by

Komparasi City Car Rp 200 Juta: Brio Vs Ignis Vs Sirion

Komparasi City Car Rp 200 juta – Pilihan city car hatchback seharga Rp 200 juta cukup beragam di Indonesia. Dari sejumlah mobil yang ditawarkan, ada tiga mobil yang patut jadi pertimbangkan, yakni Honda Brio RS CVT, Suzuki New Ignis AGS, dan Daihatsu Sirion MT.

Ketiga produk asal pabrikan Jepang itu, memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Dari sisi mesin, secara kubikasi ternyata mirip-mirip, dan berbanding tipis.

Kali ini Moladin bakal melakukan komparasi lengkap city car seharga Rp 200 juta yang tersedia di Indonesia. Lalu kira-kira produk mana yang pantas untuk menjadi tunggangan Anda?

Berikut ulasan lengkap mengenai Suzuki New Ignis AGS Vs Honda Brio RS Vs Daihatsu Sirion MT. Ketiga produk ini dijual dengan harga sekitar Rp 200 jutaan.

Komparasi mesin city car Rp 200 jutaan

Daihatsu Sirion facelift yang meluncur di 2020
Daihatsu Sirion facelift yang baru meluncur di Indonesia

Harga Rp200 juta, Daihatsu Sirion paling unggul dari sisi mesin. maklum kubikasinya paling besar yaitu 1.3L. Sementara Suzuki Ignis dan Honda Brio RS sama-sama dibekali mesin berkubikasi 1.2 liter. 

Performa Sirion juga yang terbaik. dengan tenaga 95 PS dan torsi 119,6 Nm. Hanya saja memang, dengan bujet Rp200 juta, kombinasi transmisinya cuma manual 5-percepatan.

Sementara di Honda Brio RS dan Suzuki Ignis bisa dapat transmisi otomatis. Performa keduanya mirip-mirip. Brio unggul di tenaga, sementara Ignis hebat di torsi. 

Di atas kertas, Suzuki Ignis mampu menghasilkan tenaga 83 ps di putaran 6.000 rpm. Honda Brio menghasilkan tenaga sedikit lebih besar, mencapai 90 ps. Lalu untuk torsi Suzuki Ignis bisa menyemburkan 113 Nm. Honda Brio cuma 110 Nm.

Baca juga  Penampilan Baru Suzuki Ignis, Sanggup Lawan Brio?

Perbedaan keduanya tampak pula dari transmisi otomatis yang dipakai. City car Honda menggendong CVT yang lebih halus. Beda dengan Ignis yang pakai AGS.

Seluruh mesin yang ditawarkan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Kamu! Sebagai pertimbangan, baik mesin Honda Brio RS CVT, Suzuki Ignis AGS, maupun Daihatsu Sirion MT sudah sangat cocok untuk aktivitas perkotaan.

Perbandingan desain Daihatsu Sirion, Suzuki Ignis, dan Honda Brio

Perjalanan Honda Brio dari generasi ke generasi

Ketika memutuskan membeli mobil, tentunya pertimbangan terbesar Kamu dalam memilih adalah desain yang sesuai dengan kebutuhan. Masing-masing produk memiliki keunggulan desain, tergantung selera Kamu.

Honda Brio RS, mengusung desain khas city car, dan diklaim pabrikan mobil ini memiliki tampilan modern dan berjiwa muda.

Lain halnya dengan Suzuki Ignis, tampilannya terkesan lebih gagah dan agresif, karena mengusung desain SUV. Sementara untuk Daihatsu Sirion, desainnya cenderung lebih mengarah ke hatchback.

Setidaknya ketiga produk ini memiliki karakter yang berbeda-beda. Jadi Kamu bisa memilih mobil yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Perbedaan dari sisi dimensi

Promo penjualan Suzuki New Ignis
Promo penjualan Suzuki New Ignis

Ketiga produk seharga Rp 200 jutaan ini punya dimensi yang sejatinya tak jauh berbeda. Suzuki Ignis punya dimensi 3.700 mm x 1.690 mm x 1.595 mm (PxLxT). Urban SUV milik Suzuki ini memiliki wheelbase sepanjang 2.435 mm.

Baca juga  Beli Daihatsu Sirion atau Suzuki Baleno?

Dimensi Honda Brio memiliki panjang 3.815mm, lebar 1.680mm, dan tinggi 1.485mm. Mobil ini menawarkan jarak sumbu roda sebesar 2.405mm. Daihatsu Sirion memiliki dimensi lebih besar yaitu 3.895 mm x 1.735 mm x 1.525 mm (PxLxT), dengan wheelbase 2.500 mm.

Secara garis besar ketiga produk masing-masing punya keunggulan dari sisi dimensi. Suzuki Ignis unggul dari sisi ground clearance, sebesar 180 mm. Honda Brio hanya sebesar 165 mm, dan Sirion hanya 150 mm.

Keleluasaan di dalam kabin tentunya Daihatsu Sirion lebih unggul, mengingat dimensi yang ditawarkan memang lebih besar ketimbang kompetitornya.

Komparasi fitur city car Rp 200 jutaan

Honda Brio RS
Honda Brio RS

Fitur tentunya jadi alasan kuat masyarakat memilih mobil, karena dengan fitur yang lengkap dapat menunjang keamanan serta kenyamanan ketika berkendara. Ketiga produk ini pun punya keunggulan fitur masing-masing yang perlu Kamu ketahui.

Contohnya seperti Suzuki Ignis, sudah dilengkapi dengan fitur start/stop button, keyless entry, tilt steering, control steering wheel with switch audio control dan bluetooth phone connection.

Tersedia juga fitur AC auto climate with heater, 60:40 rear seat fold down, sporty look speedometer, and 260 litre baggage.

Mobil ini juga menyediakan fitur keselamatan yang baik, mulai dari ABS, EBD, BA, lalu dual airbag, Side Impact Beam, ISOFIX, Immobilizer, Pretensioner front seat belt.

Bila Kamu memilih Honda Brio RS, fitur yang ditawarkan pun sudah sangat lengkap, seperti rangka G-CON + ACE yang bertugas yang melindungi kabin ketika terjadi kecelakaan.

Baca juga  Spesifikasi Suzuki Ignis, Apa Beda Varian GL dan GX?

Side impact beam, dual SRS Airbags, Pretensioner w/ Load Limiter Seatbelt, keyless entry, immobilizer, dan sejumlah fitur lainnya.

Daihatsu Sirion juga ditunjang dengan sejumlah fitur-fitur modern, yaitu head unit layar sentuh berukuran 7 inci yang sudah dilengkapi dengan mirror link.

Tersedia juga start/stop engine button, keyless, sensor parkir di depan dan belakang, kamera parkir, 4 airbag, tilt steering, LED headlamp with follow me home, serta sejumlah fitur lainnya.

Perbandingan harga

Daihatsu Sirion facelift 2020 harga naik Rp3,7 jutaan
Daihatsu Sirion facelift minim ubahan, harga naik Rp3,7 jutaan

Harga menjadi faktor kuat masyarakat dalam memilih mobil, mengingat tentunya pembeli mobil harus menyesuaikan bujet, serta kebutuhan yang bisa didapat dari mobil yang dibeli.

Bicara harga sejatinya ketiga mobil itu berbanding sangat tipis, untuk Honda Brio RS CVT harganya sedikit lebih murah jika dibandingkan dengan dua mobil lainnya, yang dipasarkan dengan banderol Rp 199,6 juta. Harganya lebih murah dari kompetitor lainnya.

Suzuki New Ignis GX dijual dengan harga lebih mahal sebesar Rp200 juta, sementara Daihatsu Sirion MT dipasarkan dengan banderol Rp 201,1 juta.

Sekarang pilihannya Kami kembalikan Kamu, kira-kira mobil mana yang pas dengan bujet dan kebutuhan untuk menunjang kesaharian kamu. Semoga ulasan di atas dapat membantu Kamu dalam memilih mobil.

Baca juga:

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru