by

5 Estimasi Biaya Motor Terendam Banjir, Ini Besarannya

Estimasi Biaya Motor Terendam Banjir – Intensitas hujan yang tinggi membuat sebagian daerah terendam, bahkan genangan air cukup tinggi sehingga membuat kendaraan roda dua dan roda empat pun sulit untuk melintasi. Sebab, tingginya genangan air bisa memenuhi bagian ruang mesin yang bila terkena air maka akan mengakibatkan mati.

Kalau sudah begini tidak disarankan untuk memaksakan menerobos genangan air yang terlalu tinggi. Banyak risiko yang dihadapi pengendara, mulai dari keselamatan yang terancam sebab terseret arus, sampai dengan biaya bongkar mesin yang terlalu tinggi bisa mencapai jutaan rupiah.

Akan tetapi kalau sudah terjadi, tidak apa-apa. Biarkan saja akan tetapi perhatikan dengan benar cara penangan motor terendam banjir agar estimasi biaya yang dikeluarkan tidaklah terlalu besar dan bikin kantong jebol. Apalagi, saat motor sudah terendam banjir, maka sudah dipastikan ada beberapa komponen yang harus mendapatkan penggantian. Berikut ini kami berikan estimasi biaya motor terendam banjir dari yang ringan sampai yang berat.

 

1. Panggil Teman Mekanik

5 Estimasi Biaya Motor Terendam Banjir, Ini Besarannya
Panggil teman yang berprofesi sebagai mekanik

Anda harus ingat, motor yang terendam banjir tidak boleh sembarangan penanganannya. Kecuali, air tidak masuk ke bagian mesin juga perangkat kelistrikan. Nah, ini bisa Anda lakukan dengan memanggil teman yang berprofesi sebagai mekanik.

Baca juga  6 Motor Matic Terbaik untuk Pria, Nomor Terakhir Wajib Dibeli!

Perlu di ingat, jangan asal menyalakan mesin motor. Salah-salah motor bisa mati total dan akan memakan banyak biaya servisnya. Konsultasikan keluhannya, dan ceritakan permasalahan motor yang terendam banjir. Biasanya kalau ringan, motor hanya perlu dikeringkan saja tanpa harus mengganti komponen.

Paling yang wajib diganti adalah oli mesin dan oli gardan (untuk motor matik), estimasi biayanya juga dipastikan murah. Karena, tidak perlu ada biaya untuk konsultasi ke mekanik. Hanya beli oli mesin, harganya mulai Rp 30.000 – Rp 60.000-an. Sementara oli gardan, dijual di kisaran Rp 15.000-an.

 

2. Servis Ringan di Bengkel Terdekat

2 4
Lakukan servis ringan seperti ganti oli mesin

Sedikit agak mahal, tetapi harus dilakukan. Sebab, biasanya kalau air sudah masuk ke bagian mesin tidak boleh hanya diganti olinya. Sistem pengapian juga harus di cek. Karena, ruang bakar yang terendam banjir akan merembet pada mesin yang tak mau menyala.

Saat kondisi seperti, datang ke bengkel terdekat. Estimasi biaya servis motor yang terendam banjir sedikit lebih mahal. Biayan di kisaran Rp 200 ribuan. Hal ini yang biasanya akan dilakukan oleh mekanik. Penggantian busi mulai dari Rp 12.000 – Rp 28.000-an, filter udara berkisar di harga Rp 21.000 – Rp 130.000-an. Oli mesin, harganya mulai Rp 30.000 – Rp 60.000-an. Sementara oli gardan, dijual di kisaran Rp 15.000-an.

Baca juga  Vario 125 CBS atau Mio M3 AKS SSS, Pilih Mana?

 

3. Tak Bisa Hanya Servis Sekali

servis motor secara berkala
Servis kembali dengan mengganti oli mesin, dsb

Kalau sudah dilakukan servis ringan, bukan berarti masalah motor yang habis terendam banjir selesai. Sebaiknya datang kembali ke bengkel untuk melakukan servis lagi, tidak banyak yang diganti. Tapi bagian pelumas wajib diganti lagi, hal itu bertujuan untuk meyakinkan sudah tidak ada air di bagian dalam mesin. Bagian busi juga penting untuk dicek lagi agar pembakaran tetap maksimal.

Agar menadi lebih maksimal, bisa juga gunakan engine flush yang dicampur ke olie mesin. Engine flush juga bagus untuk menguras bagian dalam mesin. Kalau di estimasi biaya motor terendam banjir, tidak memakan banyak biaya. Mungkin sekitar Rp 100 ribuan.

 

4. Cek Bagian Kelistrikan

Kelistrikan Motor
Cek bagian kelistrikan juga

Nah, mungkin selanjutnya ini juga tidak kalah diperhatikan. Kalau motor terendam sampai dengan bagian kelistrikan ini bahaya dan memakan biaya banyak. Estimasi biaya motor terendam banjir untuk kasus yang seperti ini mungkin tidak cukup hanya sekedar ganti oli mesin dan oli gardan saja.

Sebab, perlu adanya cek kondisi kelistrikan juga. Untuk jasa pengecekan ringan dikenakan tarif Rp 35 ribu dan pengecekan lengkap Rp 75 ribu. Belum lagi kalau harus ganti part di bagian ini. Sehingga bisa disimpulkan biayanya akan lebih dari Rp 200 ribuan. Sebab, harus juga dilakukan penggantian di pelumas, filter udara dan bagian busi juga.

Baca juga  Penyebab Motor Matik Bergetar Saat Digas, Solusinya Tidak Sulit

 

5. Servis Turun Mesin

estimasi-biaya-motor-terendam-banjir
Kalau sampai parah, motor perlu di servis turun mesin atau overhaul

Ini yang terparah dan biaya yang harus dikeluarkan benar-benar tidak murah. Kasus ini terjadi bila motor benar-benar terendam hingga lama denga ketinggian hingga menutup bagian bagasi motor. Jika sampai ini terjadi, maka estimasi biaya motor terendam banjir bisa mencapai Rp 400 – 600 tergantung tipe motornya.

Jadi, sebaiknya sedini mungkin saat motor terendam banjir jangan ditangani sendiri. Langsung datang ke bengkel terdekat, lebih bagus lagi kalau bengkel resmi. Tapi, mudahnya cukup dengan menghubungi teman yang berprofesi sebagai mekanik. Hal yang perlu di ingat, jangan langsung nyalakan motor saat terendam banjir.

Baca juga:

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru