by

Test Ride Yamaha MT-15: Motor Sombong! (Bag. 1)

Hasil test ride Yamaha MT-15 yang kami lakukan, membuktikan inilah motor sombong. Bagaimana tidak? Harganya paling mahal di kelas naked sport 150cc, mencapai Rp36.265 juta (OTR Jakarta). Dengan banderol tersebut, kamu bolehlah sombong bila telah memilikinya.

Kesombongan lain dari motor ini dapat terpancar lewat desain. Lihat saja aura angkuh parasnya yang seperti predator. Tidak ada kompetitor yang menyerupainya sama sekali.

Bodi MT-15 juga paling kekar dan padat. Ditambah penggunaan suspensi depan upside down bertabung besar. Ada pula rangka deltabox dengan banana swing arm yang jadi pembeda. Ukuran bannya pun paling lebar, pakai 110/70-17 inci di depan dan 140/70-17 inci di belakang.

Ketika menungganginya, saya yang berpostur 168cm sebenarnya agak kewalahan. Maklum joknya cukup tinggi mencapai 810 mm, menjadikan kaki harus jinjit. Meski demikian, obatnya cuma satu yaitu rasa percaya diri. Lama-lama juga terbiasa.

Posisi berkendara Yamaha MT-15 pun membuat saya jadi semakin sombong. Dimensi setang lebar membuat tangan jadi terbuka luas, otomatis dada membusung. Kemudian untuk posisi pijakan kaki, posisinya agak ke belakang ala motor sport.

Baca juga  5 Kekurangan Yamaha R25, Layak Dibeli?

Daftar Harga Motor Naked Sport Yamaha di Indonesia

Produk Kelebihan Harga
Yamaha Vixion R Cocok untuk harian Cek promo di sini!
Yamaha MT-15 Desain kekar dan berotot Cek promo di sini!
Yamaha XSR155 Desain retro Cek promo di sini!

Hasil Test Ride Yamaha MT-15, Mesinnya Irit!

test ride yamaha mt 15 001
Motor ini punya paras layaknya predator

Soal mesin tidak perlu diragukan, Yamaha MT-15 punya kapasitas paling besar dibanding kompetitor yaitu 155cc. Ada pula teknologi katup variabel (VVA) untuk memberi performa maksimal di setiap rentang putaran mesin.

Alhasil Yamaha MT-15 punya performa mesin paling baik di kelasnya. Torsi puncak mencapai 14,7 Nm pada 8.500 rpm dan tenaga maksimal 19 hp pada 10.000 rpm.

Kehadiran VVA bisa dirasakan saat melibas tanjakan atau menyalip kendaraan besar. Dengan VVA, motor seperti mendapat tambahan tenaga pada putaran mesin atas, tepatnya setelah 7.000 rpm. Tidak terlalu besar sih, tapi cukup membantu.

Bukan hanya meningkatkan performa, VVA pun membuat kuda besi ini irit. Hasil test ride Yamaha MT-15 membuktikan bahwa konsumsi bahan bakar rata-ratanya mencapai 45 Kpl.

Baca juga  5 Prediksi Yamaha R25 V3, Berubah Total!

Kelebihan lain, pabrikan garputala memberi fitur assist & slipper clutch di transmisinya. Assist berefek ke kopling yang ringan ketika ditekan. Sementara slipper clutch mencegah roda belakang selip saat pengendara menurunkan gigi transmisi terlalu cepat.

Baca juga:

Motor Sangat Stabil Saat Bermanuver Cepat

test ride yamaha mt-15
Ban depan 110/70-17 inci dan belakang 140/70-17 inci, paling lebar di kelasnya

Rasa berkendara dengan Yamaha MT-15 memang istimewa. Motor terasa stabil saat dipacu cepat, bahkan ketika bermanuver sekalipun. Hal ini merupakan efek kehadiran karakter suspensi yang agak kaku dan ban tapak lebar.

Ban lebar juga terasa nyaman ketika dipakai melewati jalan bergelombang. Lubang-lubang kecil jadi tidak terasa. Hajar saja tanpa ragu dengan motor ini.

Kurangnya, saat diajak berkendara di kemacetan dalam kota. Ban lebar dan suspensi besar menjadikan kurang luwes selap-selip. Ditambah lagi, setangnya cukup lebar… (bersambung)

Jika kamu tertarik membeli Yamaha MT-15 dengan DP ringan dan berbagai promo lain, langsung cek di sini!

Baca juga  Vario 125 CBS atau Mio M3 AKS SSS, Pilih Mana?

Terbaru