Jumat, April 19, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Test Drive Chery Omoda 5 GT FWD, Menanjak ke Ketinggian 1.400 MDPL

by Tigor Sihombing
Penjualan OMODA

Kali ini Moladin mencoba lakukan test drive Chery Omoda 5 GT FWD, dengan membawanya menanjak ke ketinggian 1.400 meter di atas permukaan air laut (MDPL).

Sebelumnya perlu kita ketahui jika Chery Omoda 5 GT memiliki dua varian yakni versi FWD dan AWD. Perbedaan yang paling mencolok adalah dalam jumlah roda yang digerakkan.

Sebelum mengulas lebih detail sensasi test drive Chery Omoda 5 GT FWD, mobil in sejatinya menggunakan pilihan gerak roda 4×2 dan AWD 4×4. Selain itu, terdapat perbedaan dalam beberapa bagian yang dirancang secara berbeda guna mendukung karakteristik masing-masing varian.

Misal setup kaki-kaki, di mana Omoda 5 GT FWD menggunakan pelek berukuran 18 inci dengan warna gelap yang berkilau. Sementara itu, varian AWD hadir dengan pelek yang lebih besar, berukuran 19 inci, dan dilapis warna hitam matte.

Perbedaan lainnya adalah penyesuaian setingan suspensi untuk mendukung pengalaman berkendara masing-masing varian.

interior chery omoda 5 - dashboard
Kehadiran 8 Speaker Premium dari Sony jadi salah satu keunggulan Chery Omoda 5

Masuk ke dalam kabin, tidak terdapat perbedaan signifikan antara kedua varian. Namun, pada Omoda 5 GT AWD, terdapat peningkatan daya charging nirkabel hingga 50 Watt, serta penambahan fitur Driving Monitoring System yang mampu mendeteksi ekspresi wajah pengemudi.

Fitur ini akan memberikan notifikasi jika pengemudi terlihat kurang fokus atau jika terdeteksi adanya perubahan pola berkendara, mengingatkan pengemudi untuk beristirahat.

Baca juga  Test Drive Omoda 5 EV langsung di China, Sprint 130 km/jam di Trek Pendek!

Perbedaan fitur yang mencolok lainnya adalah dalam mode berkendara. Omoda 5 GT AWD dilengkapi dengan enam mode, termasuk normal, eco, sport, mud, snow, dan offroad. Sementara itu, Omoda 5 GT FWD hanya hadir dengan mode normal, eco, dan sport.

Keberadaan mode tambahan pada varian AWD ini memberikan traksi dan grip ban yang optimal di berbagai medan jalan, sehingga memudahkan pengendaraan.

Sensasi Mengemudi Test Drive Chery Omoda 5 GT FWD

Untuk menguji kemampuannya secara menyeluruh, Moladin memutuskan untuk mengambil langkah lebih jauh, menguji mobil ini untuk pergi menuju tempat wisata Cikole, Lembang, Bandung yang berada di ketinggian 1400 meter di atas permukaan laut.

Menghadapi tantangan test drive di ketinggian yang lebih tinggi bukanlah hal yang mudah. Karena pada jalan menanjaklah sesungguhnya performa mesin dari SUV Rp 400 jutaan ini akan diuji.

Sebelum melaju, kami dihadapkan dengan interior mobil yang modern dan ergonomis. Desain panel instrumen terorganisir dengan baik memberikan pengalaman mengemudi yang nyaman.

Adapun mobil kami isi dengan 2 orang penumpang dewasa, 2 anak dan barang-barang bawaan yang diletakan dibagasi belakang.

Baca juga  Sensasi Test Drive Mitsubishi XForce di IIMS 2024

Langsung saja mobil ini kami gas menuju tol Jakarta Subang. Saat di tol mobil ini merespons dengan cepat dan memberikan akselerasi yang kuat pada tiap urutan gas yang diinjak.

Transmisi otomatis yang mulus membuat perjalanan terasa lancar meskipun melalui jalan berkelok dan menanjak. Selain itu mode berkendara Sport menjadi favorti di rute ini untuk mengetes kemampuan akselerasi OMODA 5 GT.

Omoda 5 GT vs RZ
Mesin Chery Omoda 5 GT pakai 1.600 cc TGDI

Selepas tol, kami keluar di Subang utnuk menuju Cikole, Lembang Bandung, dimana jalan banyak menanjak dan menikung curam. Yang kami rasakan, mobil dengan mudah menyalip kendaraan meski di kondisi tanjakan dan berbelok.

Hal ini tentu saja berkat penggunaan mesin 1.600 cc Turbo yang mampu menyalurkan tenaga 197 Hp dan torsi maksimal hingga 290 Nm. Selain itu penggunaan transmisi DCT (Dual Clutch) yang notabene mengandalkan dua transmisi manual yang dikendalikan oleh komputer dan sepasang kopling otomatis ini membuat mobil begitu respinsif. Begitu padat sejak putaran bawah.

Namun, yang benar-benar mengesankan adalah stabilitasnya di tikungan tajam dan kemiringan. Sistem suspensi dan pengaturan kemudi yang presisi memberikan kendali yang luar biasa. OMODA 5 GT FWD tetap stabil bahkan dalam situasi menantang.

Fitur Blind Spot dan kamera 360 Derajat Sangat Membantu

Tidak hanya itu, fitur-fitur keamanan canggih seperti pengereman otomatis dan sistem pengawasan blind spot memberikan kepercayaan diri tambahan kepada pengemudi di jalan yang penuh tantangan.

Baca juga  Sensasi Test Drive Nissan Ariya dan Sakura, Pertama di Indonesia dan Siap Dijual

Saat perjalanan liburan, dimana pengguna sering parkir di tempata-tempat baru yang belum pernah dikuasai fitur kamera 360 derajat sangat kembatu dalam mengawasi area sekeliling mobil.

Dengan adanya fitur kamera 360 pada OMODA 5 GT FWD pengemudi dapat memiliki pandangan yang lebih baik tentang lingkungan sekitar mobil. Ini membantu dalam menghindari kecelakaan, terutama saat melakukan manuver parkir atau berbelok.

Apa lagi saat liburan bersama anak, fitur kamera 360 dapat membantu dalam memantau keadaan anak untuk memastikan tidak berada di sekitar mobil.

Dengan kombinasi performa tangguh, stabilitas yang luar biasa, dan kenyamanan yang mewah, mobil ini menjadi pilihan sempurna untuk petualangan di jalanan pegunungan atau kebutuhan harian di perkotaan. Demikian ulasan terkait Test Drive OMODA 5 GT FWD. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru septar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika