by

Motor Retro BMW R18 Meluncur Saat Korona, Rp200 Jutaan!

Spesifikasi dan Harga BMW R18 – Pandemi korona tidak mencegah BMW untuk meluncurkan motor retro terbarunya, R18. Kuda besi ini sangat istimewa lantaran bergaya cruiser.

Ciri khasnya, punya jarak sumbu roda panjang. Jok rendah dan setang tinggi nan lebar. Belum pernah BMW memiliki motor dengan gaya seperti itu.

Keistimewaan lain dari motor retro BMW R18, pakai mesin besar. Bahkan jantung mekanis ini yang terbesar dari seluru lini produk The Bavarian. Kapasitasnya mencapai 1.802 cc dengan tetap mempertahankan konfigurasi boxer dua silinder.

Di Amerika Serikat, harga BMW R18 mulai $17,495 atau setara Rp288 jutaan. Pertanyaannya, berapa banderol cruiser tersebut saat masuk Indonesia?

Kalau kamu mau tahu lebih lengkap soal spesifikasi dan harga dari BMW R18? Simak bahasan berikut:

Spesifikasi Mesin BMW R18, Paling Bertenaga

Test Ride BMW R18 001
BMW R18 punya pijakan kaki yang tidak terlalu ke depan. Hal ini membuat pengendara lebih sigap saat bertemu jalan padat.

Di atas kertas, spesifikasi mesin BMW R18 merupakan yang paling bertenaga dibanding seluruh produk asal Jerman tersebut. Kapasitasnya juga terbesar, 1.802 cc tanpa pendingin cairan.

Mesin sebesar itu dirancang dengan konfigurasi khas boxer yang berlawanan. Torsi puncak yang bisa dihasilkan mencapai 158 Nm pada 3.000 rpm. Sementara tenaga maksimalnya 91 hp pada 4.750 rpm.

Baca juga  Spesifikasi BMW F900R, Naked Sport Rp 380 Juta

Istimewanya lagi, lebih dari 150 Nm torsi mampu hadir pada rentang 2.000 – 4.000 rpm. Coba bayangkan dorongan luar biasa itu muncul saat kamu menungganginya. Luar biasa!

Punya Tiga Mode Berkendara dan Fitur Modern

Speedometer BMW R18
Ada mode berkendara yang bisa dipilih oleh penunggangnya, sesuaikan dengan kebutuhan

Kalau melihat spesifikasi fitur BMW R18, kamu akan tercengang. Desainnya selayaknya motor klasik. Maklum, inspirasinya adalah BMW R5 yang legendaris.

Tampilan klasik tersebut didukung penggunaan pelek jari-jari, telanjang, dan bodi minim sudut. Seolah-olah ini cuma mesin, roda, dan rangka yang dirakit jadi satu. Tidak ada intervensi teknologi modern sama sekali. Jika kamu menganggap demikian. salah besar!

BMW R18 bahkan punya fitur yang lebih rumit dari R nineT. Mulai dari sistem pencahayaan full digital. Kemudian ada pula tiga mode berkendara: rain, roll, dan rock.

Tidak ketinggalan, hadir automatic stability control (ASC) serta kendali traksi (MSR). Kalau dirasa kurang, kamu bisa menambah opsi fitur parkir mundur, hill start control (HSC), dan lain-lain.

Baca juga:

Baca juga  Apparel BMW Motorrad X Ariel Noah untuk Naik Motor

Berapa Harga BMW R18 Kalau Masuk Indonesia?

spesifikasi dan harga bmw r18
Banderolnya kalau masuk Indonesia pasti lebih dari setengah miliar rupiah

Spesifikasi dan harga BMW R18 pasti berjalan seiring. Dengan spesifikasi mantap, banderolnya juga tinggi. Hanya saja di Amerika Serikat, harga motor retro cruiser ini tidak semahal yang dibayangkan. R18 dijual cuma $17,495 atau setara Rp288 jutaan.

Hanya saja, perlu diingat kalau masuk Indonesia. Banderolnya pasti melambung jauh, bisa berkali-kali lipat. Penyebabnya tidak lain adalah pajak, sekaligus ongkos kirim.

Berapa kira-kira harga BMW R18 ketika dijual di Tanah Air? Ambil gambaran di Amerika Serikat, R18 dijual lebih mahal $2.000 dibanding R NineT. Sedangkan R NineT di Indonesia, harganya mencapai R657 juta (off the road).

Jadi harga R18 pastinya bakal lebih tinggi lagi. Tertarik untuk beli?

Terbaru