Kamis, April 18, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

19 Lampu Indikator Mobil, Harus Paham Artinya!

by Firdaus Ali
lampu indikator mobil

Masih banyak pemilik mobil yang belum memahami arti dari lampu indikator mobil. Padahal simbol-simbol tersebut mempunyai arti atau memberikan peringatan jika terjadi suatu hal pada mobil.

Setiap simbol lampu di mobil yang umumnya terdapat pada speedometer, punya makna berbeda-beda. Contohnya saat pengemudi atau penumpang depan tidak menggunakan sabuk pengaman, maka akan muncul lampu indikator dengan motif orang menggunakan seatbelt yang menyala. 

Kemudian bila indikator mesin atau simbol check engine muncul di panel instrumen, berarti bisa jadi ada masalah pada mesin dan ECU. Ada pula logo perignatan lain seperti airbag, rem tangan, minyak rem, dan sebagainya.

“Setiap lampu indikator di mobil itu ada artinya. Namun sayangnya banyak pemilik mobil yang belum memahaminya. Keuntungan dari bisa memahami atau mengartikan lampu indikator mobil adalah kita bisa mengantisipasi kerusakan komponen mobil,” ungkap Aris Triyono, Service Advisor Daihatsu.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh lampu indikator mobil beserta artinya. mari kita simak ulasannya berikut ini.

1. Lampu Indikator Rem Parkir

lampu indikator rem parkir

Rem parkir punya indikator P atau tanda seru di panel instrumen

Lampu indikator rem parkir mempunyai tampilan sebuah lingkaran dan huruf P pada bagian tengahnya. Bisa juga bertanda lingkaran dengan tanda seru (!). Itu artinya bahwa rem tangan masih aktif, jadi sebelum mobil berjalan pastikan dahulu rem tangan sudah tidak aktif agar terhindari dari kerusakan komponen, utamanya pada bagian kaki-kaki.

2. Lampu Indikator Pengisian Aki

Lampu indikator mobil

Lampu indikator aki

Saat aki kekurangan cairan atau sudah ngedrop maka umumnya lampu indikator mobil akan menyala. Dimana lampu tersebut ada motif bergamar aki berwarna kuning.

Jika tanda tersebut sudah muncul, baiknya pemilik mobil segera mengisi ulang air aki untuk aki basah. Sementara untuk aki kering bisa diganti dengan yang baru.

Sebab, jika aki mobil dibiarkan bermasalah berlarut-larut imbasnya mobil akan susah dihidupkan. atau bisa jadi di tengah jalan mogok.

3. Lampu Indikator Temperatur Mesin

lampu indikator mobil

Lampu indikator temperatur mesin

Lampu indikator mobil untuk temperatur mesin terlihat seperti tanda F di mobil yang berfungsi untuk memberikan peringatan suhu panas pada mesin kendaraan ketika mengalami overheat. Jika Anda mendapati kondisi ini, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mematikan komponen elektronik yang bisa membebani mesin seperti AC maupun Audio.

Baca juga  Speedometer Mobil: Kegunaan, Bagian, dan Cara Kerjanya

4. Lampu Indikator Check Engine

lampu indikator mobil

Menyalanya simbol check engine atau lampu indikator injeksi di mobil, bisa disebabkan karena adanya soket yang kendor pada komponen mesin dan ECU. Bisa juga lantaran mesin mobil bermasalah.

Oleh karena itulah, sebaiknya datang ke bengkel terdekat untuk pengencekan, bila indikator mesin ini terus aktif. 

5. Lampu Indikator Tekanan Oli Mesin

lampu indikator mobil

Lampu indikator tekanan oli mesin

Lampu indikator mobil yang satu ini berupa lambang teko dalam mobil, jika menyala menandakan sistem pelumasan mesin mobil Anda bermasalah.

Masalah pada tekanan oli mesin bisa diakibatkan dari volume oli menurun atau dari sistem pelumasan yang bermasalah. Lakukan pengecekan volume oli dan tambahkan jika kurang dan cek adanya kebocoran.

6. Lampu Indikator ABS (Anti-lock Braking System)

City type Z atau Civic Ferio

Ilustrasi indikator lampu rem ABS

Jika muncul peringatan lingkaran dan tulisan ABS pada bagian tengahnya, itu artinya ada masalah pada sistem tersebut. Ketika sistem ABS bermasalah fungsi rem tetap berfungsi dengan tipe konvensional, sehingga tidak perlu di khawatirkan rem tidak beroperasi.

Meski demikian, baiknya pemilik mobil segera memeriksakan mobilnya ke bengkel agar kerusakan tidak menjalar ke komponen lain serta kenyamanan dan keamanan mobil selalu terjaga.

7. Lampu Indikator Minyak Rem

lampu indikator mobil

Lampu indikator minyak rem

Di samping sebagai indikator rem parkir, tanda berbentuk lingkaran dengan tanda seru pada bagian tengahnya itu juga bisa menunjukkan volume minyak rem kurang. Apalagi indikator lampu ini menyala saat rem tangan tidak kamu tarik, kemungkinan besar karena masalah minyak rem.

Sebagai solusi, kamu bisa tambahkan minyak rem dengan jenis yang sama. Usai minyak rem mobil diisi kembali, dijamin logo indikator tanda seru tersebut akan hilang.

8. Lampu Indikator Transmisi Otomatis

lampu indikator mobil - transmisi matik bermasalah

Indikator transmisi otomatis di mobil bermasalah

Lampu indikator ini, hanya ada di mobil bertransmisi otomatis. Bila ada tanda seru di dalam logo gear, maka transmisi mobil kamu bermasalah.

Baca juga  Speedometer Mobil: Kegunaan, Bagian, dan Cara Kerjanya

Tidak di semua mobil, informasi tentang transmisi otomatis yang bermasalah seperti itu. Ada pula yang memberi tanda dengan lampu transmisi D di panel instrumen berkedap-kedip. Maka ada baiknya segera ke bengkel untuk melakukan perbaikan.

9. Lampu Indikator Electric Power Steering (EPS)

lampu indikator mobil - power steering

Ciri power steering bermasalah, indikator setir menyala

EPS tentu hanya dimiliki pada kendaraan yang menggunakan Electric Power Steering. Nah, jika indikator dengan logo setir seperti dia tas tersebut menyala, tandanya ada malfungsi sistem power steering. Ini juga bisa dirasakan langsung oleh pengemudi dengan setir yang terasa lebih berat dair biasanya.

10. Lampu Indikator Air Bag

lampu indikator mobil - air bag

Lampu indikator Airbag

Lampu indikator mobil selanjutnya adalah Air Bag, yaitu berupa gambar penumpang dan kantong udara di depannya. Jika indikator tersebut menyala, menandakan adanya malfungsi pada sistem air bag.

11. Lampu Indikator Immobilizer

lampu indikator mobil

Lampu indikator immobilizer

Saat ini hampir semua produsen mobil sudah menyematkan fitur immobilizer. Gambar bulatan merah atau mobil dengan kunci akan menyala mengedip ketika kunci dilepas atau ketika ada masalah pada sistem immobilizernya.

Buat yang belum tahu, immobilizer adalah sistem keamanan pada mobil yang mencegah maling bisa membobol dengan kunci lain. Dengan immobilizer, kunci yang bisa dipakai untuk buka pintu dan mengaktifkan mesin hanyalah kunci asli bawaan pabrik.

12. Lampu Indikator Pintu Mobil

lampu indikator mobil - pintu

Pintu mobil yang belum tertutup sempurna biasanya membuat lampu indikator ini aktif

Lampu indikator mobil yang satu ini mungkin bisa dibilang paling sering menyala. Sebab, indikator tersebut akan muncul jika salah satu pintu mobil dalam keadaan tidak tertutup rapat. Jadi untuk menonaktifkannya, cukup tutup pintu mobil dengan rapat.

13. Lampu Indikator Bahan Bakar

lampu indikator mobil

Lampu indikator bahan bakar aktif ketika bensin mobil sudah mau habis

Indikator bahan bakar ini pasti sudah banyak diketahui pemilik mobil. Umumnya logonya berbentuk seperti dispenser pom bensin. Selain itu, biasanya disertai dengan informasi volume bahan bakar dengan jarum ataupun bar mendekat ke huruf E (Empty).

Baca juga  Speedometer Mobil: Kegunaan, Bagian, dan Cara Kerjanya

Untuk menonaktifkan lampu indikator mobil dengan logo bahan bakar ini, cukup isi bensin. Mudah bukan?

14. Lampu Indikator Keyless Entry

lampu indikator mobil

Lampu indikator Keyless Entry

Lampu indikator mobil berikutnya adalah keyless entry. Di mana indikator tersebut mempunyai gambar kunci dengan sinyal warna kuning yang akan menyala atau mengedip, ketika kunci berada di luar kendaraan saat mesin masih hidup.

Aktifnya indikator keyless entry ini, juga bisa karena ada kerusakan pada sistem kunci pintunya.

15. Lampu Indikator Seat Belt

lampu indikator mobil

Lampu indikator Seat Belt

Lampu indikator seat belt akan menyala jika sabuk pengaman tidak digunakan. Selain itu, sistem ini juga dilengkapi dengan suara yang akan berbunyi jika kecepatan mobil melebihi 20 km/jam dan akan berhenti bunyinya jika seat belt sudah digunakan.

16. Logo Indikator Tekanan Ban

lampu indikator mobil

Lampu indikator tekanan ban

Lampu indikator tekanan angin ban mobil akan memberikan peringatan jika ban kempis atau berkurang anginnya sampai 25% dari anjuran pabrik. Indikator ini akan menyala sekitar 1 sampai 3 detik saat mesin kendaraan dan akan segera mati jika tekanan angin dalam ban sudah sesuai.

Di beberapa mobil modern, ada pula lampu indikator tekanan ban mobil yang lebih detail. Jadi pengemudi bisa melihat tekanan angin di seluruh ban secara real time. Ini disebut juga sebagai tire pressure monitoring system (TPMS).

17. Lampu Indikator Pintu Mobil

lampu indikator mobil

Lampu indikator pintu mobil

Lampu indikator pintu akan menyala saat pintu dibuka dan segera mati saat pintu sudah ditutup. Namun begitu, jika lampu indikator terus menyala, tandanya ada pintu yang sudah tertutup tapi masih belum sempurna.

18. Lampu Indikator Fog Lamp

Lampu indikator mobil

Lampu indikator fog lamp

Lampu indikator fog lamp akan menyala saat diaktifkan. Hal ini biasanya dilakukan oleh pengemudi saat berada di daerah berkabut.

Sebagai informasi, bahwa terdapat dua jenis indikator fog lamp. Pertama, indikator front fog lamp dengan simbol setengah lingkaran dengan tiga garis sejajar miring ke kiri barah yang dipotong garis gelombang. Sementara itu, indikator rear fog lamp memiliki simbol setengah lingkaran dengan tiga garis lurus mengarah ke kanan yang dipotong garis bergelombang.

19. Indikator Traction Control

lampu indikator mobil

Lampu indikator traction Control

Jika lampu indikator Traction Control (TRC) menyala, artinya sistem memang sedang dinonaktifkan atau sedang ada malfungsi pada sistem tersebut. Kerusakan ini dapat diakibatkan karena sensor kecepatan roda atau sudut kemudi rusak.

Moladiners, itulah ulasan mengenai lampu indikator mobil beserta artinya. Untuk informasi otomotif menarik lainnya, simak terus Moladin.com.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika