by

Peraturan Penggunaan Knalpot Motor Racing, Bisa Dijerat Hukum!

Peraturan Knalpot Motor Racing – Pemilik kendaraan biasanya merasa bebas melakukan modifikasi motor sesuai selera. Ubahan yang dilakukan, mulai dari ganti suspensi, tangki, dan knalpot jadi model racing.

Khusus komponen yang terakhir disebutkan, penggantiannya dilakukan karena berbagai alasan. Umumnya pemilik motor mau meningkatkan tampilan sekaligus performa mesin.

Hanya saja ada efek samping, knalpot racing dapat menyebabkan suara kendaraan jadi bising. Alhasil suara knalpot tersebut bisa mengganggu lingkungan sekitar. Meski demikian, buat sebagian orang hal ini dianggap wajar.

Namun yang perlu kamu ketahui, peraturan soal penggunaan knalpot motor racing sudah baku di Indonesia. Bahkan tertuang di Undang-Undang dan kalau melanggar bisa kena tindak pidana.

Supaya tidak salah, sebaiknya kamu ketahui dulu peraturan tersebut dan batasan-batasannya. Untuk detailnya, simak bahasan berikut:

Aturan Berkendara Motor

peraturan knalpot motor racing
Mengganti knalpot racing memang bisa menunjang tampilan motor jadi makin kece

Bagi pengendara roda dua, harus memenuhi sejumlah persyaratan. Kamu wajib mengenakan peralatan safety selama berkendara. Tujuannya agar diri sendiri selamat, begitu juga tidak membahayakan orang lain.

Peralatan safety paling mudah, pakai helm, jaket, celana panjang, dan sepatu menutup mata kaki. Kemudian berkendara wajar serta penuh konsentrasi juga dibutuhkan.

Baca juga  Pahami Fitur AHO, Ubahan Sistem Ini Bisa Gugurkan Garansi!

Jangan sampai, kamu dalam keadaan kurang prima mengendarai motor. Efeknya kalau terjadi hal yang tidak diinginkan, justru bisa membahayakan pengendara lain.

Itu baru tentang pengendara, belum soal motornya. Tentu kuda besi pun perlu dalam kondisi prima sebelum diajak berkendara. Cek tekanan angin ban, kelistrikan, pencahayaan, dan lain-lain. Tidak ketinggalan knalpot yang dipakai juga harus sesuai ketentuan.

Paling mudah, gunakan knalpot yang tidak berisik. Hal tersebut bisa menggangu konsentrasi pengendara lain. Jangan pula pakai knalpot dengan buangan udara menembak ke wajah pengguna motor di belakang.

Kalau perkara ini tidak kamu indahkan, bisa jadi nanti kamu ditindak oleh pihak Kepolosian. Pasalnya peraturan soal penggunaan knalpot motor racing nyata adanya!

Undang-Undang Terkait Peraturan Penggunaan Knalpot Motor Racing

peraturan penggunaan knalpot motor racing
Knalpot matik Yamaha

Untuk bikers catat, penggunaan knalpot yang benar tertulis dalam Pasal 285 Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Dalam undang-undang menyebutkan: Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp 250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

Baca juga  Pahami Fitur AHO, Ubahan Sistem Ini Bisa Gugurkan Garansi!

Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Terkait Penggunaan Knalpot Motor Racing

inspirasi-untuk-suzuki-satria-fu-modif
Simple dengan ubah bagian knalpot

Selain itu, penggunaan knalpot racing pada sepeda motor ternyata juga diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 7 Tahun 2009. Dalam aturan tersebut dikelompokkan, bahwa ada ambang batas tingkat kebisingan berdasarkan kapasitas isi silinder mesin:

1. Sepeda motor dengan mesin hingga 80 cc ambang batas kebisingan 77 dB

2. Sepeda motor dengan mesin 80-175 cc ambang batas kebisingan 80 dB

3. Sepeda motor dengan mesin di atas 175 cc ambang batas kebisingan 83 dB

Well.. bila Anda saat ini menggunakan knalpot racing, ada baiknya untuk melakukan pengecekan tingkat kebisingan suara knalpot. Tujuannya tidak lain, supaya tidak mendapatkan tindakan tegas dari pihak Kepolisian.

Baca juga:

Solusi Penggunaan Knalpot Racing, Pakai DB Killer

DB Killer 001
Ilustrasi db killer untuk meredam suara knalpot agar tidak berisik

Lalu bagaimana buat kamu yang sudah terlanjur beli knalpot racing? Tenang saja, saat ini banyak produsen knalpot menyertai dengan DB Killer. Apa itu? Sederhananya komponen tersebut mampu menjadikan suara knalpot motor racing lebih nyaman di telinga.

Baca juga  Pahami Fitur AHO, Ubahan Sistem Ini Bisa Gugurkan Garansi!

Solusinya, pakai DB Killer tersebut di knalpot racing kamu. Memang suara jadi tidak segahar sebelumnya. Hanya saja inilah solusi terbaik agar tidak menggangu pengendara lain di jalan dan taat peraturan.

Pokoknya, jangan sampai knalpot racing dibiarkan tanpa DB Killer ya. Bisa-bisa nanti kamu ditindak polisi!

Author: Deni Ferlindungan

Gravatar Image
Seorang jurnalis yang berkecimpung di dunia otomotif sejak 2011. Menyukai seluk beluk seputar otomotif baik roda dua dan empat. Kini memiliki hobi bersepeda keliling kota.

Comment

Leave a Reply

Terbaru