Senin, Maret 4, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Dampak Buruk Penggunaan Standar Samping Saat Parkir Motor, Hindari Kesalahan Ini!

by Tigor Sihombing
Kenali bahaya duduk di motor terparkir dengan standar samping

Standar samping seringkali menjadi pilihan pertama pengguna sepeda motor saat hendak parkir. Meskipun praktis, penggunaan standar samping motor dapat membawa dampak buruk yang perlu menjadi perhatian.

Setiap sepeda motor biasanya dilengkapi dengan dua jenis standar, yaitu standar samping dan standar tengah.

Baik standar samping maupun standar tengah berfungsi untuk menjaga dan menopang posisi motor saat sedang diparkir.

Meski begitu keunggulan standar samping terletak pada kepraktisan penggunaan, di mana pengendara hanya perlu menopang sepeda motor dengan kaki, dan standar langsung terpasang.

Berbeda dengan standar tengah yang memerlukan tenaga ekstra untuk mengoperasikannya.

Meskipun begitu, penggunaan standar samping juga perlu memperhatikan kondisi permukaan jalan. Sebaiknya, hindari penggunaan standar samping di jalan yang menanjak atau menurun karena berpotensi motor akan terjatuh.

Penggunaan standar samping motor kerap jadi pilihan pertama

Penggunaan standar samping motor kerap jadi pilihan pertama

Penggunaan standar samping dalam jangka panjang juga dapat berdampak negatif pada sepeda motor.

Menurut laman resmi  Federal Oil, memarkir motor dengan menggunakan standar samping dapat membuat beban lebih berat pada sisi kiri sepeda motor. Ini berpotensi merusak sokbreker karena beban terlalu sering menumpu pada satu sisi.

Baca juga  Harga Setang Seher & Penyebab Kerusakannya

Selain itu, dianjurkan untuk tidak menduduki sepeda motor dengan posisi standar samping. Hal ini juga dapat mempengaruhi kekuatan shock breaker, dan kualitas ban dapat menurun karena ban depan atau belakang akan condong ke satu sisi, menahan beban berlebih, dan akhirnya membuat ban cepat aus.

Sebaiknya, gunakan standar tengah saat memarkir sepeda motor. Penggunaan standar tengah membuat posisi motor lebih stabil karena didukung oleh dua kaki yang menopang motor ke permukaan jalan.

Setelah mengetahui fungsinya, jangan lupakan untuk selalu merawat standar motor. Perawatan standar motor dapat dilakukan dengan mencucinya, terutama setelah digunakan di jalanan yang kotor dan becek.

Pastikan untuk menjaga kebersihan standar motor dengan mencucinya dan menggunakan cairan anti karat, serta melumasi bagian as agar standar tidak seret saat digunakan. Dengan perawatan yang baik, standar motor dapat berfungsi dengan optimal dan lebih awet.

Tips Parkir Sepeda Motor yang Aman dan Nyaman

standar samping

Kebiasaan standar samping berpotensi merusak sokbreker

Berikut adalah beberapa tips parkir sepeda motor yang bisa membantu kamu:

Baca juga  3 Bahaya Suka Gonta-Ganti BBM Kendaraan

1. Pilih Lokasi Parkir yang Aman

Selain parkir dengan standar dua atau tengah, pemilihan lokasi parkir juga wajib kudu diperhatikan. Parkirlah motor di kondisi tempat yang rata. Lalu demi kemanan parkir motor di tempat terang benderang, ramai, dan memiliki pemantauan CCTV jika memungkinkan. Hindari tempat parkir yang sepi dan gelap.

2. Gunakan Parkir Resmi

Jika memungkinkan, gunakan tempat parkir resmi atau area parkir khusus sepeda motor. Ini dapat meningkatkan keamanan kendaraan kamu.

3. Pastikan Kunci dan Matikan Mesin

Sebelum meninggalkan sepeda motor, pastikan kamu sudah mengunci kendaraan dan mematikan mesinnya. Jangan meninggalkan kunci di kontak.

4. Gunakan Kunci Ganda

Gunakan kunci ganda jika memungkinkan, seperti kunci stir dan kunci kontak. Ini dapat menambah lapisan keamanan tambahan.

5. Gunakan Penutup Sepeda Motor

Tidak ada salahnya menggunakan penutup sepeda motor untuk melindungi kendaraan dari debu, kotoran, dan cuaca ekstrem. Penutup juga dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap pencurian.

6. Hindari Menghalangi Akses Orang Lain

Baca juga  10 Penyebab Motor Mati Mendadak Beserta Solusinya!

Pastikan sepeda motor kamu tidak menghalangi akses orang lain atau pintu masuk keluar area parkir. Ini dapat mencegah kemungkinan kerusakan pada kendaraan.

7. Jangan Tinggalkan Barang Berharga

Hindari meninggalkan barang berharga di area luar dan bagasi sepeda motor. Hal ini jelas untuk meminimalisir resiko tangan-tangan tidak bertanggung jawab berupaya mengambil yang bukan menjadi haknya. Termasuk resiko ganda yang terjadi ketika misalnya motor kecurian.

Demikian ulasan terkait dampak buruk parkir dengan standar samping. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika