Senin, September 26, 2022

Jangan Beli Toyota Alphard Gen 2, Sebelum Baca Ini!

by Firdaus Ali
Tips beli Toyota Alphard Gen 2

Membahas mengenai tips beli Toyota Alphard Gen 2 memang menarik. Sebab Toyota Alphard identik dengan mobil pejabat dan mewah yang sampai sekarang pesonanya tidak pudar. Ditambah lagi, harga bekasnya saat ini tergolong cukup terjangkau.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai tips beli Toyota Alphard Gen 2, ada baiknya kita mengulas sedikit mengenai kiprah MPV bongsor dengan pintu gerser tersebut. Peluncurannya pertama kali sekitar tahun 2008, tampil dengan penyempurnaan eksterior, interior, serta mesin dibanding model sebelumnya.

Alphard Gen 2 (AH20) tampil lebih elegan dan modern. Hal tersebut dapat dilihat dari desain grill depan yang lebih lebar dipadukan dengan aksen krom serta lekukan bodi yang lebih luwes.

Selain itu, desian lampu utama juga lebih tajam dan lebih sedikit pipih. Begitu juga dengan desain pada bagian lampu belakangnya. Pada bagian interiornya, tampilan juga lebih elegan dan nyaman.

Selain desain, dimensi Alphard generasi kedua juga berubah. Panjang dan tinggi bodi bertambah dibanding generasi sebelumnya, memiliki panjang 4.915 mm, lebar 1.850 dan tinggi 1.895 mm serta jarak sumbu roda bertambah 15 mm.

Oh ya, pada generasi kedua ini Alphard juga menawarkan mesin baru 2GR-FE V6 dengan kapasitas 3.500 cc yang diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimum 280 hp dan torsi 330 Nm. Pilihan transmisinya otomatis 6-percepatan atau CVT 7-percepatan.

Walau demikian, tetap tersedia Alphard dengan mesin 2.400 cc berkode 2AZ-FE berkapasitas 2.362 cc. Di atas kertas, tenaga maksimumnya 170 hp dan torsi 224 Nm.

Kembali ke pembahasan tips beli Toyota Alphard Gen 2. Mari kita simak informasinya berikut ini.

1. Perhatikan Bagian Kaki-Kaki

Tips beli Toyota Alphard Gen 2

Perhatikan bagian engine mounting

Tips beli Toyota Alphard Gen 2 yang pertama adalah perhatikan bagian kaki-kakinya. Yup, mobil bekas yang umurnys sudah lebih dari 7 tahun tentunya akan riskan dengan bagian kaki-kaki yang dikarenakan karena faktor usia pakai.

Baca juga  Daftar Harga Toyota Calya Bekas, Masih Masuk Akal!

“Sebelum beli Toyota Alphard Gen 2 bekas sebaiknya perhatikan bagian kaki-kakinya. Sebab bagian engine mounting rawan sudah aus. Nah, jika kondisinya sudah begitu ya harus diganti agar berkendara nyaman. Untuk harganya, berkisar Rp 900 ribu hingga Rp 2 jutaan,” terang Bobby, salah satu pemilik Showroom mobil bekas di Cirendeu, (2/8/2022).

Bobby juga menjelaskan bahwa engine mounting bisa diganti satuan. Mana yang mengalami kerusakan atau aus, itu yang harus diganti dengan yang baru.

“Untuk kisaran harga part OEM Thailand, mounting di mesin bagian depan kanan itu Rp 950 ribu, yang kanan bawah Rp 1,5 juta, bagian depan Rp 1,4 juta, sebelah kiri Rp 1,4 jutaan dan yang belakang di bagian transmisi Rp 1,6 juta. Sementara untuk yang ori satuannya kisaran Rp 2 jutaan,” imbuh Bobby.

2. Sliding Door Kerap Rusak Karena Usia

Tips beli Toyota Alphard Gen 2

Perhatikan kinerja sliding door

Tips beli Toyota Alphard Gen 2 selanjutnya adalah dengan memperhatikan fungsi dan kondisi sliding door. Sebab jika motor untuk menggerakan pintunya mengalami kerusakan, harga dan biaya perbaikannya tidak murah, yaitu kisaran Rp 4 jutaan.

“Untuk mengetahui sliding door masih normal atau tidak ya harus dicoba buka tutup beberapa kali. Umumnya jika motornya bermasalah maka pintu akan berjalan agak pelan, bahkan ada yang macet,” jelas Bobby.

3. Perhatikan Kondisi Interior

Tips beli Toyota Alphard Gen 2

Interior Alphard Gen 2

Selanjutnya, tips beli Toyota Alphard Gen 2 adalah dengan memperhatikan kondisi interior. Pastikan kondisi jok, dashboard, doortrim, plafon dan lantai masih utuh alias tidak ada kerusakan.

Baca juga  Harga Fortuner dan Innova Pasca Diskon PPnBM, Murah?

Selain itu, perhatikan juga fungsi-fungsi dari setiap tombol yang ada di bagian dashboard. Pastikan semuanya masih berfungsi dengan normal.

4. Telusuri Profil Pemilik Sebelumnya

Tips beli Toyota Alphard Gen 2

Toyota Alphard generasi kedua

Maksudnya adalah dengan menanyakan mengenai perawatan berkalanya, jenis bahan bakar yang digunakan serta digunakan untuk aktifitas kemana saja.

Pada umumnya, pemilik mobil Alphard adalah pengusaha. Jadi mobil biasanya dipasrahkan ke supir untuk perawatan berkalanya.

Namun begitu, ternyata tidak semua pemilik Alphard memasrahkan perawatannya ke supirnya. Ada juga pemilik Alphard yang memperhatikan kondisi mobil dengan memastikan supirnya untuk melakukan servis berkala serta menggunakan BBM dengan oktan yang sesuai.

“Yak an umumnya pemiliknya bos. Jadi dipasrahin aja sama supir untuk perawatannya. Nah itu risak kalau gitu. Namun ada juga pemilik Alphard yang memastikan perawatan mobilnya di bengkel resmi. Ya salah satu buktinya dengan catatan di buku servis. Sesuai gak servis berkala sama kilometernya, serta history dari mobil tersebut,” jelas Bobby.

5. Ketahui Kisaran Harga Toyota Alphard Gen 2

sejarah toyota alphard

Interior Toyota Alphard generasi kedua

Tips membeli Toyota Alphard Gen 2 selanjutnya adalah kamu harus tahu kisaran harganya. Jadi jangan sampai meleset terlalu jauh dari patokan banderol ini.

Sebagai contoh, Toyota Alphard lansiran 2008 harganya Rp 173 – 180 jutaan. Murah bukan? Jika dibandingkan dengan mobil baru, kamu cuma bisa dapat mobil LCGC seperti Toyota Agya. Sementara untuk mobil bekas, kamu bisa dapat Alphard Gen 2.

Baca juga  Bocoran Fitur Toyota Raize GR Sport, Canggih Banget!

Hanya saja tidak semua Alphard Gen 2 murah-murah. Ambil contoh untuk tahun muda atau lansiran 2014, berkisar bisa tembus Rp 450 juta atau hampir setengah miliar.

Harga Toyota Alphard Gen 2 Bekas

  • Alphard 2008                 Rp 173 juta – Rp 180 jutaan
  • Alphard 2009                 Rp 240 juta – Rp 280 jutaan
  • Alphard 2010 – 2014      Rp 300 juta – Rp 450 jutaan

6. Siapkan Budget Ekstra Buat Perbaikan dan Beli BBM Harian

Tips beli Toyota Alphard Gen 2

Siapkan budget ekstra selama memiliki Alphard Gen 2

Tips beli Toyota Alphard Gen 2 berikutnya adalah menyiapkan budget atau dana cadangan. Yup, meski saat membeli Alphard Gen 2 kondisinya masih normal, namun namanya mobil bekas tentu akan beresiko untuk penggantian salah satu komponennya.

Nah, sedangkan Toyota Alphard, untuk komponennya bisa dibilang harganya tidak ada yang murah. Jadi jangan sampai mampu membeli Alphard tapi tidak mampu secara biaya untuk perawatannya.

“Alphard Gen 2 bekas yang tahun 2008 kisaran harganya Rp 175 jutaan. Murah untuk mobil yang bentuk dan kenyamanannya oke dan mewah. Namun jangan lupa, perawatannya juga lumayan. Ya harus siap dana tak terduga kalau miara mobil yang umurnya di atas 7 tahun, apalagi Alphard,” jelas Bobby.

Oh ya, selain uang untuk perawatan berkala dan cadangan membeli part yang harus diganti. Yang harus diingat juga adalah mengenai konsumsi BBM yang menggunakan Pertamax. Mengingat mobil ini kapasitas mesinnya 2.500 cc dan ada juga yang 3.500 cc.

Harga Pertamax sendiri sekarang Rp 12.500 per liter. Dan untuk konsumsi BBM dari Alphard Gen 2 diklaim 1 banding 6 sampai 8 untuk dalam kota dan 1 banding 10 sampai 12 untuk luar kota.

Moladiners, itulah ulasan mengenai tips beli Alphard Gen 2. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika