by

Hal Sepele Ini Penyebab Velg Motor Bengkok

Velg Motor Bengkok – Secara umum, sepeda motor memiliki dua jenis velg yang sering digunakan: velg jari-jari (spoke wheel) dan velg racing (cast wheel).  Keberadaan keduanya pun mampu membuat tampilan sepeda motor tampak stylist.

Soal perawatan, velg racing cukup mudah dibersihkan, sedangkan membersihkan velg jari-jari membutuhkan waktu lebih lama karena komponen-komponen harus dibersihkan secara terpisah.

Mengacu pada tren, sebagian besar velg motor masa kini jamak menggunakan cast wheel karena lebih mudah dibersihkan serta kuat. Sekadar informasi, velg racing  menggunakan bahan alloy sehingga tidak mudah bengkok.

Meski begitu, bukan berarti velg model cast wheel antirusak. Ada beberapa hal yang bisa membuat velg motor jenis ini bengkok. Apa saja? Dan bagaimana cara memperbaikinya? Simak bahasan berikut:

Penyebab Velg Motor Bengkok

velg motor bengkok

Kadang hal yang tidak disadari merupakan penyebab dari velg motor bengkok. Oleh karena itu, mulai dari sekarang kamu harus lebih waspada dan berhati-hati.

Pasalnya kalau sudah bengkok atau rusak, velg bakal tidak nyaman dipakai. Selain tampilannya jelek, motor juga semakin sulit dikendalikan. Ujung-ujungnya bisa menyebabkan kecelakaan, semoga sih tidak sampai terjadi.

Supaya kamu paham, berikut penyebab utama mengapa velg motor bisa bengkok. Perhatikan baik-baik:

1. Melewati jalan rusak/bergelombang

Banyak kasus velg motor bengkok akibat melewati jalan rusak atau bergelombang. Selain itu, tambalan aspal serta sambungan antar beton yang kurang rata pun bisa membuat velg motor penyok.

Satu lagi yang perlu Anda tahu, hati-hati ketika melakukan pengereman mendadak saat melewati lubang. Pasalnya, hard braking mampu menyebabkan velg bengkok hingga pecah, terutama bagian ban depan.

Baca juga  Berapa Biaya Mutasi Motor? Cek Penjelasannya di Sini!

Hal ini dikarenakan saat pengendara melakukan hard braking, titik berat pengereman bertumpu di ban depan. Oleh karena itu, ada baiknya Anda melaju perlahan saja ketika bertemu jalan berlubang. Bahkan sebisa mungkin menghindarinya!

2. Tekanan Angin Ban Kurang

Faktor lain yang bisa membuat velg penyok adalah tekanan angin pada ban. Alasannya, ban berfungsi sebagai peredam guncangan ketika motor melewati jalan bergelombang. Maka, tekanan angin harus sesuai dengan standar pabrikan.

Apabila tekanan ban kurang, maka ban tidak cukup kuat untuk meredam permukaan jalan bergelombang sehingga lebih menekan velg. Bila dilakukan dalam kurun waktu lama, hasilnya velg motor bisa bengkok. Jadi, sebelum melakukan perjalanan, usahakan selalu memeriksa tekanan ban, ya!

3. Ukuran Ban Tidak Sesuai Pelek

Penyebab velg motor bengkok yang terakhir, tidak ada kesesuaian ukuran ban dengan pelek. Ini biasa terjadi saat mengadopsi gaya hellaflush. Sering kali kita pilih ban yang lebih kecil dari ukuran pelek.

Memang tampilannya jadi unik, tapi itu tidak direkomendasikan untuk penggunaan harian. Kenapa? Selain berkendara jadi kurang nyaman, velg juga lebih rentan terkena benda asing dan bengkok. Maklum ukuran velg untuk gaya hellaflust, justru dibuat lebih lebar dari ban.

Paling baik menggunakan ukuran standar pabrikan. Kalau memang ingin pakai ukuran lain, sebaiknya konsultasikan dengan mekanik bengkel resmi.

4. Pemasangan Ban dan Velg Secara Asal

Bengkel tambal ban pinggir jalan, biasanya cuma memakai alat-alat sederhana untuk memasang ban dan velg. Tidak jarang cat pelek sampai terkelupas, karena pemasangannya terlalu dipaksa. Bukan tidak mungkin, pemaksaan ini membuat velg motor jadi bengkok.

Baca juga  Fungsi Autosol dan Cara Mudah Menghilangkan Karat di Motor

Terlebih untuk velg racing, pemasangan yang tidak benar sungguh membuatnya rawan rusak. Maka dari itu, sebaiknya kamu pilih bengkel tambal ban yang benar-benar terpercaya untuk mencopot dan memasang pelek. Cari pemasangan yang pakai mesin, sehingga minim pemaksaan.

Bagaimana Cara Memperbaiki Velg Bengkok?

velg motor bengkok
Tetap gunakan ban dalam, meski pakai ban tubeless, merupakan solusi termudah!

Dalam kasus ini, beberapa ahli berbeda pendapat. Ada yang menyatakan bahwa velg racing yang sudah bengkok tidak bisa dipakai lagi, alias Anda harus menggantinya dengan velg baru.

Oleh karena itu hindari melakukan pres ulang karena akan merusak ketahanan mikrostruktur material pembuat velg tersebut. Presisi velg yang dipres ulang biasanya belum tentu sama dengan standar pabrikan. Kabar buruknya, sewaktu-waktu velg pres ulang bisa pecah ketika menghantam lubang.

Di sisi lain, di luar sana banyak juga bengkel yang menawarkan jasa pres velg. Kalau ingin irit, Anda bisa memilih opsi satu ini. Tapi, tunggu dulu. Anda tak boleh asal memilih jasa pres velg motor.

Sebaiknya hindari jasa pres velg yang proses pengerjaannya menggunakan teknik dipanaskan terlebih dahulu. Kalau ini dilakukan, velg motor akan kembali bengkok dan ketika dipres untuk ke dua kali, bisa pecah.

Tips Merawat Velg Motor

velg motor bengkok
Kebanyakan motor saat ini memakai velg racing sebagai bawaan pabrik

Menghindari lubang di jalanan menjadi tips ampuh untuk mencegah velg motor mengalami bengkok. Untuk pengguna velg model spoke wheel, ada satu hal lagi yang perlu Anda lakukan, yaitu merawat jeruji agar tidak cepat berkarat. Bagaimana caranya?

1. Bilas motor setelah hujan

Pada dasarnya velg jari-jari berbahan dasar stainless. Akibatnya, velg jenis ini tidak begitu ramah dengan air hujan yang mengandung asam. Apabila motor yang Anda gunakan untuk menembus hujan selama perjalanan menggunakan velg jari-jari, pastikan membilasnya dengan air bersih ketika sampai rumah.

Baca juga  Tambal Ban Tubeless dengan Cara Ditusuk, Apakah Efektif?

Bila tidak dilakukan, maka jangan heran bila di kemudian hari permukaan jari-jari timbul karat yang bisa merusak penampilan motor.

2. Bersihkan dari debu

Selain air hujan, kotoran seperti lumpur dan debu juga bisa membuat velg motor jadi berkarat apabila Anda tak rutin membersihkannya. Oleh karena itu, paling tidak bersihkanlah velg jari-jari motor Anda minimal seminggu sekali.

3. Menggunakan air soda, batu ijo, dan tanah pasir untuk mengusir karat

Bagaimana bila velg jari-jari terlanjur berkarat? Kalau begitu Anda membutuhkan air soda, tanah pasir, atau batu ijo untuk mengusirnya. Penting diketahui, air soda yang dimaksud ialah air soda murni tanpa pemanis. Untuk membersihkan karat, Anda tinggal tuang air soda di area yang berkarat, gosok hingga karat hilang, kemudian bersihkan dengan air dan keringkan.

Sementara bila Anda menggunakan batu ijo, caranya adalah dengan mencampur sebagian batu ijo dengan air soda dan minyak kayu putih. Lumuri area berkarat dengan cairan tersebut, gosok dengan kertas koran, setelah itu keringkan.

Tips membersihkan karat yang terakhir adalah menggunakan tanah pasir yang basah. Silakan gosok area berkarat menggunakan tanah pasir, bersihkan dengan air, dan keringkan.

Demikian ulasan mengenai penyebab velg motor jadi bengkok. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda merawat sepeda motor kesayangan, terutama bagian velg agar tetap dalam kondisi prima. 

Comment

Leave a Reply

Terbaru