena outbond, camp area, wahana kolam renang air panas, dan yang paling banyak menarik wisatawan adalah terdapat penangkaran rusa. Selain itu karena keindahannya disini juga sering dijadikan salah satu tempat prewedding.

Jalanan menuju tempat ini memang melewati tanjakan dan turunan. Namun begitu kondisi jalannya sudah kondusif dan bisa dilalui dengan mobil jenis apapun.

3. Kawah Putih Ciwidey

Tempat wisata di Bandung

Kawah Putih. Foto: lovavel

Selanjutnya, tempat wisata di Bandung ada Kawah Putih yang masih berlokasi di daerah Ciwidey, tepatnya di Sugihmukti, Kecamatan Pasir Jambu.

Tempat wisata Kawah putih memang sudah hits atau mashur sejak dulu. Kawah Putih adalah sebuah danau yang terbentuk akibat dari letusan Gunung Patuha.

Sesuai dengan namanya, tanah yang ada di kawasan ini berwarna putih akibat dari pencampuran unsur belerang. Selain tanahnya yang berwarna putih, air danau kawasan Kawah Putih juga mempunyai warna yang putih kehijauan dan dapat berubah warna sesuai dengan kadar belerang yang terkandung, suhu, dan cuaca.

Di samping indah, Kawah Putih Ciwidey juga punya cuaca yang dingin. Jadi, kalau kamu mau perlu pakai sweater atau baju double. Lalu untuk mobil yang dikendarai untuk menuju sana, sebagiknya gunakan yang punya ground clearance tinggi seperti SUV. Pasalnya medan menuju Ciwidey cukup bergelombang.

4. Lembang Park & Zoo

Tempat wisata di Bandung

Lembang Park & Zoo. Foto: kagum

Lembang Park & Zoo menjadi tempat wisata hits di Bandung yang banyak dikunjungi keluarga. Yup, tempat ini menyediakan aneka jenis binatang yang bisa menjadi arena belajar bagi anak-anak untuk mengenal berbagai binatang.

Baca juga  5 Tempat Wisata Kekinian di Medan dan Sekitarnya

Salah satu yang paling keren di sini adalah Bird Aviary-nya yang besar banget dan keren, dengan banyak burung cantik di dalamnya. Selain itu, pengunjung juga bisa makan siang bersama singa atau ngemil bareng kucing-kucing lucu di Neko Cat Cafe.

5. Orchid Forest Cikole

Tempat wisata di Bandung

Orchid Forest Cikole. Foto: Indisde

Selanjutnya, tempat wisata di Bandung ada Orchid Forest yang berlokasi di Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Kami pun pernah ke sini naik Hyundai Ioniq 5. Sensasi yang begitu menyenangkan bisa mengendarai mobil listrik sekaligus menikmati wisata alam yang ada di Bandung.

Istimewanya lagi, konsumsi baterai Ioniq 5 saat dibawa dari Jakarta ke Cikole, Bandung masih sangat banyak. Kami berangkat dari Jakarta, baterai ada di angka 97 persen dan sampai di lokasi tujuan angka 55 persen. Padahal kami beberapa kali menggunakan mode sport agar tanjakan lebih asik dilalui.

Bila melihat kemampuan jelajah di atas kertas untuk varian Hyundai Ioniq 5 Signature Long Range, dengan baterai penuh bisa melaju hingga 451 Km. Dengan demikian, kalau masih sisa 55 persen berarti masih ada sekitar 255 Km lagi bisa dilaluinya. Jadi ketika mau pulang lagi ke Jakarta ke esokan harinya, mobil tidak perlu dicas dulu. Terlebih rute pulang dari Cikole ke Jakarta didominasi jalan turunan.

Orchid Forest Cikole adalah hutan anggrek terbesar di Indonesia. Tidak main-main, jumlah anggrek di sini diklaim mencapai 20 ribu tanaman. Selain anggrek, barisan pohon pinus yang ada di sana juga membuat pemandangan Orchid Forest Cikole menjadi sangat indah.

Selain menawarkan pemandangan hutan pinus dan anggrek, Orchid Forest Cikole juga memiliki tempat bermain golf, area bermain dengan kelinci, jembatan tali yang bersinar di malam hari, sampai horse ranch.

Baca juga  7 Tempat Wisata Hits di Malang, Ramah Anak dan Enak Naik Mobil!

6. Tebing Keraton

Tempat wisata di Bandung

Tebing Keraton. Foto: andophedia

Tebing Keraton adalah sebuah tebing yang menyuguhkan pemandangan hamparan hutan di area Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Kalau ingin merasakan pengalaman melihat lautan pohon yang hijau dari atas tebing, di sinilah tempatnya.

Menariknya, banyak pengunjung yang datang sekitar subuh untuk melihat matahari terbit di sini. Jadi pastikan kamu juga mencoba pengalaman tersebut saat liburan ke Bandung ya.

7. The Lodge Maribaya

Tempat wisata di Bandung

Lodge Maribaya. Foto: linimasaade

Tempat wisata di Bandung yang menarik dikunjungi berikutnya ada The Lodge Maribaya. Dengan wajah baru sejak 2016 lalu, The Lodge Maribaya menawarkan tempat wisata di Bandung yang ideal bagi keluarga yang menginginkan liburan unik.

Selain area camp di mana pengunjung bisa menginap di dalam tenda unik, The Lodge Maribaya juga menawarkan wahana yang menarik seperti Sky Tree, Gantole, Zip Bike, dan Mountain Swing.

8. Danau Sanghyang Heuleut

tempat wisata di Lembang - danau sanghyang heuleut

Danau sanghyang heuleut

Tempat wisata di Bandung berikutnya punya lokasi yang agak terpencil di atas bukit, hidden gem kalau kata anak zaman sekarang. Walau demikian, ketika sampai ke sana, pemandangan yang ditawarkan sangat eksotik.

Bicara asal-usul, Danau Sanghyang Heuleut diyakini berasal dari letusan gunung api purba, bernama Gunung Sunda. Letusan tersebu menghasilkan bebatuan besar yang membentuk seperti tebing batu. Kemudian cekungan di tengahnya kemudian dialiri air dari sungai Citarum lama, maka terbentuklah danau yang sangat indah.

Hanya saja untuk bisa tiba di Danau Sanghyang Heuleut, perlu berkorban. Maksudnya adalah menempuh perjalanan kaki sekitar 1 jam dari lokasi parkir mobil dekat PLTA Saguling. Lokasinya sendiri ada di Rajamandala Kulon, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Kalau datang ke sini, kamu akan dikenakan tarif parkir mobil Rp 10.000. Kemudian tiket masuknya per orang Rp 20 ribu.

Menariknya lagi dekat tempat wisata hits di Lembang tersebut, ada berbagai hidden gem lain seperti Gua Sanghyang Poek dan Gua Sanghyang Tikoro.

Moladiners, itulah ulasan mengenai beberapa tempat wisata hits dan kekinian di Bandung yang nyaman dijangkau mobil. Sebelum melakukan perjalanan, pastikan terlebih dahulu kondisi mobil dalam keadaan prima. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika