Thursday, February 9, 2023
Banner

5 Tempat Wisata Hits di Tangerang, Mudah Dijangkau Mobil

by Firdaus Ali
Tempat wisata di Tangerang

Ada beberapa tempat wisata di Tangerang, Banten yang menarik untuk dikunjungi dan mudah dijangkau dengan mobil. Menariknya, lokasi liburan hits itu juga asyik jika dinikmati bersama keluarga.

Tangerang yang lokasinya tidak jauh dari Ibu Kota Jakarta, ternyata mempunyai beberapa tempat wisata yang menarik. Beberapa diantaranya terletak di wilayah Tangerang Selatan, Tangerang Kota, hingga Kabupaten Tangerang.

Oleh karenanya, jangan berpikir liburan di Tangerang cuma berisi mal dan tempat makan. Ada pula lokasi wisata kekinian yang berisikan pesona alam seperti Pulau Cangkir serta Tebing Koja. Bisa dikatakan, keduanya adalah hidden gem, lantaran belum banyak yang tahu.

Nah, biar tidak penasaran, mari kita simak ulasan beberapa tempat wisata hits di Tangerang berikut ini.

1. The Breeze

Tempat wisata di Tangerang

The Breeze. Foto: Istimewa

Tempat wisata di Tangerang yang pertama adalah The Breeze yang berlokasi di wilayah Bumi Serpong Damai (BSD) Green Office Park. Karena lokasinya masih terbilang di tengah kota, untuk berkunjung ke The Breeze bisa dengan mobil sedan atau city car.

Dari Jakarta, kamu cukup masuk Tol Jakarta – Tangerang. Lalu keluar tol Tangerang, ambil arah BSD. The Breeze tepatnya di Jl. BSD Grand Boulevard, BSD City, Kab. Tangerang, Banten.

Buat kamu yang belum tahu, The Breeze merupakan open air lifestyle & entertainment center pertama di Indonesia. Tempat ini memiliki fasilitas cukup komplit. Ada restoran, kafe, tempat bermain anak serta pusat perbelanjaan. Oh ya, di hari tertentu seperti Weekend, The Breeze sebagai lokasi wisata kekinian di Tangerang juga menyajikan live music.

Baca juga  8 Tempat Wisata Kekinian di Bogor yang Nyaman Dijangkau Mobil

2. Scientia Park

Tempat wisata di Tangerang

Scientia Park

Tempat wisata hits di Tangerang selanjutnya ada Scientia Park yang berlokasi di Jalan Scientia Boulevard, Curug Sangereng, Kabupaten Tangerang. Untuk sampai ke tempat ini dari Jakarta dibutuhkan waktu 45 menit melalui Jalan Tol Jakarta – Tangerang dengan jarak 35 kilometer.

Di tempat ini banyak permainan yang bisa dinikmati bersama keluarga. Antara lain safari, paket petualangan, memancing, bermain di taman air, panjat tebing, menunggang kuda, hingga memberi makan binatang, dan permainan menarik lainnya.

Soal tiket, Scientia Park mengenakan tarif Rp 95 ribu per orang. Atau jika ingin membeli paket bulanan dikenakan harga Rp 650 ribu (valid 3 bulan) dan Rp 300 ribu (valid 1 bulan). Tak hanya tiket harian dan bulanan, ada pula paket annual pass untuk 1 tahun dengan harga Rp 900 ribu.

Kelebihan jika membeli paket bulanan atau 1 tahun tersebut adalah pengunjung membeli paket bulanan atau tahunan tersebut, mereka bisa bebas untuk datang setiap hari dan menikmati permainan yang ada. Oh ya, paket tersebut berlaku untuk 1 orang.

3. Ocean Park BSD

Tempat wisata di Tangerang

Ocean Park BSD. Foto: Istimewa

Ocean Park BSD juga merupakan salah satu tempat wisata di Tangerang yang asyik jika dinikmati bersama keluarga. Sesuai namanya, tempat ini menyuguhkan kolam renang dengan berbagai permainan.

Baca juga  7 Rekomendasi Tempat Wisata Kekinian di Lembang yang Ramah Mobil!

Lokasinya tidak jauh dari The Breeze, lebih tepatnya ada di CBD Area Jalan Pahlawan Seribu, Lengkong Gudang, Serpong, Tangerang Selatan. Kemudian, untuk tiket masuknya dikenakan tarif Rp 105 ribu per orang, dan untuk jam operasional mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB.

4. Pulau Cangkir

Tempat wisata di Tangerang

Pulau Cangkir. Foto: Istimewa

Tempat wisata hits di Tangerang berikutnya ada Pulau Cangkir yang lokasinya ada di Desa Kronjo, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang. Jarak tempuh ke sana sekitar 25 kilometer dari Kota Tangerang atau sekitar 1,5 jam perjalanan. Kawasan pulau Cangkir sendiri mempunyai luas 4,5 hektar.

Pulau Cangkir ini juga terkenal dengan wisata religi  atau ziarah. Sebab di tengah pulau tersebut terdapat makam Pangeran Jaga Lautan yang bernama asli Syekh Waliyuddin. Beliau merupakan seorang ulama besar yang berasal dari Banten.

Selain wisata religi, Pulau Cangkir juga menawarkan panorama hutan mangrove yang tersebar di sepanjang jalur menuju pulau. Pengunjung juga dapat mengamati kehidupan sehari-hari nelayan mulai dari merawat kapal hingga mengolah hasil tangkapan. Ada pula galangan untuk membuat atau memperbaiki kapal para nelayan.

Mengenai tarif masuk ke Pulau Cangkir dikenakan Rp 20 ribu. Kemudian untuk parkir mobil dkenakan biaya Rp 10 ribu. Adapun lokasi parkirnya tidak jauh dari jembatan atau jalan menyebrang ke Pulau Cangkir.

Baca juga  6 Tempat Wisata Hits di Jakarta yang Ramah Mobil

5. Tebing Koja

Pulau Cangkir

Tebing Koja. Foto: Istimewa

Berikutnya, tempat wisata di Tangerang ada Tebing Koja yang lokasinya berada di Cireundeu, Cikuya, Solear, Tangerang, Banten. Untuk jam operasionalnya dibuka setiap hari mulai pukul 05.00 WIB sampai 18.00 WIB.

Tempat ini berjarak 42 kilometer dari Kota Tangerang dan membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk sampai di Tebing Koja. Asal-usulnya cukup unik, karena berasal dari area bekas tambang pasir yang sudah lama tidak aktif. Dampak dari penambangan pasir tidak aktif itu menyisakan berupa tebing-tebing kapur menjulang tinggi dan kokoh secara acak namun terlihat cantik.

Bagian dasar tebing, terisi oleh air berwarna hijau dimana sumber airnya berasal dari air hujan yang makin menambah keeksotisan panorama Tebing Koja. Pemandangan tebing tersebut tentunya sangat menarik untuk berswa foto dengan latar tebing dan sunset jika datang di sore hari. Hasil fotonya tentu akan Instagramable.

Oh ya, untuk memasuki wilayah wisata alam kekinian ini, pengunjung dikenakan tarif tiket Rp. 3.000 per orang, maka pengunjung pun dapat menikmati pesona alam tebing dan bebas berfoto ria. Bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 2.000 untuk sepeda motor.

Moladiners, itulah ulasan beberapa tempat wisata di Tangerang yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga menggunakan mobil pribadi. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika