Sabtu, Mei 25, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

5 Tempat Wisata di Lampung dan Biaya Road Trip Naik Mobil!

by Firdaus Ali
Tempat wisata di Lampung

Berikut akan kami ulas mengenai beberapa tempat wisata di Lampung yang enak untuk dicapai naik mobil. Ini menarik untuk diketahui, lantaran Lampung tidak jauh dari Jakarta, tapi menawarkan lokasi berlibur yang beraneka ragam dari mulai museum, pantai, hingga wisata alam.

Provinsi Lampung terletak pada bagian sebelah paling ujung tenggara pulau Sumatera. Luas keseluruhan wilayah dalam provinsi Lampung adalah 35.376,50 km2. Punya wisata alam yang terkenal seperti Way Kambas, Pantai Sari Ringgung, hingga Bukit Batu Tumpang.

Provinsi Lampung memiliki ibukota bernama Bandar Lampung yang merupakan gabungan dari kota kembar Tanjungkarang dan Telukbetung, memiliki wilayah yang relatif luas, dan menyimpan potensi kelautan. Pelabuhan utamanya bernama Panjang dan Bakauheni serta pelabuhan nelayan seperti Pasar Ikan (Telukbetung), Tarahan, dan Kalianda di Teluk Lampung.

Kembali ke ulasan tempat wisata di Lampung. Dalam artikel ini kami akan bahas beberapa tempat wisata yang menarik dikunjungi dan tentunya bisa dijangkau menggunakan mobil pribadi. Serta kira-kira berapa biaya road trip Jakarta-Lampung? Berikut informasinya:

1. Museum Lampung

Tempat wisata di Lampung

Museum Lampung. Foto: Istimewa

Tempat wisata di Lampung yang pertama adalah Museum Lampung yang berlokasi di Jalan ZA. Pagaralam, dekat underpass Unila. Tidak jauh dari Universitas Lampung dan terminal Rajabasa, Kota Bandar Lampung.

Jadi, lokasinya dekat dengan pusat kota. Kalau kamu naik mobil ke Museum Lampung, cukup ambil arah ke utara sekitar 11,2 Km atau 25 menit dari pusat kota Bandar Lampung, maka akan sampai. Museum ini merupakan museum pertama dan terbesar di provinsi Lampung dan merupakan kebanggaan pemerintah provinsi Lampung.

Museum Lampung dibangun pada tahun anggaran 1978/1979 dan memiliki koleksi benda-benda sejarah dan kebudayaan Lampung yang sangat beragam. Pengunjung dapat melihat berbagai macam koleksi mulai dari arca-arca kuno, pakaian adat, senjata tradisional, alat musik, dan benda-benda sejarah lainnya.

Selain itu, museum ini juga memiliki ruang pameran yang menampilkan berbagai jenis seni rupa seperti lukisan dan patung. Dengan koleksi yang lengkap dan beragam, Museum Lampung menjadi tempat yang penting untuk mengenal lebih jauh tentang sejarah dan budaya Lampung.

Untuk tiket masuk juga murah. Anak-anak hanya dikenakan tarif Rp 1.000, Dewasa Rp 5.000 dan pelajar Rp 2.000. Kemudian untuk jam operasionalnya mulai pukul 8 pagi hingga 2 siang, kemudian untuk hari Jumat buka jam 8 pagi hingga jam setengah 11 siang. Oh ya, untuk hari libur nasional tutup.

Baca juga  7 Rekomendasi Tempat Wisata Kekinian di Lembang yang Ramah Mobil!

2. Taman Nasional Way Kambas

Tempat wisata di Lampung

Taman Nasional Way Kambas. Foto: Istimewa

Taman Nasional Way kambas juga salah satu tempat wisata di Lampung yang menarik untuk dikunjungi. Lokasinya berada di Raja Basa Lama, Labuhan Ratu, Kabupaten Lampung Timur. Dari Bandar lampung, kalau kamu naik mobil dibutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan jarak tempuh 90,2 kilometer, menempuh perjalanan ke arah timur laut.

Taman Nasional Way Kambas merupakan tempat konservasi Gajah Sumatera yang mulai langka di habitat aslinya, hutan Sumatera. Taman Nasional ini mempunyai luas area mencapai 1.300 km persegi.

Selain Gajah, fauna yang hampir punah juga dikembangbiakkan di sini, seperti Badak Sumatera, Harimau Sumatera, dan Buaya Sepit di area khusus. Jika beruntung, wisatawan dapat menyaksikan Bangau Tongtong bertengger di atas dahan atau beberapa burung yang menjadikan taman ini sebagai rumahnya.

Untuk harga tiket masuk ke kawasan ini murah, hanya Rp 7 ribu per orang. Kemudian jika ingin menaiki Gajah dikenakan tarif Rp 20 ribu untuk satu putaran (sekitar 50 meter). Jam operasional mulai pukul 8 pagi hingga 6 petang.

3. Pantai Sari Ringgung

Tempat wisata di Lampung

Pantai Sari Ringgung. Foto: Istimewa

Tempat wisata di Lampung berikutnya adalah Pantai Sari Ringgung yang berlokasi di Jalan Way Ratai KM.14, Desa Sidodadi, Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Adapun untuk menuju tempat ini naik mobil, hanya dibutuhkan waktu sekitar 45 menit dan jarak 16,2 km dari Bandar lampung ke arah Selatan.

Di Pantai Sari Ringgung, wisatwan dapat berenang, berfoto dengan latar pemandangan yang indah, bersantai sambil berbaring dengan bantal pasir di pinggir pantai, serta bisa menyewa wahana seperti banana boat, speedboat, kano, dan jetski.

Untuk bisa masuk ke kawasan wisata Pantai Sari Ringgung, pengunjungdikenakan tiket Rp. 20.000 per orang. Biaya parkir motor sebesar Rp. 5.000 dan untuk mobil Rp. 10.000. Sementara untuk jam operasionalnya mulai buka dari jam 6 pagi hingga 5 sore.

Baca juga  7 Tempat Wisata di Garut yang Hits, Ramah Mobil!

4. Bukit Aslan

Tempat wisata di Lampung

Bukit Aslan. Foto: Istimewa

Bukit Aslan juga bisa menjadi tempat wisata di Lampung yang menarik untuk dikunjungi. Lokasinya berada di Jalan Bukit Aslan No.2, Way Gubak, Sukabumi, Bandar Lampung. Dekat dengan pusat kota, kamu cukup naik mobil ke arah timur laut sejauh 11 Km atau sekitar 30 menit.

Bukit Aslan adalah sebuah tempat wisata seluas sekitar 10 hektar di ketinggian Bukit Way Gubak Kota Bandar Lampung. Menyuguhkan pemandangan Kota Bandar Lampung, Teluk Lampung, dan perbukitan Pesawaran di kejauhan.

Pengunjung bisa duduk-duduk di berbagai sudut di tempat yang didesain unik dan menarik. Atau duduk-duduk di foodcourtnya untuk menikmati berbagai suguhan makanan dan minuman.

Salah satu ikon di Wisata Bukit Aslan adalah instalasi multidimensi. Sebuah nstalasi seni berbagai bentuk abstarak dengan berbagai ukuran. Dan ada beberapa patung yang diukir dengan beberapa kata dengan kandungan filosofi hidup.

Tiket masuknya juga masih relatif terjangkau, yaitu Rp 35 ribu untuk weekdays dan Rp 45 ribu untuk weekend. Oh ya, tempat ini juga menyediakan tenda jika ingin camping. Harga sewa tendanya juga murah, Rp 20 ribu.

Oh ya, untuk operasionalnya dibuka mulai jam 2 siang hingga 10 malam untuk hari Selasa sampai Sabtu. Kemudian untuk hari Minggu dan hari libur nasional buka dari jam 10 pagi hingga 10 malam. Sedangkan hari Senin tutup.

5. Bukit Batu Tumpang

Tempat wisata di Lampung

Bukit Batu Tumpang. Foto: Istimewa

Tempat wisata di Lampung selanjutnya ada Bukit Batu Tumpang yang berlokasi di Desa Payung Rejo kecamatan Pubian Lampung Tengah. Dari Bandar Lampung kalau naik mobil, jaraknya sekitar 76,7 km dengan waktu tempuh kurang lebih 2,5 jam.

Memasuki tempat wisata Bukit Batu Tumpang tidak dikenakan biaya alias gratis. Namun begitu, pengunjung dikenakan tarif parkir mobil Rp 10 ribu dan sepeda motor Rp 5 ribu.

Bukit Batu Tumpang merupakan fenomena alam yang terjadi secara alami. Sebab, pada bongkahan batu besar di atas bukit itu terdapat lafadz Allah dalam huruf Arab. Tak heran bila banyak wisatawan yang menarik dan penasaran untuk datang ke tempat tersebut.

Baca juga  6 Tempat Wisata Hits di Jakarta yang Ramah Mobil

Hal lain yang menarik dari Bukit Batu Tumpang adalah lokasi ini didesain dengan nuansa colorful sehingga banyak spot foto yang bisa dimanfaatkan oleh wisatawan berfoto ria. Selain itu, pengunjung juga bisa berfoto di atas bukit dengan keindahan alam yang indah.

Ada pula beberapa spot foto, seperti area sky tracking. Area ini merupakan jembatan bambu yang dijadikan sebagai akses jalan. Pengunjung bisa berfoto di jembatan itu dengan pemandangan dari ketinggian. Selain itu ada juga love sign. Untuk spot ini terlihat sangat kreatif dengan memanfaatkan benda dengan bentuk silinder. Kemudian, disusun secara rapi hingga membentuk love sign. Di bagian tengah terdapat ikon huruf batu tumpang.

Biaya Roadtrip Dari Jakarta ke Lampung

Tempat wisata di Lampung

Gerbang tol Merak. Foto: Istimewa

Setelah membahas beberapa tempat wisata di Lampung, selanjutnya kami akan menginformasikan biaya yang dibutuhkan menggunakan mobil pribadi dari Jakarta ke Lampung. Ya Road trip ke Lampung merupakan salah satu hal yang banyak dilakukan oleh orang Jakarta.

Apalagi jarak dari Jakarta ke Lampung sekitar 355 kilometer dengan waktu yang dibutuhkan sekitar 7,5 jam melalui Jalan Tol Merak dan naik kapal melalui pelabuhan Merak. Namun, berapa biaya yang dibutuhkan?

Untuk menghitung biaya roadtrip dari Jakarta ke Lampung, kami akan mensimulasikan menggunakan mobil dengan kapasitas mesin 1.500 cc yang konsumsi bahan bakarnya rata-rata 1 liter :10 Km. Kemudian untuk BBM BBM jenis Pertalite yang harga per liternya Rp 10 ribu.

Hasilnya, untuk biaya BBM dari Jakarta ke Lampung sebesar Rp 355 ribu. Kemudian untuk biaya tol golongan 1 melalui tol dalam kota hingga ke Pelabuhan Merak sebesar Rp 61.500. Selanjutnya, untuk biaya penyeberangan menggunakan kapal fery dari Merak ke Bakauheni tarifnya Rp 644.000. Jadi, jika ditotal semuanya dibutuhkan biaya sekitar Rp 1.060.500.

Kalau kamu road trip Jakarta Lampung pulang pergi, setidaknya butuh Rp 2 jutaan. Itulah tadi bahasan soal tempat wisata di Lampung serta biaya road tripnya. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika