inDrive Kembangkan Layanan Pengiriman Barang inDrive Kurir dan inDrive Truk

by Ivan
inDrive Kurir dan inDrive Kargo siap beroperasi penuh mulai 2024

Menyikapi permintaan logistik yang kian meningkat, aplikasi ride-hailing inDrive melebarkan sayap bisnisnya dengan layanan baru pengiriman barang inDrive Kurir dan inDrive Truk untuk mendukung geliat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Penetrasi inDrive Kurir dan inDrive Truk bakal terus digenjot seiring meningkatnya popularitas pengiriman barang berbasis aplikasi, terutama bagi usaha kecil dan menengah.

“Di inDrive sendiri kita punya berbagai macam layanan ada ride hailing dan (perjalan) antar kota. Dan terpenting pada hari ini kita memberikan warna terbaru untuk para pengguna di Indonesia dengan inDrive Kurir dan inDrive Truk,” buka Andersson Watulingas selaku Business Development Cargo South East Asia & Oceania di Jakarta (30/1)

“inDrive Truk sendiri merupakan layanan untuk pengiriman langsung untuk barang apa saja yang lebih daripada 20 kg. Misalnya untuk kebutuhan pengangkutan furnitur, berbagai jenis barang lain asal bukan cairan atau zat berbahaya kita bisa siapkan hingga 20 ton. Dan pengiriman yang dilakukan inDrive Truk ini bisa dilakukan untuk pengiriman dalam dan luar kota,” tambahnya.

Andersson Watulingas selaku Business Development Cargo South East Asia & Oceania

Andersson Watulingas selaku Business Development Cargo South East Asia & Oceania

Sementara itu riset pasar terbaru yang dilakukan oleh inDrive Kurir mengungkapkan bahwa kecepatan pengiriman barang (55%), harga terjangkau (37%), dan kualitas layanan (33%) merupakan fitur yang paling diminati dalam layanan pengiriman di Indonesia.

Yang mengejutkan, hanya 15% responden survei yang memilih kecepatan penjemputan barang sebagai kualitas utama mereka, sementara kemampuan dalam memantau lokasi kurir menempati urutan keempat dengan 28%.

Baca juga  Kirim Parsel Lebaran Pakai inDrive Kurir Lebih Aman dan Murah

Hingga saat ini, semakin banyak pula pelaku bisnis yang menggunakan aplikasi pengiriman barang. Di Indonesia, layanan kurir biasanya digunakan untuk pengiriman pribadi seperti mengirim dan menerima parsel untuk atau dari keluarga ataupun teman, serta pengiriman untuk pembelian dari pelaku bisnis kepada konsumen. Namun, penelitian menunjukkan bahwa setiap pengguna ketiga (35%) dari aplikasi pengiriman barang, menggunakan aplikasi tersebut untuk kebutuhan bisnis setidaknya 2 kali dalam seminggu, seperti mengirim produk ke klien atau menerima barang dari pemasok mereka.

Harris Rilandi selaku Business Development Specialist – Courier SEA mengungkapkan bahwa tim mereka percaya bahwa layanan pengiriman berbasis aplikasi ini semakin populer karena fleksibilitas dan berbagai kemudahan yang ditawarkan

“Kami percaya bahwa fleksibilitas dan kemudahan yang membuat layanan ini sangat nyaman untuk bisnis yang membutuhkan pengiriman, tidak perlu terikat kontrak atau mempekerjakan pengemudi penuh waktu. Kemunculan aplikasi pengiriman ini benar-benar mengubah permainan dan membuat pengiriman menjadi jauh lebih mudah diatur serta lebih terjangkau, serta sangat penting bagi small business yang beroperasi dengan margin keuntungan yang lebih ketat,” papar Harris.

Harris Rilandi memaparkan inDrive Kurir

Harris Rilandi memaparkan inDrive Kurir

Berdasarkan wilayah, pengiriman melalui aplikasi dapat menawarkan beberapa pilihan mode, mulai dari mobil atau sepeda motor, hingga sepeda ataupun berjalan kaki, sehingga pengguna dapat memilih mode yang termurah dan tercepat sesuai dengan kebutuhan mereka. Di Indonesia, pengguna mobil (58%) dan sepeda motor (37%) merupakan mode transportasi yang paling banyak dipilih untuk mengirim paket, serta setengah dari responden setuju untuk menghindari pengiriman paket dengan berjalan kaki, karena lokasi pengiriman yang beragam.

Baca juga  Potongan Aplikasi inDrive Cuma 10,55%, Driver Sejahtera?

inDrive Kurir & inDrive Truk adalah layanan untuk memenuhi semua kebutuhan dalam membantu masyarakat dan bisnis untuk melakukan pengiriman pada hari yang sama disesuaikan dengan permintaan. Tidak perlu menunggu lama, pengguna dapat memesan kurir hanya dengan beberapa klik di aplikasi inDrive.

Harris Rilandi menyatakan tim inDrive sangat mendukung perkembangan bisnis khususnya UMKM “Kami berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan UMKM melalui layanan inovatif inDrive. Kami akan terus mengoptimalkan platform ini agar memberikan manfaat maksimal bagi UMKM. Bersama inDrive, kami berharap UMKM dapat tumbuh dan berkembang, menjadi kekuatan ekonomi yang semakin tangguh di masa depan.”

Fitur Unik inDrive Kurir dan inDriver Truk

inDriver bersama mitra UMKM siap maksimalkan inDrive Kurir dan inDrive Kargo

inDrive bersama mitra UMKM siap maksimalkan inDrive Kurir dan inDrive Kargo

Selain kecepatan, inDrive Kurir & inDrive Truk juga memastikan keterjangkauan harga. Fitur unik dalam aplikasi ini adalah pengguna dapat menetapkan harga sendiri untuk pengiriman dan menegosiasikannya secara langsung dengan kurir. inDrive Kurir & inDrive Truk memastikan keamanan dan transparansi dalam proses pemesanan ataupun pengiriman. Semua kurir akan melalui proses verifikasi, termasuk proses persetujuan manual yang dilakukan secara menyeluruh. Kemudian, pengguna dapat melacak pesanan mereka di aplikasi untuk memastikan paket mereka dikirim sesuai rencana, yang dimana hal ini dikatakan sangat krusial berdasarkan survei.

Baca juga  InDrive Peringati Hari Kartini, Kasih Apresiasi ke Pengemudi Wanita

inDrive Truk sendiri adalah layanan pengiriman sesuai permintaan dan pada hari yang sama untuk pengiriman lebih dari 20 kilogram. inDrive Truk dapat menerima barang non-cair mulai dari 20 kilogram hingga 20 ton pada rute jarak jauh dalam kota dan antarkota. Layanan ini menargetkan perusahaan kecil dan menengah, seperti kafe dan toko, serta perusahaan industri kecil (seperti pabrik dan perusahaan konstruksi), pusat logistik dan gudang.

Untuk memberikan informasi lebih banyak mengenai layanan teranyarnya, inDrive menyelenggarakan acara inDrive for Business Partner and Media Gathering 2024. Acara tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dari para pengguna bahwa terdapat layanan pengiriman, yaitu inDrive Kurir & inDrive Truk yang dapat mempermudah bisnis atau usaha para UKM (Usaha Kecil dan Menengah).

inDrive berkomitmen untuk menjadi fasilitator pertumbuhan ekonomi dan pendukung pengembangan usaha kecil. Selain itu, acara ini juga dirancang untuk membina kemitraan dan kolaborasi yang erat antara inDrive, UKM, dan para pakar industri terkait. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika