by

5 SUV Premium Pejabat Negara di Indonesia

Ragam SUV premium pejabat negara kerap berseliweran di jalanan. Bodi gagah, mesin besar, serta harga mahal jadi ciri khasnya. Lalu untuk warna, kebanyakan pakai cat hitam.

Alasan penggunaan mobil jenis tersebut, tidak lain lantaran tangguh dipakai di berbagai medan jalan. Bukan cuma aspal tapi juga offroad. Selain itu ada faktor kenyamanan pun jadi kelebihan. Meski tampilannya tangguh, namun yang namanya kendaraan premium pasti mampu menghadirkan kabin super nyaman dengan banyak fitur modern.

Beberapa brand SUV premium pejabat negara yang sering digunakan tidak hanya berasal produsen otomotif Jepang. Ada pula dari brand Eropa dan Amerika Serikat juga dipilih demi menjalankan tugas negara yang diemban.

Mengenai mobil apa saja yang digunakan, berikut ini kami telah rangkum 5 SUV yang menjadi pilihan dari pejabat di Indonesia. Buat yang penasaran, simak bahasan di bawah:

1. Lexus LX570 – Presiden RI, Joko Widodo

SUV Premium Pejabat Negara di Indonesia
Lexus LX570 yang dipakai Jokowi

SUV premium pejabat negara yang satu ini memang tidak salah untuk dijadikan sebagai kendaraan dinas. Kendaraan tersebut sempat digunakan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo ketika menerobos banjir saat kunjungan negara di Kalimantan Selatan.

Baca juga  5 Perbedaan DFSK Glory i-Auto Vs Glory 580

Melihat spesifikasi yang digendongnya, Lexus tidak perlu diragukan. Mengacu pada spesifikasi dasar, kendaraan tersebut hadir dengan dimensi panjang 5.065 mm, lebar 1.980 mm dan tinggi 1.910 mm.

Bukan hanya dari dimensi yang bisa menopang penggunanya, tetapi untuk mesin yang digunakan juga sudah memiliki spesifikasi tinggi lantaran dipersenjatai dengan mesin V8 3UR-FE berkapasitas 5.7 liter natural aspirated berstandar Euro 4.

2. Toyota Land Cruiser 200 – Presiden RI, Joko Widodo

suv premium pejabat
Mobil ini pernah dipakai Joko Widodo saat mengunjungi calon Ibu Kota baru di Kalimantan

Sebagai orang nomor satu di Indonesia, Joko Widodo juga pernah menunggangi kendaraan dinas lain. Kali ini SUV premium pejabat negara yang jadi pilihannya adalah Toyota Land Cruiser 200.

Mobil ini memang beberapa kali tertangkap kamera digunakan dan terlihat sangat andal untuk menerobos medan. Salah satunya saat dipakai berdinas menengok lokasi calon ibu kota baru Indonesia di Kalimantan Timur.

Toyota Land Cruiser 200 dibekali dengan dimensi panjang 4.950 mm, lebar 1.970 mm dan tinggi 1.905 mm. Mengandalkan mesin V8 dengan kode 1VD-FTV berkapasitas 4.5 liter, tenaga yang dihasilkan mampu mencapai 235 PS dan torsi maksimum sebesar 615 Nm.

Baca juga  Nissan X-Trail Terbaru, Gagah dan Bertenaga!

3. Jeep Wrangler Rubicon – Bupati Karanganyar, Juliyatmono

mobil suv pejabat
Jeep Wrangler Rubicon ini digunakan oleh Bupati Karanganyar, Juliyatmono

Di samping SUV besutan negeri matahari terbit, pejabat di Indonesia juga kedapatan menggunakan mobil asal Amerika Serikat. Salah satu yang cukup viral ketika menungganginya adalah Bupati Karanganyar, Juliyatmono dengan Jeep Wrangler Rubicon.

SUV premium pejabat negara itu memiliki banderol sekitar Rp 2 miliar. Dipakai sebagai mobil dinas orang nomor satu di Karanganyar tersebut, lantaran kemampuan offroad yang istimewa.

Mesin yang digendong berkapasitas 2.0L turbocharging dan mild hybrid. Sanggup memuntahkan torsi 400 Nm dan tenaga 270 hp.

Walau demikian, Jeep Wrangler Rubicon Bupati Karanganyar sempat viral, karena pernah tidak kuat menembus sungai. Alhasil mobil tersebut harus ditarik oleh kendaraan lain.

4. Land Cruiser Prado – Menkopolhukam 2014-2019, Wiranto

mobil suv premium pejabat
Land Cruiser Prado

SUV Premium pejabat selanjutnya adalah Toyota Land Cruiser Prado. Kendaraan ini sempat dipakai oleh Menteri Koordinator Politik Hukum dan Ham periode 2014-2019, Wiranto.

Momen Wiranto tampak menggunakannya adalah pada kunjungan ke Pandeglang, Banten. Ketika turun dari mobil, dia langsung ditusuk oleh salah satu orang yang berada di sana. Lalu Wiranto dilarikan ke rumah sakit, juga dengan Land Cruiser Prado tersebut.

Baca juga  10 Mobil SUV Murah dan Terbaik di Indonesia

Di pasar global, SUV premium pejabat ini memiliki berbagai macam jenis mesin. Khusus versi bensin tersedia opsi: 2.700 cc tipe 2TR-FE hingga mesin bensin 4.000 cc 1GR-FE berkonfigurasi V6.

Lalu buat pilihan mesin diesel ada: 2.800 cc dan 3.000 cc. Di pasar Indonesia, penggunaan Land Cruiser Prado biasanya pakai jantung mekanis diesel 2.800 cc.

5. Mercedes-Benz G-Class – Presiden RI, Joko Widodo

mobil suv premium pejabat
G-Class pada dasarnya merupakan mobil Paspamres, tapi Jokowi pernah berada di dalam kabinnya saat kunjungan ke Lampung

Pada beberapa kesempatan, Presiden RI, Joko Widodo menggunakan Mercedes-Benz G-Class untuk keperluan dinas. Hal ini diketahui ketika mengunjungi Lampung dalam melihat proses pembangunan tol baru pada 2016.

Kelebihan dari G-Class, tampilannya sungguh gagah. Lalu punya mesin besar. Buat mobil yang dipakai Jokowi kemungkinan bertipe G 300 CDI dengan rangka long wheelbase.

Pada dasarnya mobil ini merupakan kendaraan yang digunakan untuk melakukan pengawalan presiden. Jantung mekanisnya meminum solar dengan konfigurasi V6 3.0L turbo.

Itulah bahasan lima SUV premium pejabat negara di Indonesia. Adakah kamu punya salah satunya?Untuk informasi terbaru seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru