Selasa, Februari 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Test Drive Omoda 5 EV langsung di China, Sprint 130 km/jam di Trek Pendek!

by Tigor Sihombing
Test Drive Omoda 5 EV langsung di China

Moladin di beri kesempatan untuk langsung melakukan test drive Omoda 5 EV langsung di China, yang merupakan pabrik perakitan Chery di kota Wuhu, pada 18 Oktober 2023 lalu.

Chery Omoda 5 EV merupakan sebuah SUV bertenaga baterai yang telah mendapatkan banyak perhatian karena desain futuristiknya dan teknologi canggih yang disematkan produsen otomotif terkemuka di China trsebut

Sebelum mengulik pengalaman test drive Moladin, penting untuk diketahui mobil ini di China sendiri dinamai Omoda E5 dan mengadopsi setir kiri.

Karena mobil ini adalah produk global, jadi dari tampilan eksterior dan interior, tidak ada perbedaan antara Omoda 5 EV (versi Indonesia) dan Chery Omoda E5 (versi China).

Yang membedakan hanyalah posisi setir Omoda E5 yang berada di sebelah kiri. Posisi panel instrumen pun tidak ada yang berbeda dengan Omoda 5 EV yang ditampilkan di Indonesia.

Interior Terasa Mewah

test drive Omoda 5 EV langsung di China

Untuk awal Moladin mencoba menjadi penumpang depan dari Chery Omoda 5 EV. Moladin disopiri oleh rekan dari media lain dari Indonesia yang juga menjadi tamu undangan Chery.

Duduk pada posisi penumpang depan Chery Omoda 5 EV terasa begitu spesial. Kesan pertamanya begitu nyaman, seperti duduk di kursi mobil Eropa.

Baca juga  Hasil Uji Tabrak Chery OMODA 5, Seberapa Aman?

Kursi penumpangnya besar, terasa memeluk badan dengan mantap dan nyaman. Selain itu, penumpang depan juga terasa semakin personal, dengan adanya konsole box tengah yang membatasi antara penumpang dan sopir depan.

Di konsole box tengah tersebut terdapat laci penyimpanan dan tombol minimalis yang berguna sebagai electric parking brake.

Secara keseluruhan bahan interiornya pun tidak sembarang. Memadukan material plastik, aksen kayu dan soft touch yang terasa berkelas.

Apa lagi dengan monitor melengkung 24,6 inci inovatif, yang mampu menampilkan sederatan fitur aktif dan bisa menampilan ragam hiburan yang terkoneksi dengan internet.

Tidak sampai di situ, di kursi penumpang depan juga tersedia pengaturan kursi full elektrik berbagai arah juga menjadi fitur wajib bagi mobil yang digadang-gadang akan dipasarkan di Indonesia dengan range harga Rp 600-700 jutaan ini.

Omoda 5 EV juga dibekali dengan sun roof besar yang bisa membagi cahaya matahari dan panorama hingga baris belakang.

Kursi Kemudi Nyaman

test drive Omoda 5 EV langsung di China

Selanjutnya Moladin mencoba mengendarai Chery Omoda 5 EV, dengan duduk di kursi kemudi. Yang menarik dari mobil listrik modern ini adalah tidak ada tombol-tombol berlebih yang biasanya bersarang di kemudi.

Baca juga  Yun Shenchu, Robot Anjing yang Bakal Jadi Merchandise Resmi Chery

Teknologi tombol-tombol kontrol dan volume ini sudah selangka lebih maju dengan menggunakan teknologi touch screen digital. Lingkar kemudi terasa nyaman dan mewah digenggam lantaran telah dibalut kulit dengan jahitan tangan.

Bantingan Suspensi

test drive Omoda 5 EV langsung di China

Saat melewati medan batu yang sedikit kecil dengen kecepatan di bawah 30 km/jam, kondisi di dalam kabin tidak terlalu terasa goncangan, hal ini menandakan Chery Omoda 5 EV memiliki peredaman suspensi yang baik.

Selanjutnya Moladin coba menjadlankan mobil, dengan memutar tuas porsneling ke posisi D yang berada di balik setir. Mobil terasa sangat smooth, dan gas ringan diinjak.

Oya Moladin sendiri melakukan pengetesan di sirkuit pengujian di pabrik Cheri. Sirkuit berjarak kurang lebih 1 km ini biasa digunakan utnuk menguji singkat kualitas mobil Chery setelah keluar dari pabrik.

Maka tidak heran banyak berbagai contoh kondisi jalan di pabrik ini. Mulai dari jalan kasar, berbatu, berlubang, radius putar, hingga akselerasi.

Dalam mencoba bantingan suspensi, Chery Omoda 5 EV terasa empuk, selain itu ground clearence terasa sedikit lebih renda di banding versi bensin.

Dengan begitu, jika wajar, mobil ini tersa lebih nyaman dikendalikan di banding versi Omoda 5 bensin yang penah Moladin lakukan.

Baca juga  Chery Siap Buka Pemesanan Omoda 5 EV, Catat Tanggalnya!

Saat melewati medan batu yang sedikit kecil dengen kecepatan di bawah 30 km/jam, kondisi di dalam kabin tidak terlalu terasa goncangan, hal ini menandakan Chery Omoda 5 EV memiliki peredaman suspensi yang baik.

Begitu pun saat mencoba di medan simulasi bebatuan sedikit besar. Rebound balik dari suspensi masih tergolong nyaman.

Akselerasi di Lintasan Pendek

Tibalah Moladin pada test akselerasi. Terlihat di dapan jalan lurus panjang berukuran kurang lebih 200 meter.

Untuk membutikan performa Omoda 5 EV yang diklaim mampu melaju sekitar 7 detik untuk mencapai angkan. 100 km/jam. Moladin langusung menggesar Mode berkendara ke Sport.

Benar saja, ketika gas di kick down mobil melesat, dengan mengeluarkan dencitan ban hingga dua kali lalu setelahnya mobil melesat dengan angka 130 km/jam di bawah 10 detik denga jarak kurang dari 200 meter. 

Nah yang menarik disini adalah saat pengeraman. Performa rem sangat baik, dalam kecepatan penuh tersebut mobil mampu mengurangi kecepatan singkat tanpa membuang body.

Demikian ulasan terkait test drive Chery Omoda 5 EV di pabrik perakitan Wuhu, China. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika