by

Honda Monkey Terbaru Rilis di Inggris, Pakai 5-Percepatan

Honda Monkey terbaru resmi meluncur di Inggris, untuk peluru jualan di tahun 20201. Dikatakan laman Motorcyclenews, rombakan terbesarnya terdapat pada transmisi yang kini diupgrade menjadi 5-percepatan, sebelumnya cuma 4-percepatan.

Honda Monkey 2021 juga dikatakan memiliki perubahan desain pada filter udara dan air intake yang bertujuan agar pasokan udara ke dalam mesin menjadi lebih deras.

Sedangkan kapasitas mesinnya sama, yaitu berkubikasi 125 cc. Dengan capaian tenaga maksimal 9,3 HP dan torsi maksimal 10,9 Nm.

Bedanya, untuk tenaga puncak Honda Monkey terbaru kini tersedia pada putaran mesin yang lebih rendah, yakni 6.750 rpm dari sebelumnya 7.000 rpm. Tapi untuk torsi puncak kehadirannya justru berada di level putaran mesin lebih tinggi, yakni 5.500 rpm dari sebelum 5.250 rpm.

Sedangkan jarak antar rasio gigi dibuat menjadi lebih rapat. Alhasil pendistribusian tenaga jadi semakin mulus, serta berkendara lebih nyaman. Pada sektor ramah lingkungan, saluran pembuangan juga mendapat revisi lewat knalpot baru untuk mengejar standar emisi gas buang Euro 5.

Baca juga  5 Rekomendasi Ban Scoopy Ring 12 Terbaik 2021

Kemudian untuk bagian kaki-kakinya, suspensi depan mendapat sedikit perubahan berupa jarak travel lebih panjang dan penerapan mekanisme two stage. Hal ini diklaim bisa meningkatkan kenyamanan ketika motor dipakai melewati medan jalan yang tidak rata.

Di Inggris Honda Monkey 2021 hadir dalam pilihan warna baru biru metalik kombinasi silver. Motor bergenre neo retro tersebut dipasarkan dengan harga 3.899 pound sterling atau setara Rp 78,5 juta rupiah. 

Peluang Honda Monkey 5-Percepatan Masuk Indonesia

Honda Monkey terbaru
Pilihan warna Honda Monkey terbaru juga lebih atraktif

Jika ditanya apakah Honda Monkey terbaru dengan 5-percepatan akan masuk Indonesia? jawabnya tentu saja bisa. Menurut kami ini tinggal masalah waktu.

Apalagi PT Astra Honda Motor (AHM) sepertinya sadar benar, jika segmen motor yang di Indonesia ini masuk ke premium terbilang banyak peminatnya di Indonesia.

Pertama kali‭ Honda Monkey masuk Indonesia pada tahun 2019. Kala itu harga mula-mula yang dibandrol masih sekitar Rp 65 jutaan on the road Jakarta.

Honda Monkey sendiri masing mengusung konsep produk Iconic-Fun Bike ala Honda. Serta tetap mempertahankan garis desain dari generasi pertama.

Baca juga  Fitur Honda Roadsync, Jadikan Motor Bisa Bicara

Kala itu teknologi modern dihadirkan seperti panelmeter digital full LCD berbentuk bulat. Yang didalamnya terdapat penunjuk odometer dengan dua trip meter, dan 6 bar indikator level bensin.

Pencahayaan sepeda motor ini sudah mengaplikasikan teknologi lampu LED. Anak kunci dengan wave pattern memiliki motif logo Old Wing. Model ini juga telah menggunakan teknologi answer back system untuk memudahkan mencari sepeda motor bagi pengendaranya.

Mesin 125 cc milikinya mendapat padanan transmisi 4-percepatan. Dari segi keamanan, Honda Monkey telah menggunakan ABS satu channel di sistem pengeremannya dengan Inertial Measurement Unit (IMU) untuk mencegah ban belakang terangkat saat pengereman mendadak.

Ban berdiameter 12 inch dengan pola block memastikan pengalaman berkendara yang nyaman, ban depannya berukuran 120/80 dan ban belakang berukuran 130/80.

Demikian ulasan terkait Honda Monkey terbaru model 2021 yang meluncur di Eropa. Simak terus Moladin.com untuk mendapatkan update berita otomotif terbaru.

Terbaru