Sabtu, Juni 15, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Mobil Baru Termahal di Dunia, Bugatti Chiron Profilee!

by Tigor Sihombing
Bugatti chiron profilee - mobil termahal di dunia

Harga Bugatti Chiron Profilee tembus Rp 158 miliar di rumah lelang atau 3 kali lipat dibanding Chrion biasa. Oleh karenanya, ini diklaim sebagai mobil baru termahal di dunia.

“Rekor dunia untuk mobil baru termahal di dunia dalam lelang – 9,7 juta Euro (ditambah pajak akan jadi 12 juta Euro). Selamat untuk semua tim Bugatti! Terimakasih (rumah lelang) RM Sotheby’s! Dan selamat untuk pemilik mobilnya,” kata CEO Bugatti-Rimac, Mate Rimac lewat akun Facebook pribadi.

Agak sulit memang menjelaskan soal Bugatti Chiron Profilee. Pasalnya mobil tersebut tidak pernah dijual bebas. Menurut laman Topgear, Bugatti sendiri cuma pernah membuat prototipenya saja yang direncanakan sebagai varian tertinggi dari Chiron. Hanya saja banyaknya pemesan dari Chiron, sehingga kuota 500 unit ludes lebih cepat, akhirnya Profilee tidak jadi diproduksi massal.

Padahal dari sisi spesifikasi hypercar merek Prancis sangat istimewa. Profille tersebut menggabungkan kecepatan dari varian Pur Sport dengan tambahan kemampuan touring. Pembedanya adalah sayap belakang yang unik, splitter dengan yang direvisi, hingga air duct yang lebih besar. Tidak ketinggalan warna eksterior unik Argent Atlantique, dikombinasikan dengan depp blue-tinted carbon.

Baca juga  17 Mobil Termahal di Dunia, Ada yang Punya? (Update 2023)

Oleh karena berbagai keistimewaan itulah, harga Bugatti Chiron Profilee jadi sangat mahal. Sebagai gambaran, Bugatti Chiron varian lain yang dijual massal, harganya cuma sekitar 3 juta Euro atau setara Rp 49 miliar.

Spesifikasi Bugatti Chiron Profilee

Harga Bugatti Chiron profilee

Bugatti Chiron Profilee 

Bicara Chiron Profilee ini, Bugatti telah bekerja keras untuk mengoptimalkan efisiensi aerodinamika dan aliran udara termodinamika agar mobil lebih stabil saat kecepatan tinggi. Untuk memberikan efek tersebut, para engineer telah menyematkan spoiler ducktail khusus yang khas di bagian belakang.

Tidak hanya itu, pabrikan juga telah memberikan settingan baru pada kemudi dan suspensi serta menggunakan ratio yang lebih pendek sehingga mampu berakselerasi dari posisi diam hingga 100 kpj hanya dalam waktu 2,3 detik.

Adapun ciri khas pada model ini adalah penggunaan warnanya, di mana perusahaan telah menyiapkan sebuah warna khusus yakni Argent Atalantique yang dikombinasikan dengan Bleu Royal Carbon di bagian bawah serta kelir khusus Le Patron untuk keempat peleknya. Bagian interior pun dibuat dengan personal, di mana Bugatti juga memberikan sentuhan unik melalui kulit anyaman di beberapa bagian seperti konsol tengah, dashboard, panel pintu, dan inlay dinding belakang.

Baca juga  17 Mobil Termahal di Dunia, Ada yang Punya? (Update 2023)

Bugatti Chiron Profilee mengusung mesin 8.0 liter berkonfigurasi W16, lengkap dengan empat turbo atau quad-turbo. Mesin tersebut diperkirakan mampu meraup kekuatan hingga 1.500 PS dengan torsi 1.499 Nm. Sebagai informasi, mesin ini adalah mesin yang sama saat Chiron pertama kali dipasarkan pada 2015 lalu, dengan harga jual mula-mula saat itu Rp 34 miliar jika dirupiahkan.

Dengan spesifikasi sebesar itu tidak mengherankan jika kemampuan sprintnya di atas mobil  hypercar di jamannya. Mobil ini hanya butuh waktu 2,3 detik untuk mencapai kecepatan 100 km/jam. Dan bila trek memungkinkan dan si pengendara punya nyali lebih, maka Bugatti Chiron bisa dipacu sampai 463.4 km/jam, setelah menonaktifkan limiter 375 km/jam.

Demikian ulasan harga Bugatti Chiron yang tembus ratusan miliar. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika