by

5 Fakta Tentang Motor Mini, Simak Sebelum Beli

Fakta Motor Mini – Popularitas motor mini kini semakin tinggi, mengingat motor ini punya tampilan yang ikonik. Harganya pun cenderung terjangkau. Mulai Rp 2 jutaan sampai dengan Rp10 jutaan, tergantung merek dan model yang Anda inginkan.

Saat ini motor mini ditawarkan dalam sejumlah model, seperti matik, trail, hingga sport. Masing-masing model punya mesin yang berbeda-beda. Meski sejatinya, motor mini biasa menggunakan mesin potong rumput dengan kapasitas 50 cc. Seiring perkembangan, motor mini pun kini tersedia dengan mesin berkubikasi 110 cc.

Bila ingin menjadikan motor mini sebagai salah satu koleksi di garasi Anda. Tentu ini sangat menarik, karena cara kerja yang sama dengan sepeda motor pada umumnya. Hanya bentuk dan ukuran saja yang membedakan.

Sejumlah komponen yang tersedia di sepeda motor pun ada di motor kecil. Sebut saja mesin, starter, rantai, suspensi dan juga sejumlah fitur lainnya.

Pertimbangan lainnya yang perlu Anda ketahui, bahwa motor mungil itu juga memiliki sejumlah kelengkapan layaknya motor pada umumnya.

Bila mau tahu lebih jauh soal fakta-fakta terkait motor mini, simak bahasan berikut:

1. BBM untuk Motor Mini

motor trail kecil
Motor trail mini paling banyak digemari masyarakat

Untuk urusan bahan bakar, karena memiliki mesin dengan karakter yang sama dengan sepeda motor pada umumnya. Fakta motor mini yang pertama, bisa menggunakan bahan bakar jenis apapun, mulai dari RON 88 Premium hingga RON 92 Pertamax, kecuali Solar.

Nah.. yang membedakan ternyata ketika mengisi BBM motor mungil ini harus dicampur dengan oli samping, layaknya motor 2-tak. Perbandingannya untuk satu liter bensin, campurkan oli dua tak dengan takaran tiga tutup botol penuh.

Cara di atas, khusus untuk yang pakai mesin pemotong rumput. Kalau pakai mesin 110 cc dengan teknologi 4-tak, tentu tidak perlu dicampur oli samping. Cukup isi bensin seperti biasa.

Mesin 110 cc 4 tak buat motor kecil seperti ini bisa didapat dari berbagai motor bebek lawas. Paling banyak dipakai adalah jantung mekanis Honda Supra, Grand, dan Win karena dikenal bandel. 

2. Motor Mini bisa dimodifikasi

Motor mini model GP
Model GP dengan tampilan keren

Layaknya motor pada umumnya, motor mini juga bisa di modifikasi, alhasil performa kendaraan jadi lebih oke. Dengan modifikasi pada sektor jantung pacunya, motor kecil ini mampu melaju hingga 70 hingga 80 km/jam.

Sementara dalam kondisi standar, motor mini hanya bisa melaju hingga kecepatan 50 km/jam.

Modifikasi yang mungkin Anda bisa lakukan adalah dengan mengganti knalpotnya. Karena dalam kondisi standar motor ini dilengkapi knalpot dengan suara yang bising. Dengan mengganti knalpot, diharapkan dapat menghasilkan suara yang lebih halus.

Anda juga boleh memodifikasi motor kecil jadi berbagai versi. Ambil contoh pakai gaya motor balap seperti gambar di atas, bisa juga mengunakan tampilan trail, dan lain-lain. Semua itu tergantung kebutuhan dan kesenangan Anda.

3. Tanpa surat-surat

motor mini digunakan diperkampungan
Hanya digunakan dalam komplek atau perkampungan saja

Tentunya banyak orang bertanya-tanya mengenai kelengkapan surat-surat motor kecil yang dipasarkan di Indonesia. Fakta kedua soal motor mini, tidak perlu surat-surat sama sekali untuk memilikinya. Produk ini termasuk dalam kategori mainan.

Namun yang perlu Anda perhatikan adalah motor jenis ini tidak diperbolehkan untuk dipakai di jalan raya. Dengan kata lain motor ini hanya dipergunakan di jalan komplek atau kampung saja.

Ada pula berbagai ajang balap khusus motor mungil. Ikuti saja untuk mendapat pengalaman berbeda, dibanding sekadar jalan-jalan keliling komplek.

4. Faktanya Harga Motor Mini Sangat terjangkau

Outlet yang menjual Motor Mini
Harga yang ditawarkan cukup terjangkau, mulai dari Rp2 jutaan

Fakta motor mini selanjutnya, tersedia dipasaran dan mudah dibeli. Membeli motor kecil ini bukan perkara yang sulit, karena harganya yang memang sangat terjangkau dengan rentang harga mulai Rp 2 jutaan hingga Rp 10 jutaan.

Harga motor mungil termahal biasanya merek Viar yang hadir dalam model cross dengan banderol mulai Rp8 jutaan.

Selain Viar, banyak para penjual lain yang menawarkan versi trail. Maklum, gaya ini memang disuka oleh konsumen Indonesia. Harga yang ditawarkan pun beragam, mulai dari Rp2 jutaan hingga 4 jutaan. Tergantung model, warna, dan merek yang bisa Anda pilih.

5. Gunakan mesin Honda Grand atau Win

motor trail kecil
Model trail tampilan gagah

Ukuran yang mungil tak membatasi pemilik motor kecil itu untuk berkreasi. Pasalnya banyak para penggiatnya yang mengganti mesin asli dengan mesin sepeda motor seperti Honda Grand atau Honda Win.

Alasan kuat mereka mengganti dengan mesin Honda Grand atau pun Win, karena ketersediaan suku cadang yang berlimpah. Dalam kondisi standar, kapasitas mesin motor mini hanya 50 cc. Jika di upgrade ke Honda Grand bisa mencapai 100 cc.

Penggunaan mesin Grand ke motor ini tidaklah sulit alias ‘plug and play’, tak perlu lagi mengubah sasis. Jika ingin menggunakan kopling, bisa memilih mesin Honda Win, yang ternyata pengaplikasiannya juga mudah.

Baca juga:

Author: Deni Ferlindungan

Gravatar Image
Seorang jurnalis yang berkecimpung di dunia otomotif sejak 2011. Menyukai seluk beluk seputar otomotif baik roda dua dan empat. Kini memiliki hobi bersepeda keliling kota.

Comment

Leave a Reply

Terbaru