Tips Pilih Bengkel Motor Sebelum Mudik

Menghitung hari menuju hari raya Idul Fitri, pastinya kalian sudah ngerasain atmosfer yang berbeda bukan? Seolah-olah rasa rindu akan kampung halaman semakin menggebu. Jika kalian mudik menggunakan motor, sebaiknya memperhatikan kondisi mesin beserta kelengkapannya. Alangkah baiknya bila kalian pergi ke bengkel sebelum mudik untuk memeriksa “kesehatan” sang kuda besi agar tetap optimal ketika digunakan bepergian jalan jauh.

Suzuki Nex II

*Dp mulai dari

Namun, kalian juga harus tahu jenis-jenis bengkel yang cocok buat kalian dan motor itu sendiri. Bengkel yang tepat akan menentukan servis pada motor secara tepat. Kali ini Jinny akan memberikan tips memilih bengkel motor berdasarkan jenis bengkelnya. Mau tau berapa sih jenis bengkel (yang melakukan servis mesin) secara umum dan tips memilih bengkel motor yang tepat untuk motor kamu? Yuk simak pnjelasannya di bawah ini!

1. Bengkel Resmi

Tips pilih bengkel sebelum mudik, bengkel resmi
Bengkel Resmi Yamaha

 

Bengkel ini merupakan sub-bagian operasional dari dealer ataupun pihak ATPM sebagai unit layanan aftersales guna mendukung sistem marketing. Kebijakan-kebijakan yang dibuat sepenuhnya tergantung dan tunduk kepada perusahaan atau dealer yang bersangkutan. Bengkel resmi dikhususkan untuk pabrikan motor tertentu dengan tujuan menjaga kualitas pelayanan purna jual terhadap konsumen.

kredit nmax

Dalam hal servis para mekanik bengkel resmi ini memiliki cukup keahlian dan pengetahuan tentang spesifikasi motor-motor tersebut. Bengkel resmi teknologi serta peralatan yang lebih baik dibanding bengkel umum kebanyakan, seringkali mekanik menggunakan special tools yang berbeda untuk tiap jenis motor. Menurut sebagian orang awam, bengkel resmi tak jarang juga disebut bengkel khusus. Seperti misalnya bengkel khusus Honda, bengkel khusus Yamaha, dan lain-lain.

  • Bengkel resmi lebih cocok buat kalian yang memiliki motor standar tanpa modifikasi, sebab masa garansi servis akan hangus bila motor kalian sudah mengalami modifikasi. Selain itu, bengkel resmi memang selalu menyediakan genuine spareparts (suku cadang asli). Jika kalian mempunyai anggaran biaya servis motor yang cukup besar, maka bengkel jenis ini cukup sesuai dengan kriteria kalian. Uang yang dikeluarkan akan sebanding dengan kualitas sparepart dan mekanik yang terlatih.
 

2. Bengkel Umum

Tips pilih bengkel sebelum mudik, bengkel umum
Bengkel Umum

 

Bengkel jenis ini tidak condong pada satu pabrikan motor tertentu. Motor dengan merEk apa saja dapat menggunakan jasa servis dari bengkel jenis ini. Berbeda dengan bengkel resmi, Bengkel umum bebas menentukan prosedur perbaikan, bebas memilih toolkit yang dibutuhkan, dan bebas menjual suku cadang asli maupun aftermarket. Semua tergantung konsumen terhadap pemilihan jenis sparepart, asli ataupun aftermarket.

Yamaha Mio S

*DP mulai dari

Bengkel umum lebih sering dijumpai meskipun di daerah yang jauh dari perkotaan, sehingga bengkel jenis ini lebih mudah dijangkau. Kalian mempunyai lebih banyak pilihan bengkel, dan umumnya bengkel umum jarang terjadi antrian panjang. Hal ini membuat mekanik tidak tergesa-gesa sehingga mempuyai cukup waktu untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh.

  • Tak sedikit bengkel umum yang mampu memberikan pelayanan memuaskan. Disamping mekanik juga lebih komunikatif, kalian juga bisa konsultasi terkait masalah motor maupun budget servis motor kalian. Kalian yang memiliki budget servis motor yang pas-pasan disarankan memilih bengkel jenis ini. Pasalnya mekanik di bengkel umum terbiasa menangani berbagai merek motor dan bermacam permasalahan, sehingga relatif memiliki pengalaman unik. Tak jarang mekanik umum mempunyai trik-trik khusus dalam penyelesaian masalah motor kalian agar biaya servis tidak terlalu mahal. Dalam memilih bengkel umum yang terpercaya, sebaiknya kalian meminta rekomendasi dari teman atau kerabat yang pernah melakukan servis di bengkel tersebut.

3. Bengkel Spesialis

Tips pilih bengkel sebelum mudik, bengkel spesialis
Bengkel Spesialis Vespa

 

Tips memilih bengkel motor yang terakhir ialah adanya bengkel spesialis yang bisa kalian pilih. Bengkel jenis ini mempunyai mekanik yang sangat berpengalaman dengan suatu pabrikan atau motor tertentu. Dan biasanya lebih mengerti bagaimana mendapatkan sparepart langka (unik) yang belum tentu tersedia di toko-toko sparepart. Hal ini membuat konsumen merasa tidak akan khawatir tentang ketersediaan spare part untuk motornya. Peralatan yang digunakan hampir sama dengan yang digunakan bengkel resmi, special tools dapat digunakan oleh  mekanik sebagaimana mestinya. Namun keberadaan bengkel jenis ini terbilang sangat jarang.

  • Bengkel seperti ini akan lebih cocok untuk kalian yang ingin menambah pengetahuan tentang motor kalian, sebab kalian akan berada di lingkungan bengkel dengan motor yang memiliki kesamaan. Kalian harus memiliki anggaran servis motor sedikit lebih banyak, sebab pada umumnya biaya servis di bengkel seperti ini terbilang lumayan mahal. Hal ini dikarenakan prosedur servis membutuhkan penanganan ekstra dan juga alat-alat khusus.

Nah, seperti itulah beberapa jenis bengkel (yang melakukan servis mesin) yang harus kalian tau. Jadi, sebelum kalian mudik pastikan motor udah di servis di bengkel yang tepat. Pastikan kalian pergi ke bengkel sebelum mudik sebagai tindakan pencegahan motor “ngambek” di jalan. Sekian tips memilih bengkel motor dari Jinny, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Suzuki Address FI

*DP mulai dari

TEMUKAN BENGKEL TERDEKAT DI DAERAH KAMU DENGAN APLIKASI MOLADIN. RATUSAN BENGKEL BISA KAMU TEMUKAN DI MOLADIN. DOWNLOAD SEKARANG!

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *