oleh

14 Lampu Indikator Mobil, Harus Paham Artinya!

Masih banyak pemilik mobil yang belum memahami arti dari lampu indikator mobil. Padahal lampu indikator tersebut mempunyai arti atau memberikan peringatan jika terjadi suatu hal pada mobil.

Setiap lampu indikator mobil yang umumnya terdapat pada speedometer mempunyai masing-masing arti. Dimana arti tersebut umumnya sebagai tanda peringatan bahwa telah atau akan terjadi sesuatu pada salah satu komponen mobil.

Seperti contohnya saat pengemudi atau penumpang depan tidak menggunakan sabuk pengaman. Maka akan muncul lampu indikator dengan motif orang menggunakan seatbelt yang menyala, bahkan di beberapa mobil seperti Avanza lansiran di atas tahun 2016 akan muncul bunyi peringatan.

“Setiap lampu indikator di mobil itu ada artinya. Namun sayangnya banyak pemilik mobil yang belum memahaminya. Keuntungan dari bisa memahami atau mengartikan lampu indikator mobil adalah kita bisa mengantisipasi kerusakan komponen mobil,” ungkap Aris Triyono, Service Advisor Daihatsu. (5/1/2022).

Nah, untuk mengetahui lebih jauh lampu indikator mobil beserta artinya. mari kita simak ulasannya berikut ini.

1. Lampu Indikator Rem Parkir

lampu indikator mobil

Lampu indikator rem parkir mempunyai tampilan sebuah lingkaran dan P pada bagian tengahnya. Itu artinya bahwa rem tangan masih aktif, jadi sebelum mobil berjalan pastikan dahulu rem tangan sudah tidak aktif agar terhindari dari kerusakan komponen, utamanya pada bagian kaki-kaki.

2. Lampu Indikator Pengisian Aki

Saat aki kekurangan cairan atau sudah ngedrop maka umumnya lampu indikator mobil akan menyala. Dimana lampu tersebut ada motif bergamar aki berwarna kuning.

Jika tanda tersebut sudah muncul, baiknya pemilik mobil segera mengisi ulang air aki untuk aki basah. Sementara untuk aki kering bisa diganti dengan yang baru.

Sebab, jika aki mobil dibiarkan bermasalah berlarut-larut imbasnya mobil akan susah dihidupkan. atau bisa jadi di tengah jalan mogok.

3. Lampu Indikator Temperatur Mesin

Lampu indikator mobil untuk temperatur mesin berfungsi untuk memberikan peringatan suhu panas pada mesin kendaraan ketika mengalami overheat. Jika Anda mendapati kondisi ini, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mematikan komponen elektronik yang bisa membebani mesin seperti AC maupun Audio.

4. Lampu Indikator Check Engine

lampu indikator mobil

Check Engina bisa disebabkan karena adanya soket yang kendor. Selain itu juga dapat Memiliki bentuk gambar seperti mesin, apabila menyala mengindikasikan adanya suatu masalah yang terjadi pada bagian mesin atau controlnya.

Meski demikian, hal tidak selalu menunjukkan kerusakan serius bagi pengguna. adanya komponen/sensor pada mesin yang membutuhkan penggantian.

5. Lampu Indikator Tekanan Oli Mesin

Lampu indikator mobil yang satu ini seperti teko dengan fluida menetes, jika menyala menandakan sistem pelumasan mesin mobil Anda bermasalah.

Masalah pada tekanan oli mesin bisa diakibatkan dari volume oli menurun atau dari sistem pelumasan yang bermasalah. Lakukan pengecekan volume oli dan tambahkan jika kurang dan cek adanya kebocoran.

6. Lampu Indikator ABS (Anti-lock Braking System)

City type Z atau Civic Ferio
Ilustrasi indikator lampu rem ABS

Jika muncul peringatan lingkaran dan tulisan ABS pada bagian tengahnya, itu artinya ada masalah pada sistem tersebut. Ketika sistem ABS bermasalah fungsi rem tetap berfungsi dengan tipe konvensional, sehingga tidak perlu di khawatirkan rem tidak beroperasi.

Meski demikian, baiknya pemilik mobil segera memeriksakan mobilnya ke bengkel agar kerusakan tidak menjalar ke komponen lain serta kenyamanan dan keamanan mobil selalu terjaga.

7. Lampu Indikator Minyak Rem

Jika muncul tanda berbentuk lingkaran dengan tanda seru pada bagian tengahnya, itu menunjukkan volume minyak rem kurang, dikarenakan hausnya kampas rem akibat penggunaan atau adanya kebocoran. Tambahkan minyak rem dengan jenis yang sama.

8. Lampu Indikator Transmisi Otomatis

lampu indikator ini jelas hanya ada di mobil bertransmisi otomatis. Nah, apabila indikator tersebut menyala berarti ada maslah pada sistem transmisinya.

9. Lampu Indikator Electric Power Steering (EPS)

lampu indikator mobil

EPS tentu hanya dimiliki pada kendaraan yang menggunakan Electric Power Steering. Nah, jika indikator tersebut menyal itu menandakan adanya malfungsi pada sistem, yang ditandai dengan steeringterasa berat.

10. Lampu Indikator Air Bag

Lampu indikator mobil selanjutnya adalah Air Bag. yaitu berupa gambar penumpang dan kantong udara di depannya. Jika indikator tersebut menyala menandakan adanya malfungsi pada sistem air bag.

11. Lampu Indikator Immobilizer

Saat ini hampir semua produsen mobil sudah menyematkan fitur immobilizer. Gambar bulatan merah akan menyala mengedip ketika kunci dilepas atau ketika ada masalah pada sistem immobilizernya.

12. Lampu Indikator Pintu Mobil

lampu indikator mobil

Lampu indikator mobil yang satu ini mungkin bisa dibilang paling sering menyala. Sebab indikator tersebut akan muncul jika salah satu pintu mobil dalam keadaan tidak tertutup rapat.

13. Lampu Indikator Bahan Bakar

Indikator ini pasti sudah banyak diketahui pemilik mobil. Umumnya indikator ini bermotif gambar pom bensin yang menyala.

Selain itu, biasanya disertai dengan informasi volume bahan bakar dengan jarum ataupun bar, disertai dengan huruf E (Empty) dan F (Full).

14. Lampu Indikator Keyless Entry

Lampu indikator mobil berikutnya adalah keyless entry. Dimana indikator tersebut mempunyai gambar kunci dengan sinyal warna kuning akan menyala atau mengedip ketika kunci berada di luar kendaraan, sedangkan mesin masih hidup atau ketika ada masalah pada sistemnya.

Moladiners, itulah ulasan mengenai lampu indikator mobil beserta artinya. Untuk informasi otomotif menarik lainnya, simak terus Moladin.com.

Terbaru