by

7 Tips Beli Suzuki Ertiga Bekas, Awas Salah Langkah!

Tips Beli Suzuki Ertiga Bekas – Segmen multi purpose vehicle (MPV) masih berkontribusi besar dalam penjualan mobil di Indonesia. Larisnya mobil keluarga lantaran kendaraan ini mampu menampung banyak penumpang dan barang.

Pilihan kendaraan tipe MPV di pasaran juga cukup beragam. Salah satunya adalah Suzuki Ertiga yang kini menjadi pilihan mobil keluarga 7-penumpang di pasar otomotif Tanah Air, baik dalam kondisi bekas maupun baru.

Buat Kamu yang ingin meminang Suzuki Ertiga sebagai tunggangan andalan cukup mudah. Jika dana kurang memadai beli Ertiga baru, Kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli Suzuki Ertiga bekas.

Agar tak salah pilih dan mendapatkan kualitas terbaik. Alangkah baiknya kamu mengikuti 7 tips penting untuk beli Suzuki Ertiga bekas berikut ini:

1. Ketahui Tipe Suzuki Ertiga Bekas di Pasaran Sebelum Beli

Beli Suzuki Ertiga Bekas
Beli Suzuki Ertiga Bekas bisa jadi pilihan masyarakat

Tips beli Suzuki Ertiga bekas, setidaknya kamu tahu riwayatnya dulu. Mobil yang jadi rival Toyota Avanza ini dipasarkan di Indonesia sejak 2012 lalu. Untuk itu, Kamu bisa menemukan berbagai jenis varian Ertiga yang ditawarkan dalam berbagai pilihan tahun produksi.

Jika ingin mendapatkan jenis Suzuki Ertiga terbaik dan sesuai kebutuhan, Kamu perlu sedikit mengetahui sejarah Ertiga di Indonesia. Setidaknya informasi ini bisa menjadi gambaran untuk Kamu.

Berikut ini adalah timeline peluncuran Suzuki Ertiga di Indonesia:

  • 2012: Peluncuran Suzuki Ertiga generasi pertama.
  • 2013: Suzuki melakukan perubahan facelift minor dengan memberi lapisan krom pada bagian gril serta AC double blower. Selain itu, Suzuki juga menyediakan opsi transmisi matic pada varian GL dan GX.
  • 2014: Suzuki Ertiga generasi pertama tersedia dalam varian Sporty, merupakan pengembangan dari model GL.
  • 2015: Suzuki kembali melakukan perubahan facelift, terutama pada bagian bumper, grill, interior, serta lampu utama.
  • 2016: Suzuki meluncurkan varian Dreza sebagai model tertinggi untuk Ertiga.
  • 2017: Ertiga Diesel secara resmi diperkenalkan, hadir dengan mesin yang menggunakan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SVHS).
  • 2018: Peluncuran resmi Suzuki Ertiga generasi kedua di pasar tanah air.
  • 2019: All New Suzuki Ertiga hadir secara resmi ke pasar otomotif Indonesia, dengan disertai berbagai perubahan tampilan serta fitur ekstra.
  • 2019: Kemunculan All New Suzuki Ertiga disertai dengan kehadiran Ertiga Suzuki Sport. Ertiga Sport memiliki desain grill sarang tawon yang disertai body kit sporty, lampu LDR, serta fitur ESP.
Baca juga  Biaya Perawatan Suzuki XL7 Hanya Rp3.800 Per Hari

2. Periksa Riwayat Servis Kendaraan

Perhatikan trek record perawatan Ertiga bekas
Perhatikan trek record perawatan Ertiga bekas

Langkah selanjutnya yang perlu kamu ketahui sebelum beli Suzuki Ertiga bekas adalah dengan mencermati riwayat servis kendaraan dari pemilik sebelumnya. Pastikan kendaraan mendapatkan perawatan rutin.

Hal terpenting yang patut jadi pertimbangan memilih mobil bekas. Cek riwayat servis rutin dari mobil bekas pilihanmu, usahakan mobil tersebut melakukan servis rutin di bengkel resmi Suzuki.

3. Cek performa mesin, sebelum beli Suzuki Ertiga bekas

Cek kondisi mesin Suzuki Ertiga bekas
Cek kondisi mesin Suzuki Ertiga bekas

Performa Suzuki Ertiga bekas memang tak sesempurna seperti kondisi baru. Kamu perlu memastikan, bahwa tidak ada permasalahan yang berpengaruh pada performa mesin.

Pengecekan sederhana bisa kamu lakukan dengan cara merasakan performa mesin pada kecepatan tinggi. Penyakit yang sering muncul pada Ertiga bekas adalah munculnya bau sangit ketika kendaraan dipacu pada kecepatan mencapai 100 km per jam.

Masalah bau sangit yang muncul tersebut umumnya diketahui dari catalytic converter mesin MPV 7-penumpang itu.

4. Perhatikan bagian kaki-kaki mobil

Suzuki Ertiga Suzuki Sport
Suzuki Ertiga Sport jadi varian termahal

Untuk menunjang kenyamanan Kamu ketika berkendara, jangan lupa mengecek kondisi kaki-kaki mobil yang akan dibeli. Ada 4 komponen utama yang perlu Kamu cek pada bagian kaki-kaki mobil, seperti shockbreaker, ban, bearing, serta bushing arm.

Baca juga  Sejarah Suzuki SX4, Sejak 2007 Hingga Kini

5. Jangan mudah percaya dengan odometer

Perhatikan kondisi odometer
Perhatikan kondisi odometer

Pada banyak kasus, kamu bakal menemukan unit Ertiga bekas dengan tahun produksi lama, tetapi memiliki jarak tempuh rendah pada odometer. Ketika menemukan hal seperti ini, jangan mudah percaya.

Tak jarang, pihak penjual mengotak-atik odometer untuk meningkatkan harga jual kendaraan bekas. Cara cek keaslian odometer memang cukup sulit.

Untuk itu, ketika ingin beli Suzuki Ertiga Bekas, usahakan untuk membawa seorang montir berpengalaman. Tidak hanya odometer analok, odometer digital juga bisa diakali.

6. Kelengkapan Surat Kendaraan

Cek kelengkapan Suzuki Ertiga bekas
Cek kelengkapan Suzuki Ertiga bekas

Tips beli Suzuki Ertiga Bekas selanjutnya adalah dengan memastikan kelengkapan surat kendaraan. Jangan mudah tergiur Ertiga murah yang ternyata tanpa disertai dengan BPKB atau STNK.

Pasalnya tanpa surat-surat bakal sangat sulit untuk dilakukan pengurusan. Kamu juga bisa diduga oleh pihak kepolisian sebagai penadah barang curian, lantaran punya mobil bodong.

7. Sediakan Bujet Ekstra, jika ingin beli Suzuki Ertiga bekas

Sediakan uang lebih, ketika ingin beli
Sediakan uang lebih, ketika ingin beli mobil bekas

Tips terakhir untuk Kamu yang ingin beli Suzuki Ertiga seken, siapkan bujet ekstra ketika ingin membeli. Sebagai contoh, ketika kamu ingin membeli Ertiga dengan harga Rp150 juta, sediakan uang sekitar Rp160 juta.

Baca juga  5 Kekurangan Suzuki Karimun Wagon R, Awas Salah Pilih

Dana tambahan tersebut Kamu sediakan untuk biaya balik nama, servis, dan pengeluaran lain-lainnya. Semoga tips di atas dapat bermanfaat untuk Kamu yang ingin membeli mobil Ertiga bekas.

Baca juga:

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru