by

Cara Memasang Glasswool Pada Knalpot 2 Tak, Mudah?

Kali ini kita akan membahas cara memasang glasswool pada knalpot 2 tak. Hanya saja pertama-tama akan dibahas dulu, apa itu glasswool?

Glasswool merupakan material insulasi yang terbuat dari Fiber Glass yang melalui proses tertentu sehingga bertekstur seperti wol atau bulu domba.

Fungsi glasswool pada knalpot motor 2 tak selain untuk meredam suara, glasswool juga dapat mempengaruhi performa dari motor 2 tak milik kalian. Karena jenis bahan glasswool ini berbeda beda, dan dari bahannya sendiri memiliki karakter yang berbeda beda.

Glasswool untuk knalpot ada beberapa tipe yaitu, Glasswool Kuning, Glasswool Putih, Steelwool dan Carbon Fiber. Dari empat tipe tersebut memiliki perbedaan karakter suara yang identik, serta umur pakai berbeda.

Untuk tempat mengganti glasswool kamu bisa mengunjungi bengkel-bengkel knalpot yang terdekat atau bengkel knalpot langganan kamu yang menawarkan jasa ganti glasswool knalpot.

Disampaikan oleh Eko Hernawan dari Odan Muffler bahwa untuk penggunaan glasswool pada knalpot motor harus dicek secara berkala. Sebab jika Glasswool didalam silincer sudah habis terbakar, tarikan motor bisa jadi tidak bertenaga.

“Ketika glasswool sudah habis terbakar, maka tidak ada penahan udara. Karena gas buang yang seharusnya kembali, malah terbuang semua ke udara,” ujar Eko.

Harga glasswool sebetulnya sangat terjangkau. Untuk glasswool berwarna kuning itu lebih murah, harganya berkisar di Rp 5 ribuan sampai dengan Rp 10 ribuan. Jenis glasswool ini paling mudah terbakar jadi tidak direkomendasikan.

Baca juga  Penyebab dan Cara Memperbaiki Rem Cakram Motor Yang Blong

“Setidaknya, gunakan glasswool yang berwarna putih. Jenis glasswool ini agak lebih awet, harganya sekitar Rp 7 ribuan sampai dengan Rp 15 ribuan,” tegas Eko.

Langkah-Langkah untuk Memasang Glasswool Pada Knalpot 2 Tak

Cara memasang glasswool pada knalpot 2 tak
cara memasang glasswool pada knalpot 2 tak sebetulnya tidak terlalu susah.

Untuk kamu ketahui, cara memasang glasswool pada knalpot 2 tak sebetulnya tidak terlalu susah. 

Hanya saja, bagi kamu yang memiliki knalpot yang tidak bisa dibongkar pasang bagian silincer, pasti akan terasa lebih sulit. Karena kamu harus memotong bagian ujung knalpot dengan gerinda lalu memasangnya kembali setelah penggantian glasswool.

Langkah pertama kali yang harus kamu lakukan adalah membuka bagian silincer knalpot motor 2 tak kamu.

Selanjutnya, kamu bisa keluarkan bagian dalam silincer knalpot. Bersihkan pipa bagian dalam knalpot dari kotoran-kotoran sisa glasswool yang terbakar.

Setelah dibersihkan bungkus pipa bagian dalam knalpot dengan lembaran glasswool knalpot. Usahakan gunakan 1 lembar glasswool saja, karena jika terlalu tebal akan mengurangi performa motor.

Pasang kembali pipa yang ada di dalam knalpot, lalu tutup kembali head silincer knalpot. Mudah bukan cara memasang glasswool pada knalpot 2 tak?

Baca juga  5 Cara Merawat Jas Hujan Supaya Awet

Selanjutnya kamu bisa uji coba dahulu suara knalpot motor 2 tak kamu, apabila suaranya masih terlalu nyaring atau cempreng kamu bisa tambahkan lapisan glasswool dengan mengikuti cara di atas seperti dari awal.

Jika sudah sesuai dengan suara yang diharapkan, jangan lupa untuk sesuaikan dengan putaran mesin motor kamu. Setel posisi idle atau langsam motor. Karena, biasanya akan ada perubahan pada posisi idle atau langsam ketika kita sedang menyesuaikan knalpot.

“Caranya sih gampang tapi memang harus sabar dan telaten. Knalpot sama mesin saling berhubungan, jadi harus sama-sama disesuaikan antara keduanya, biar tarikan motor tetap normal,” papar Eko.

Kapan Waktunya Ganti Glasswool Motor 2 Tak?

cara memasang glasswool pada knalpot 2 tak
Kalau suara knalpot sudah mulai cempreng waktunya ganti glasswool

Sejatinya memang tak ada waktu yang pasti untuk mengganti glasswool untuk motor 2 tak. Tapi bagi kamu yang menggunakan motor 2 tak dengan knalpot racing bakal lebih sering mengganti glasswool knalpot.

“Buat motor 2 tak paling sering ganti glasswool knalpot. Karena motor 2 tak biasanya gampang basah knalpotnya. Biasanya oli atau bahan bakar suka mampir ke bagian knalpot. Kalau sudah kena panas bikin glasswool cepat kebakar,” jelas Eko.

Kamu bisa merasakan ciri-ciri kapan waktunya ganti glasswool knalpot motor kamu.

Ciri pertama bisa dideteksi dari suara motor, jika suara knalpot motor 2 tak sudah mulai bersuara nyaring atau cempreng bisa dipastikan glasswool di dalam silincer knalpot sudah menipis atau bahkan sudah habis. Segera lakukan penggantian glasswool, agar suara knalpot kembali normal lagi.

Baca juga  5 Tips Belajar Motor untuk Wanita yang Mudah dan Aman

Ciri kedua adalah, tarikan motor sudah mulai berkurang. Bisa jadi lapisan glasswool knalpot motor kamu sudah mulai menipis. Segera lakukan pengecekan, periksa kondisi glasswool knalpot motor 2 tak kamu. Jika sudah mulai ada yang terbakar, kamu bisa segera lakukan penggantian glasswool.

“Dengan melakukan penggantian glasswool pada knalpot racing maka dijamin suara knalpot menjadi lebih padet lagi. bulet dan kembali enak lagi di dengar,” ungkap Eko.

Disampaikan oleh Eko, untuk harga jasa mengganti glasswool knalpot motor pada setiap bengkel berbeda-beda. Tergantung pada kondisi knalpotnya.

Jika untuk proses penggantian glasswool knalpot tanpa ada pengelasan knalpot tentunya lebih murah.

“Paling kalau yang enggak pakai ngelas knalpot cuma bayar uang jasa sama pembelian glasswool saja sekitar Rp 50 ribuan. Tapi kalau ada pengelasan bisa beda sedikit karena ada biaya ngelas juga paling total habis Rp 75 ribuan sampai Rp 100 ribuan,” jelas Eko.

Buat kamu yang mau tahu informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru