by

Jangan Beli Honda Vario 150 Bekas, Sebelum Baca Ini!

Tips Beli Honda Vario 150 Bekas – Pamor Honda Vario 150 masih tinggi dan banyak peminatnya. Namun lantara harganya yang berkisar di atas Rp 20 jutaan, tak ayal butuh kocek lebih untuk meminangnya.

Betul, pembayaran bisa dicicil lewat perusahaan pembiayaan. Tapi buat sobat Moladin yang enggan mengangsur, membeli sepeda motor bekas jelas lebih murah. Walau sebenarnya, sepeda motor bekas juga bisa dicicil.

Apapun pilihan sobat, jangan terlalu terburu-buru saat berburu sepeda motor bekas. Agar tidak menyesal, perhatikan lima tips berikut ini:

1. Periksa Kelengkapan Surat

honda vario 150 bekas
Jangan serahkan BPKB sebelum dilakukan survei

Paling utama jelas, periksa kelengkapan surat kendaraan. Pastikan Honda Vario 150 Bekas yang hendak dibeli memiliki kelengkapan legalitas yang lengkap. Sama seperti motor baru, sepeda motor bekas juga harus dilengkapi dengan STNK (Surat Tanda Nomer Kendaraan), BPKB (Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor) dan nomer kendaraan yang asli. Bila berkas kelengkapan ini dipenuhi, barulah cek kondisi fisik kendaraan.

2. Cek Fisik Kendaraan

Honda Vario 150
Honda Vario 150 merupakan motor yang berbagi basis dengan Vario 125

Cek fisik kendaraan. Pastikan nomer rangka dan mesin sesuai dengan yang tertera di STNK dan BPKB. Kalau sudah, selanjutnya cek kondisi bodi. Perhatikan kondisi bodi yang mudah longgar, baret halus, hingga cat yang sudah tak orisinal. Lihat kondisi kehausan ban. Bila ban sudah gundul, artinya Sobat wajib menyiapkan dana tambahan untuk membeli sepasang ban baru

Baca juga  5 Kelebihan Honda Vario 125 Dibanding Yamaha Freego

Nyalakan kontak. Hidupkan semua lampu termasuk lampu sein dan lampu rem. Cek juga fungsi panel meter apakah jarum maupun layar digital masih beroperasi dengan sempurna. Catat untuk jadi pertimbangan bila jarum indikator kecepatan, bensin dan lainnya tidak berfungsi. Tak lupa bunyikan klakson. Bila ada yang kurang sempurna, mungkin ada kerusakan pada komponen tersebut atau pada sistem kelistrikan maupun kondisi baterai (aki) yang sudah lemah daya.

3. Cek Fitur Smart Key Alarm

Sistem kunci vario 150
Honda Vario 150 generasi terbaru sudah dilengkapi sistem keyless dan alarm

Generasi terbaru Honda Vario 150 bekas dibekali dengan fitur Smart key alarm. Untuk mengeceknya cukup mudah. Pastikan seluruh tombol di remote berfungsi seluruhnya. Cek juga fitur Answer Back System dengan memencetnya sambil berdiri agak jauh dari kendaraan. Jika jangkauan fitur ini sudah dekat, bisa saja baterai remote sudah lemah.

Smart ket Honda Vario juga berfungsi sebagai alarm dan sensor untuk menghidupkan serta memadamkan mesin. Maksudnya, tanpa anak kunci yang terdeteksi di dekat kendaraan, kenop kontak mesin tak akan bisa diputar. Fitur ini bertujuan untuk meminimalkan resiko kehilangan. Makanya penting untuk memeriksa masih aktif tidaknya fitur tersebut.

Baca juga  Bocoran Mesin Honda PCX 150 Facelift di EICMA, Nmax Lewat?

 

4. Test Ride dulu Honda Vario 150 Bekas (Mesin, kendali dan Pengereman)

5ad41cbdd0bf0 all newa honda vario 150 665 374
Honda Vario 150 generasi terakhir

Kalau Honda Vario 150 bekas sudah lulus cek fisik dan fitur kendaraan, barulah uji kondisi mesin serta pengeremannya. Bila Sobat Moladin kurang begitu mengetahui cara cek kondisi mesin dengan benar, mintalah bantuan teman yang lebih mengerti. Sepeda motor bekas yang kondisi mesinnya masih baik, suara mesinnya halus. Tarikannya juga mulus tidak bergetar. Asap dari knalpot pun tidak hitam atau ngebul. Ketika setelah gas dilepas pun harusnya mesin tetap hidup dalam kondisi idle.

Sewaktu mengendarainya, cek juga stabilitas berkendara dan kemudinya. Ini berkaitan dengan suspensi atau shockbreaker dan sistem kemudinya. Honda Vario 150 dikenal memiliki karakter berkendara yang stabil dan mudah dikemudikan. Begitupun dengan kualitas bantingan suspensinya yang mampu meredam guncangan dengan prima. Terakhir, pastikan pula sistem pengereman berfungsi sempurna.

5. Cek Fitur (CBS-ISS, ACG) di Honda Vario 150 Bekas

Honda Vario 150 Bekas 001
Ini Honda Vario 150 generasi keempat yang dijual tahun 2015-2018

Honda Vario 150 punya fitur Combi-Brake System (CBS). Fitur ini mengatur kedua rem berfungsi walau hanya satu tuas rem yang ditarik. Fitur keselamatan ini bertujuan untuk mengatur rasio pengereman di roda depan dan belakang secara seimbang untuk memangkas jarak pengereman.

Baca juga  Bocoran Honda ADV 250: Mesin Bertenaga dan Fitur Lebih Banyak

Fitur Idling Start-Stop (ISS) juga harus diuji. Dalam kondisi aktif, motor harus bisa menghidupkan dan memadamkan mesin secara otomatis  ketika berhenti sejenak. Fitur ini punya fungsi krusial dalam menghemat bahan bakar.

Terakhir, dengarkan bunyi mesin saat starter kendaraan. Honda Vario 150 punya fitur ACG (Alternating Current Generator). Fitur ini membuat suara starter mesin menjadi lebih senyap dan halus.

Bila Honda Vario 150 bekas yang dibidik sudah lulus uji, ada baiknya Sobat melakukan perbandingan dengan mencari kendaraan sejenis dari penjual lain. Tujuannya mencari alternatif yang lebih murah dari kendaraan sejenis dalam kondisi baik.

Comment

Leave a Reply

Terbaru