by

Harga Honda Forza 250 eSP+, Tembus Rp 83 Juta

Diam-diam Honda Forza 250 eSP+ resmi meluncur di Indonesia. Motor matik berbadan bongsor ini dapat beberapa penyegaran, mulai dari tampilan hingga fitur.

Oleh karena itulah, harga Forza 250 2021 jadi semakin mahal. Kini banderolnya tembus Rp 83,81 juta (OTR Jakarta). Jika dibanding Yamaha Xmax 250 selaku kompetitor yang dijual cuma Rp 61,475 juta (OTR Jakarta), berarti ada gap sekitar RP 20 jutaan.

Dengan mahar yang begitu mahal, apa kelebihan Honda Forza 250 eSP+? Salah satu yang berbeda dari model sebelumnya adalah desain semakin mewah dan sporty.

Garis-garis bodi dibuat semakin tajam, termasuk desain lampu sein yang ada di spion. Lalu hadir kover knalpot dengan tema serupa.

Kemudian untuk windscreen electric, memiliki jarak penyesuaian yang lebih tinggi sekitar 40 mm. Revisi ini diklaim memberikan kenyamanan lebih ketika berkendara, terutama terkait terpaan angin depan tidak langsung mengenai pengendara.

Lalu yang juga menarik adalah penggunaan mesin berteknologi eSP+. Menurut laman resmi Honda, ini berbeda dari yang ada di model lama.

Baca juga  Benelli Panarea 125 Siap Meluncur di IIMS Hybrid 2021

Seberapa hebatkan mesin Honda Forza 250 eSP+? Mau tahu spesifikasi lengkap rival Yamaha Xmax 250 tersebut? Simak bahasan di bawah ini:

Performa Mesin Honda Forza 250 eSP+, Lebih Hebat dari Yamaha Xmax 250?

honda forza 250 eSP+
Mesin eSP+ diklaim lebih minim gesekan

Kalau di Thailand, Forza terbaru sudah pakai mesin 350 cc. Sementara Indonesia masih bertahan dengan jantung mekanis 250 cc, namun ada tambahan embel-embel teknologi eSP+. Oleh karenanya kami sebut Honda Forza 250 eSP+.

Hanya saja yang agak janggal, dari sisi performa tidak ada perbedaan signifikan dengan Forza 250 model lama. Kompresinya tetap 10,2:1. Lalu torsi yang keluar, masih 24 Nm pada 6.250 rpm.

Soal tenaga juga tidak berubah, tetap mencapai 23,11 PS. Bedanya performa terbaik itu keluar di putaran mesin lebih tinggi yaitu 7.750 rpm. Di model lama, pada 7.500 rpm.

Jadi secara performa tidak beda jauh. Kalau dibandingkan dengan Yamaha Xmax 250 yang banderolnya lebih murah Rp 20 jutaan, bisa dikatakan seimbang. Motor matik pabrikan garputala bisa melontarkan torsi 24,3 Nm pada 5.500 rpm dan tenaga 22,84 PS pada 7.000 rpm.

Baca juga  Honda Scoopy Punya Pilihan Warna Menarik, Begini Tampilannya

Kata Honda dalam rilis resmi, mesin eSP+ ini lebih minim gesekan, irit, sekaligus tetap bertenaga.

Fitur-Fitur Terbaru Honda Forza 2021

honda forza 250 esp+
Pilihan warna Honda Forza 250 terbaru: pearl horizon white, indy gray metallic (seperti di gambar), mat gunpowder black metallic, dan candy rosy red.

Dengan harga Honda Forza 250 eSP+ yang mencapai Rp 83,81 juta (OTR Jakarta). Pabrikan berlogo sayap memberi banyak fitur. Paling anyar adalah emergency stop signal (ESS) dan USB charger.

ESS berfungsi bersmaan dengan anti-lock braking system (ABS) dual channel yang dipunya motor matik bongsor ini. Jadi ketika pengendara melakukan pengereman mendadak, selain ABS bekerja mencegah roda terkunci, ESS aktif untuk memberi tanda bahaya ke pengendara lain di belakang.

Fitur lain seperti panel instrumen semakin lengkap, karena bisa memberikan informasi seperti Honda Selectable Torque Control (HSTC), indikator perawatan, trip meter, indikator konsumsi BBM, dan lain-lain.

Ada pula Honda Smart Key System atau keyless yang terintegrasi alarm dan answer back system. Lalu bagasi luas yang bisa memuat dua helm dan berbagai barang bawaan.

“Kami berharap penyegaran desain dan beragam fitur terbaru yang kami sematkan pada Honda Forza dapat semakin memberikan rasa percaya diri yang tinggi dan rasa bahagia ketika berkendara bersama dengan sepeda motor Honda,” kata Marketing Direktur PT Astra Honda Motor (AHM), Thomas Wijaya dalam rilis resmi yang kami terima Senin (8/2/2021).

Baca juga  5 Rekomendasi Motor Adventure Murah di Indonesia

Terbaru