by

Cara Mengetahui Ukuran Helm yang Pas, Awas Salah Pilih!

Syarat utama ketika Anda ingin mengendarai sepeda motor tentunya wajib untuk menggunakan helm. Ketika memilih helm pun setidaknya ada sejumlah hal yang perlu Anda perhatikan, mulai dari ukuran helm, fungsi, model dan juga motif, serta harga yang tentunya jadi pertimbangan Anda.

Ketika memutuskan untuk membeli helm, pastikan ukurannya sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda. Karena sejatinya ketika memilih helm, Anda tidak bisa mengukur dari ukuran batok saja, pasalnya semua batok helm diproduksi sama. Lebih baik, jika membeli helm berdasarkan dari ukuran yang sesuai dengan Anda.

Richard Ryan, Executive Director RSV Helmet menjelaskan, ukuran helm ditentukan bukan dari besar dan kecilnya batok helm. Karena semua batok helm ketika di desain memiliki ukuran yang sama, yang membedakan dari penggunaan busa di dalam helm.

“Ukuran helm itu terdapat di tingkat ketebalan busa yang digunakan. Semakin kecil ukurannya, maka busa yang terdapat di dalam akan semakin tebal, begitu pula dengan yang besar, busa akan semakin tipis,” ujar Richard ketika berbincang dengan Moladin, beberapa waktu lalu.

Baca juga  5 Rekomendasi Helm Full Face Terbaik Buat Harian

Jika Anda ingin membeli helm, pastikan ukurannya tepat bagi Anda. Busa di dalam helm akan menunjang kenyamanan ketika Anda berkendara. Jadi sangat penting, konsumen yang ingin membeli helm harus menyesuaikan terlebih dahulu busa dan ukuran yang akan digunakan.

“Kalau ingin membeli itu, paling baik jika menyesuaikan ukurannya dulu. Harus dirasakan langsung, jangan terlalu sempit dan jangan longgar ketika helm digunakan,” papar Richard.

Mengenal ukuran helm

ukuran helm
Sebelum membeli helm sebaiknya mengukur terlebih dahulu, agar dapat mengetahui helm yang sesuai dengan Anda

Menggunakan helm yang pas menjadi faktor penting untuk menunjang kenyamanan dan keamanan ketika mengendarai sepeda motor. Ketika dipakai, helm yang pas adalah yang sedikit ketat, dan seluruh bagian interiornya rapat menutupi bagian kepala.

Namun yang pasti tidak menimbulkan rasa sakit ketika digunakan. Cara mudah yang mungkin bisa Anda lakukan dalam menentukan ukuran yang sesuai dengan Anda adalah dengan mengukur lingkar kepala menggunakan meteran.

Umumnya, setiap produsen menawarkan produknya dengan beragam ukuran, mulai dari yang terkecil XS, lalu S, M, L, XL, dan XXL. Setiap helm tersebut biasanya diukur berdasarkan lingkar kepala dari pengguna.

Baca juga  7 Rekomendasi Helm Half Face Murah, Tapi Gak Murahan!

Ukuran XS biasanya digunakan untuk Anda yang memiliki lingkar kepala 53-54 cm, S untuk lingkar kepala 55-56 cm, M untuk lingkar kepala 57-58 cm, dan L untuk Anda yang memiliki lingkar kepala 59-60 cm, XL berukuran 61-62 cm, dan XXL dengan ukuran 63-64 cm.

Daftar Ukuran Helm Secara Umum

Kode ukuran Lingkar kepala (cm)
3XS 49-50
XXS 51-52
XS 53-54
S 55-56
M 57-58
L 59-60
XL 61-62
XXL 63-64
3XL 65-66
4XL 67-68
5XL 69-70

Cara mengetahui ukuran yang pas

Helm RSV
Salah satu contoh helm half face

Bila Anda sulit untuk mengukur lingkar kepala, Anda bisa juga untuk mengetahui ukuran helm yang sesuai dengan cara menggunakannya. Lalu menggerakan helm ke kiri dan kanan ketika dipakai.

Nah.. jika helm terasa rapat dan tidak menimbulkan rasa sakit ketika dikenakan, itu tandanya ukuran helm yang Anda gunakan sudah pas. Sebaliknya bila helm terasa longgar dan bergerak berarti terlalu besar.

Selain itu, sebagai pedoman untuk Anda. Ukuran helm yang pas biasanya berjarak dua jari antara bibir dan pelindung dagu. Tak lupa, helm yang baik tentunya memiliki standar SNI dan DOT atau ECE.

Baca juga  7 Helm Termahal di Dunia, Gaji UMR Minggir!

Dengan informasi di atas, semoga Anda tidak salah pilih dan dapat membantu untuk Anda memilih helm yang sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga:

Terbaru