by

Tips Atasi Rem Cakram Seret, Ternyata Ini Penyebabnya!

-Bengkel-278 views

Haloo sobat Moladiners. Akhir-akhir ini rem depan motor Jinny berasa seret kecuali pas kondisi motor diam statis. Padahal nih ya sob, sebelumnya bagian sil master rem Jinny udah dibersihin gak lama waktu itu, artikelnya ada disini. Apa kalian juga pernah mengalami hal yang seperti ini brosis? Tau gak, ternyata penyebabnya adalah as floating kaliper yang kotor. Hal semacam ini berlaku untuk kaliper berjenis floating. Nggak percaya? Baca dulu nih penjelasan serta tips atasi rem cakram seret dari mas Didin yang punya bengkel Global Jaya Motor yang beralamat di Ciledug ini.

Penyebab Rem Cakram Seret

penyebab rem cakram seret
Jika Komponen Tersebut Kotor, Kaliper Tidak Bisa Bergerak Bebas Mengikuti Cakram

 

Kampas rem cakram di motor apa saja, seperti Yamaha Lexi, Suzuki GSX-R150, Vespa Primavera, dan lain-lain, punya fungsi krusial dalam sistem pengereman pada motor, jika sudah habis atau ada kesalahan pemasangan, besar kemungkinan hal buruk bakal terjadi. Namun nyatanya, masih ada mekanik yang salah kaprah dalam proses penggantian kampas rem cakram, terutama untuk rem cakram belakang.

Baca juga  11 Motor Honda yang Bisa Kamu Pilih dengan DP mulai 2 Jutaan

Sebab dalam proses penggantian kanvas rem sering kali kaliper nggak dilepas dari dudukannya, sob. Padahal nih ya, terdapat bagian pada kaliper yang harus rutin dibersihkan dan diberi gemuk, yaitu as floating kaliper. Jika bagian ini nggak dibersihin, yakin deh kotoran dan debu bakal makin menumpuk disana. Berdalih biar cepet, sebab memang agak repot melepas kaliper belakang yang diharuskan bongkar as roda untuk melepas bagian ini.  Apalagi model rem cakram belakang motor jaman sekarang yang as kalipernya menyatu dudukannya.

Nah, dari situlah muncul masalah rem cakram yang seret karena berawal dari hal sepele seperti ini, brosis. Nggak sedikit orang yang merasakan motornya jadi makin berat saat didorong, padahal dalam kondisi statis, tuas rem terasa empuk.

Udah pada tau kan penyebabnya? Dan ternyata begini sob, tips atasi rem cakram seret, simak dibawah ini.

Motor Aman Dari Maling, Ini Keuntungan Pakai GPS Tracker!

Tips Mengatasi Rem Cakram Seret

rem cakram kotor
Bersihkan Komponen Kaliper Dari Kotoran Yang Menumpuk

 

Baca juga  Adu Performa CBR150R dan Yamaha R15, Hebat Mana?

Peran as floating kaliper ini sangat penting sob, sebab komponen ini bertugas sebagai jalur kaliper untuk bergerak. Agar kaliper dapat bekerja maksimal ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan.

Pertama, lebih baik melepas bracket atau dudukan kaliper saat proses penggantian kanvas rem. Hal ini juga bisa mencegah piringan cakram tidak bengkok saat merenggangkan piston kaliper.

Kedua, lepas kanvas rem lama terlebih dahulu sebelum pemasangan kanvas baru agar bracket bisa dilepas. Kemudian bersihkan juga baut as penahan kanvas rem apabila mengalami karat atau tertimbun kotoran.

Ketiga, lepas kaliper dari dudukan lalu kemudian lumasi as floating dengan gemuk atau grease.

Keempat, bersihkan bagian dalam kaliper tempat kanvas rem dengan bensin atau cairan pembersih lainnya.

Terakhir, pasang kembali kanvas yang baru dan kaliper pada kondisi semula.

Setelah semua tahap diatas terlaksana, coba brosis lakukan tes. Ingat ya guys, kanvas rem baru perlu adaptasi terlebih dahulu agar permukaan kanvas bisa melakukan kontak seluruhnya pada cakram. So, saat kanvas masih dalam kondisi baru, jangan memaksakan tes jalan dengan kecepatan tinggi.

Baca juga  Tips Pilih Bengkel Motor Sebelum Mudik

Buat kamu yang tertarik membeli motor baru dengan DP ringan dan berbagai promo lain, langsung saja klik link ini!

Baca juga artikel lainnya :

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru