Kunci Motor Hilang? Simak 6 Hal yang Harus Dilakukan

Kunci motor merupakan bagian yang sangat penting walaupun sering disepelekan. Tanpa kunci tentu motor tidak akan bisa menyala. Beberapa orang mungkin termasuk kamu pernah mengalami kunci motor hilang. Menyebalkan sekali bukan?

Kunci motor hilang memang merepotkan apalagi jika hilangnya di saat yang kurang tepat. Saat sedang terburu-buru misalnya. Pasti ini akan bikin tensi naik dan panik langsung menyerang.

Banyak hal yang bisa jadi alasan kunci motor hilang. Bisa jadi karena lupa dimana menyimpannya, terjatuh, atau bisa jadi terbawa orang lain secara tidak sengaja. Nah, jika hal ini sampai terjadi ada baiknya untuk mencoba tips berikut ini.

6 Hal yang Harus Dilakukan Saat Kunci Motor Hilang

kunci motor hilang
Memiliki kunci duplikat sangat penting untuk keadaan seperti ini!

1. Jangan Panik

Tetap tenang merupakan jalan terbaik untuk mengatasi semua masalah termasuk saat kunci motor hilang. Panik hanya akan membuat suasana makin keruh dan bisa jadi memicu pertengkaran.

2. Cari Kunci Cadangan

Dengan adanya kunci cadangan tentu masalah ini akan langsung selesai. Pastikan untuk menyimpan kunci cadangan di tempat yang aman dan mudah diingat. Ini untuk mempermudahmu untuk mengambil kunci cadangan saat terjadi peristiwa kehilangan kunci.

3. Pakai Jasa Tukang Kunci

Kalau ternyata kamu tidak memiliki kunci cadangan, segera panggil jasa tukang kunci. Niscaya tukang kunci bisa dengan mudah membongkar kunci kontak kamu dan membuat motor kembali menyala.

4. Segera Buat Duplikat dari Kunci Cadangan

Setelah benar-benar motor bisa diaktifkan, minta ke tukang kunci untuk membuatkan kunci duplikatnya segera. Tujuannya tidak lain, ketika kamu kehilangan kunci lagi, dapat dengan mudah terselesaikan.

5. Klaim Asuransi

Jika kamu mengasuransikan motor, maka cobalah melakukan klaim. Klaim asuransi ini akan membantu mengganti kunci yang hilang. Tapi memang butuh proses yang lebih lama dibanding langsung menggunakan jasa tukang kunci.

6. Bongkar Sendiri

Untuk beberapa motor, menghidupkan mesin bisa tanpa kunci. Cara ini bisa dilakukan jika benar-benar terburu-buru dan tukang kunci tidak bisa dipanggil ke rumah. Hanya saja memang cara ini beresiko.

Coba potong kabel yang menuju kunci lalu sambung dua kabel yang dipotong tersebut. Motor akan menyala. Saat itu melajulah ke tukang kunci untuk membuat duplikat dari kunci yang hilang.

Baca juga:

Tips Agar Kunci Motor Tak Mudah Hilang

kunci motor hilang
Gantungan membuat kunci motor mudah ditemukan!

Memang lebih baik mencegah daripada memperbaiki. Nah, cara berikut ini akan bisa jadi antisipasi agar tidak sampai terjadi kehilangan kunci motor. Check these out:

  • Gunakan gantungan kunci motor agar mudah ditemukan. Memakai gantungan kunci motor akan membuatmu selalu ingat dimana posisi kunci motor berada. Coba pakai gantungan yang sedikit mencolok atau cukup besar, tapi hindari bahan yang berat karena bisa merusak lubang kunci.
  • Saat berada di parkiran atau halaman rumah pastikan untuk selalu memeriksa dua lubang kunci motor sebelum meninggalkannya. Periksa lubang kunci untuk menghidupkan motor dan lubang kunci untuk membuka bagasi motor. Mayoritas orang kadang lupa saat terburu-buru atau setelah membuka bagasi.
  • Siapkan gantungan khusus untuk menyimpan kunci di rumah. Ini bisa dilakukan di samping pintu, depan cermin atau tempat strategis lainnya. Cara ini memang yang paling efektif, karena kita secara otomatis akan langsung menuju ke arah gantungan saat akan meletakkan atau mengambil kunci. Hindari meletakkan kunci di sembarang tempat karena bisa membuatmu lupa.
  • Hindari menyimpan kunci pada kantong saku baju. Jangan dengan alasan kunci mudah dijangkau, lantas jadi membuatmu ceroboh menyimpannya pada saku baju. Ini malah akan membuat kunci rentan jatuh dan tidak disadari. Tapi jika saku baju memiliki kancing, ini akan lebih aman dan kunci tidak akan jatuh saat kita bergerak.
  • Tips terakhir ini berhubungan dengan psikologis. Kamu bisa mencoba untuk mengucapkan dengan lantang tempat menyimpan atau meletakkan kunci tersebut. Saat kamu melakukan ini, diam-diam alam bawah sadar akan merekamnya dengan kuat. Ini akan membantumu mengingat dimana kunci terakhir disimpan atau diletakkan.

Jangan Teledor dan Tetap Hati-hati Saat Menyimpan Kunci Supaya Tidak Hilang

 
Tempelkan gantungan besar di kunci motor kamu, supaya mudah ditemukan!

Ini adalah yang terpenting agar tidak sampai terjadi kunci motor hilang. Intinya adalah untuk selalu berhati-hati saat menyimpan kunci motor. Jangan pula menyepelekan soal kunci karena ini adalah salah satu bagian terpenting agar motor bisa hidup.

Semoga ulasan ini bermanfaat untukmu ya! Nantikan informasi lainnya yang tak kalah menarik hanya di Moladin.com. 

Share this!

Baghendra Lodra

Jurnalis otomotif sejak 2012. Spesialisasinya sebagai reviewer motor dan mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *