Tips Menjaga Tangki BBM Dari Karat

by Tigor Sihombing
Tips Menjaga Tangki BBM Supaya Tidak Terserang Karat

Kali ini Moladin.com akan mengulas tips menjaga tangki BBM dari karat. Tangki bahan bakar motor adalah salah satu komponen penting yang harus selalu dijagakan kebersihannya.

Jika tangki BBM motor mengalami karat, dampaknya bisa sangat merugikan, mulai dari kebocoran hingga gangguan pada mesin.

Berikut ini beberapa tips untuk menjaga tangki BBM motor agar tidak mudah terserang karat:

1. Biasakan Isi BBM Full

Mengutip laman resmi Honda Wahana 13 September 2024, disebutkan, selalu usahakan untuk mengisi bahan bakar secara penuh, jangan terlalu sering membiarkan tangki dalam kondisi kosong atau hanya tersisa sedikit bahan bakar.

Ruang kosong dalam tangki dapat menyebabkan terbentuknya embun. Embun ini akan berubah menjadi air, yang akhirnya bisa memicu karat dan korosi pada dinding tangki.

Selain itu, karat juga dapat menyebabkan penyumbatan di saluran bahan bakar, yang berpotensi mengganggu performa mesin.

2. Kuras Tangki Secara Rutin

Biasakan untuk rutin menguras tangki bensin motor
Biasakan untuk rutin menguras tangki bensin motor

Menguras tangki secara rutin adalah cara efektif untuk mencegah penumpukan kotoran yang bisa mempercepat proses korosi. Ini lebih mudah dilakukan pada motor tipe sport karena posisi tangki yang berada di luar dan mudah dilepas.

Baca juga  Kaki Kena Knalpot? Ini Cara Benar Mengatasinya

Dengan membersihkan tangki secara berkala, kamu juga mencegah mesin tersendat akibat adanya kotoran yang ikut masuk ke dalam sistem bahan bakar.

3. Jangan Semprotkan Air Terlalu Kencang

Ketika mencuci motor, hindari menyemprotkan air dengan tekanan tinggi ke arah tutup tangki. Meskipun tutup tangki dirancang rapat dan terkunci, air yang masuk ke dalam celah kecil dapat menghasilkan embun di dalam tangki, yang akan memicu karat. Jadi, lebih baik bersihkan area tangki dengan hati-hati dan pastikan tidak ada air yang masuk ke dalamnya.

4. Hindari Beli Bensin Eceran

Sebisa mungkin, hindari membeli bensin dari penjual eceran. Bensin yang dijual eceran sering kali ditampung dalam tangki besar atau jerigen yang mungkin tidak higienis.

Kondisi tangki atau jerigen yang tidak bersih berpotensi tercampur dengan air atau kotoran, dan jika digunakan, bisa mempercepat proses korosi di dalam tangki motor kamu.

Demikian ulasan tips menjaga tangki BBM dari karat. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Baca juga  5 Cara Meningkatkan Performa Nmax Supaya Ngacir

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika