by

Cara Menghidupkan Motor PCX, Tanpa Remote Keyless

Cara Menghidupkan Motor PCX – Tentunya memiliki Honda PCX adalah kebanggaan tersendiri. Desain bongsor, teknologi canggih, dan harga yang tidak bisa dikatakan murah jadi alasannya.

Soal kecanggihan fitur, Honda PCX 150 bisa dikatakan sebagai motor matik 150 cc yang istimewa. Berbagai teknologi modern disematkan oleh pabrikan berlambang sayap. Mulai dari sistem pencahayaan full LED, panel instrumen digital, idling stop system (ISS), power charger, hingga smartkey atau keyless.

Fitur yang terakhir disebut, merupakan pengganti kunci konvensional. Kalau di sistem konvensional pakai anak kuncu. Kini digantikan remote dan kenop pintar. Guna keyless, selain memudahkan dalam mengaktifkan mesin motor, juga dapat mencegah maling.

Meski banyak manfaat, hanya saja banyak orang yang belum terlalu paham tentang fitur keyless. Bagaimana cara menghidupkan motor PCX pakai keyless? Lalu apakah mesin motor tetap bisa diaktifkan, kalau tiba-tiba remote smartkey hilang?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, kami akan menjelaskannya secara rinci lewat tulisan di bawah ini:

7 Cara Menghidupkan Motor PCX Ketika Remote Keyless Hilang

Cara menghidupkan motor pcx
Tidak sulit untuk menghidupkan motor pcx tanpa remote keyless

Pertama-tama kami akan bahas cara menghidupkan motor PCX dalam situasi darurat. Dengan kata lain, remote keyless untuk mengaktifkan mesin tiba-tiba hilang. Apa yang perlu dilakukan?

Kalau persoalannya seperti ini, kamu tidak perlu panik. Ada beberapa langkah yang bisa dicoba. Hanya saja sebelum membeberkan lebih jauh, ada baiknya kamu tahu dulu komponen yang ada di sistem keyless Honda PCX 150.

Saat beli motor, kamu bakal mendapatkan remote, emergency key, dan ID Tag. Biasanya oleh diler, ketiganya dikaitkan jadi satu. Penting untuk diingat adalah nomor ID tag. Kalau sulit mengingat, bisa catat nomornya di smartphone kamu, supaya dapat diakses dengan mudah ketika dibutuhkan.

Baca juga  Motor Honda Scoopy Kamu Ingin Tampil Beda? Intip Modifikasi Ini

Lalu emergency key juga jangan lupa untuk selalu dibawa ketika bepergian. Pasalnya komponen ini punya fungsinya sangat vital, terlebih saat remote keyless hilang.

Setelah kamu paham semua komponennya, berikut adalah tujuh cara menghidupkan motor PCX tanpa remote keyless:

1. Buka Jok Motor dengan Emergency Key

cara menghidupkan motor pcx
Emergency Key Honda PCX 150 berbentuh seperti shuttered key

Cara menghidupkan motor PCX dalam kondisi darurat, kamu bisa pakai emergency key. Memang tidak langsung bisa mengaktifkan mesin. Komponen ini berfungsi untuk membuka jok secara manual.

Mulailah dengan membuka kotak di samping kenop pintar PCX. Lalu cocokkan lubang di emergency key dengan titik di kotak tersebut. Kemudian putar ke bawah. Jika dilakukan secara benar, maka jok otomatis terbuka.

Kalau kamu bingung, membuka jok PCX pakai emergency key tidaklah beda dengan membuka pengaman bermagnet di motor Honda yang masih menggunakan kunci konvesional (shuttered key).

Baca juga:

2. Colok EM Connector Warna Biru

cara menghidupkan motor pcx
Ciri khas EM Connector berwarna biru, adanya di tool kit

Jika jok sudah terbuka, cara menghidupkan motor PCX selanjutnya adalah ambil EM Connector di bagasi. Letaknya ada di tool kit. Ciri kabel ini berwarna biru.

Setelah ketemu, kamu perlu cari socket pasangannya di dekat aki. Warna socket tersebut juga biru, sehingga mudah dikenali. Kemudian colok EM Connector ke socket tersebut.

Baca juga  Yamaha Jet-Max Melintas di Filipina, Ini Spesifikasinya

3. Masukkan Nomor ID Tag

cara menghidupkan motor pcx
ID Tag Honda PCX 150 terdiri dari sembilan angka unik yang berbeda-beda di tiap motor

Jika hal tersebut dilakukan, maka kenop pintar Honda PCX 150 bakal menyala. Inilah tanda bahwa siap untuk dimasukkan kode nomor sesuai ID Tag.

Biasanya, ID Tag memiliki sembilan kombinasi angka. Bila angka pertama nol, berarti tidak perlu ditekan. Tunggu saja sampai lampu kenop pintar berkedip.

Lanjutkan ke angka berikutnya. Kalau ditemui nomor tujuh, berarti kamu perlu tekan tujuh kali. Tunggu lagi sampai berkedip dan masukkan lagi nomor selanjutnya. Lakukan hal tersebut sampai semuanya angka ID Tag terinput.

Jika semuanya dilakukan dengan benar, maka lampu akan berkedip beberapa kali dan diam stabil.

4. Cabut EM Connector

Honda PCX 150
Jika semua sudah dilakukan, rapihkan kembali Honda PCX 150 kamu seperti semula supaya menghindari ada komponen penting yang hilang

Hal yang perlu kamu lakukan selanjutnya, cabut EM Connector warna biru dari socket. Lalu simpan lagi di tool kit untuk mencegah komponen itu hilang.

Tutup jok Honda PCX 150, namun kamu tidak bisa turunkan begitu saja. Perlu pakai emergency key dengan menempelkan di kotak samping kenop pintar. Caranya kebalikan dengan membuka jok.

Lalu tutup kotak tersebut pakai kovernya. Intinya kembalikan semua komponen ke kondisi semula.

5. Aktifkan Mesin Motor Seperti Biasa

panel instrumen pcx 150
Honda PCX 150 telah dilengkapi dengan sistem keyless yang canggih sekaligus antimaling

Jika sudah rapih, cara mengaktifkan motor PCX tinggal dilakukan seperti biasa. Putar kenop pintar ke posisi on, kemudian tekan tombol starter. Maka mesin otomatis aktif.

Kamu tidak perlu takut, kalau mesin mati di tengah jalan. Lantaran untuk mengaktifkannya cukup lakukan cara biasa. Tidak perlu repot-repot melakukan lagi langkah darurat seperti yang sudah dijabarkan di atas.

Baca juga  7 Rekomendasi Motor Bekas Rp 5 Jutaan

6. Bawa Ke Bengkel untuk Beli Remote Baru

sistem keyless PCX 150
Jika remote keyless hilang, biaya untuk menggantinya bisa mencapai jutaan rupiah

Selanjutnya, kamu segera bawa motor tersebut ke bengkel resmi Honda supaya bisa dibuatkan remote duplikat. Kalau bengkel resmi memberi pelayanan yang lama. Dapat pula dicoba bengkel-bengkel aftermarket seperti Pak Wiet Custom (PWC) di daerah Ciledug, Tangerang.

Untuk harga remote kira-kira Rp 1 juta. Lalu untuk melakukan pairing atau memasukkan ID Tag ke remote, biayanya Rp 100 ribu. Kalau ID Tag juga hilang, maka perlu dilakukan reset smart control unit (SCU) yang biayanya mencapai Rp 1,1 juta.

7. Pulang Ke Rumah Bila Masih Punya Remote Cadangan

Honda PCX 150 Facelift
Honda memberikan remote cadangan sewaktu kamu membeli motor pertama kali, jangan sampai hilang

Terakhir yang perlu kamu ketahui, Honda sebenarnya memberi PCX 150 dua remote. Satu adalah remote untuk dipakai sehari-hari. Remote satu lagi bertugas sebagai cadangan.

Jika remote pertama hilang, maka kamu bisa pulang ke rumah untuk mengambil remote cadangan. Hanya saja, hal tersebut kadang tidak mungkin dilakukan. Apalagi jarak motor dengan rumah terlampau jauh. Misal saat kamu melakukan touring.

Itulah tadi tujuh cara menghidupkan motor PCX tanpa remote keyless, mudah bukan? Semoga saja kamu tidak perlu sampai melakukan langkah-langkah yang kami berikan ya!

Lebih baik mencegah remote hilang. Caranya dengan selalu menempatkannya di lokasi yang sama. Lalu kamu bisa pula berikan gantungan dengan ukuran besar, agar mudah dikenali dan tidak gampang terselip.

Baca juga:

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

Terbaru