Sabtu, April 20, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

17 Mobil Termahal di Dunia, Ada yang Punya? (Update 2023)

by Baghendra Lodra

Di dunia otomotif, perihal harga mobil yang dibanderol memang sangat beragam. Tapi, berikut ini adalah daftar mobil termahal di dunia.

Terlebih, untuk mobil yang memiliki spesifikasi langka, sudah pasti harga yang dipatok bisa sangat mahal. Tidak hanya karena model klasik yang diusung, namun nilai historisnya juga akan memengaruhi berapa harga yang akan dibanderol. Contohnya untuk mobil paling mahal di dunia saat ini merupakan Mercedes-Benz klasik lansiran 1955 bernama 300 SLR Gullwing Uhlenhaut, laku terjual Rp 2,1 triliun pada Mei 2022. 

Di samping mobil klasik, untuk mobil keluaran baru juga ada yang dibanderol dengan harga selangit. Apalagi kalau mobil tersebut dilepas dengan balutan edisi terbatas, sudah pasti pabrikan akan menjual mobil tersebut dengan harga yang sangat tinggi. Beberapa pabrikan yang dikenal dengan harga selangit antara lain didominasi oleh produsen supercar. Sebut saja, Pagani, Bugatti, Koenigsegg, dan beberapa brand lainnya.

Namun untuk lebih jelasnya, akan kami jabarkan 17 daftar mobil termahal di dunia yang sempat dijual dengan harga fantastis. Sudah siap? Simak dalam ulasannya berikut ini.

Inilah Daftar Mobil Termahal di Dunia

1. 1955 Mercedes-Benz 300 SLR Gullwing Uhlenhaut $142,5 juta Setara Rp 2,1 triliun

mobil termahal di dunia - mercedes-benz 300 slr uhlenhaut coupe

Mobil klasik Meredes-Benz 300 SLR Uhlenhaut Coupe terjual Rp 2,1 triliun

Rekor baru mobil termahal dunia terpecahkan pada Mei 2022, lewat Mercedes-Benz 300 SLR Gullwing Uhlenhaut yang laku $142,5 juta. Kalau dikurs ke rupiah dengan 1 dolar sama dengan Rp 15 ribu, maka banderolnya jadi sekitar Rp 2,1 triliun. Gila!

Mobil klasik lansiran tahun 1955 itu dijual mahal, lantaran sejarahnya. Didesain oleh teknisi Rudi Uhlenhaut dan ini salah satu dari dua prototype versi coupe dari mobil balap Mercedes Silver Arrow 300 SLR.

2. 1963 Ferrari 250 GTO $70 juta

mobil termahal di dunia - 1963 Ferrari 250 GTO

Mobil klasik Ferrari ini cuma ada 36 unit di dunia


Selanjutnya mobil termahal di dunia adalah Ferrari 250 GTO lansiran 1963 yang laku $70 juta pada 2018. Pembelinya adalah kolektor asal Jerman, David MacNeil yang jugal founder WeatherTech.

Mobil klasik ini istimewa karena cuma ada 36 unit di dunia dan diproduksi pada era 1962-1963. Di zamannya ini merupakan mobil paling cepat di dunia dengan kecepatan maksimal 174 mph atau setara 280 kpj.

3. Rolls-Royce Boat Tail $28 juta

mobil termahal di dunia - rolls-royce-boat-tail

Ini adalah mobil kepunyaan Jay Z dan Beyonce

Mobil termahal di dunia selanjutnya adalah Rolls-Royce Boat Tail yang dijual $28 juta. Pemiliknya adalah pasangan selebriti Jay-Z dan Beyonce.

Tidak memiliki pintu emas, tapi di bagian belakangnya mampu membuat pasangan kamu merasa istimewa. Di sana terdapat berbagai peralatan untuk makan malam yang mewah seperti pendingin untuk champagne.

Baca juga  Koenigsegg Regera Pecahkan Rekor Mobil Tercepat di Dunia!

4. Bugatti La Voiture Noire $18,7 juta

mobil termahal di dunia - bugatti la vouture noire

La Vouture Noire, Bugatti legendaris

Merek mobil asal Prancis, Buggati memilik mobil termahal di dunia yang dibuat tahun 2019 bernama La Voiture Noire atau si mobil hitam. Dibuat untuk memperingati Type 57 SC Atlantic yang merupakan mobil ikonik Bugatti.

Hanya empat unit Type 57SC Atlantic yang pernah dibuat, Salah satunya dibuat khusus untuk Jean Bugatti, anak tertua dari sang pendiri yaitu Ettore Bugatti. Sayangnya saat hendak dikirim ke tempat tinggal Jean, mobil tersebut secara misterius hilang.

Hingga kini mobil klasik paling berarti bagi Bugatti itu tak pernah ditemukan. Oleh karenanya, Bugatti La Voiture Noire versi modern diciptakan untuk mengenang keindahan mobil yang hilang tersebut.

5. Rolls-Royce Sweptail $13 Juta

Mobil termahal di dunia

Mobil termahal di dunia Rolls-Royce Sweptail

Selain hypercar, mobil termahal di dunia lainnya juga menyertakan pabrikan mobil premium, Rolls-Royce. Produsen otomotif yang satu ini memang dikenal demgan hasil karya yang begitu memesona. Tidak hanya dari tampilan luar yang luxury, tetapi, Rolls-Royce juga memanjakan pemiliknya lewat fitur serta kenyamanan kabin layaknya pesawat pribadi.

Bicara model Rolls-Royce Sweptail, mobil ini dibanderol dengan harga USD 13 juta atau setara dengan Rp 184 miliar.

Mobil yang hanya bisa dibeli oleh The Real Sultan, memulai debutnya pada acara Concorso d’Elegance Villa d’Este pada 2017 silam.

6. Bugatti Chiron Profilee $10,8 juta

Bugatti chiron profilee - mobil termahal di dunia

Chiron Profile cuma ada satu di dunia

Ini adalah mobil yang tidak pernah dijual bebas. Bugatti cuma membuat satu prototipe, rencananya mau dijadikan sebagai varian tertinggi dari Chrion. Hanya saja hal tersebut tidak pernah terwujud.

Padahal spesifikasi Bugatti Chiron Profilee sangat istimewa. Dia menggabungkan kecepatan varian Pur Sport dengan kemampuan touring. Ciri khasnya ada di sayap belakang unik, splitter atraktif, hingga air duct yang lebih besar.

Hingga akhirnya mobil yang cuma satu-satunya ini dilelang di RM Sotheby’s. Bugatti Chrion Profilee laku $10,8 juta atau setara Rp 158 miliar.

7. Mercedes-Maybach Exelero $8 juta

mercedes-maybach exelero - mobil termahal di dunia

Maybach Exelero

Bisa dikatakan, Maybach Exelero adalah Mercedes-Benz termahal di dunia. Harga mobil lansiran 2004 ini mencapai $8 juta atau sekitar Rp 117 miliar.

Harga Mercede-Maybach Exelero bisa mahal karena satu-satunya di dunia. Mobil ini memiliki mesin V12 yang bisa melontarkan tenaga 700 hp. Kemudian tidak kalah menarik adalah desainnya istimewa.

Baca juga  Koenigsegg Lapis Emas Dibandrol Rp 45 Miliar, Mobil Orang Kaya Gabut!

8. Pagani Huayra Hermes $7 juta

Mobil termahal di dunia

Mobil termahal di dunia Pagani Huayra

Hypercar lainnya yang juga termasuk dalam mobil termahal di dunia adalah Pagani Huayra Hermes Edition. Mobil ini dibanderol dengan harga ratusan milyar.

Banderolnya, mobil ini dijual dengan harga USD 70 juta atau setara dengan Rp 102 miliar. Adapun salah satu pemilik mobil yang sangat langka ini adalah Manny Khosbhin, salah seorang motivator asal Amerika Serikat yang memang punya banyak koleksi mobil mahal di dunia.

Selain Pagani Huayra Hermes, di dalam garasi mobil miliknya, terparkir beberapa mobil mahal lainnya yang memang dijuak secara terbatas dan hanya satu unit di dunia.

9. Koenigsegg CCXR Trevita $4,8 juta

mobil termahal di dunia - koenigsegg ccxr trevita

Cuma ada 2 di dunia, Koenigsegg CCXR Trevita

Mobil termahal di dunia selanjutnya adalah Koenigsegg CCXR Trevita. Super car ini memiliki carbon fiber dengan grafis unik seperti permata yang mengilap saat terkena matahari.

Bahkan begitu istimewanya tampilan mobil ini, sampai-sampai Koenigsegg hampir menyerah memproduksinya. Hingga akhirnya cuam ada 2 unnit yang dibuat di dunia.

10. Lamborghini Sian FKP 37 $3,6 juta

Ini merupakan Lamborghini paling bertenaga di dunia dengan mesin hybrid V12 yang bisa berlari dengan top speed 220 mph atau setara 355 Kpj. Lamborghini Sian FKP 37 juga dibuat sesuai keinginan konsumen, mulai dari warna eksterior, interior, hingga joknya.

Soal mesin pakai kubikasi 6.498 cc. Bisa mengeluarkan tenaga maksimal hingga 807 hp. Kemampuan berlarinya dari 0-100 Kpj hanya 2,8 detik.

11. Aston Martin Valkyrie AMR Pro $3,5 juta

Mobil paling mahal di dunia selanjutnya adalah Aston Martin Valkyrie AMR Pro yang cuma dibuat 25 unit untuk di lintasan. Keunggulannya ada di bodi carbon fiber yang sukses membuat weigh to power ratio jadi sangat istimewa untuk melesat.

12. W Motors Lykan Hypersport $3,4 juta

Cuma ada 7 unit di dunia, inilah yang membuat W Motors Lykan Hypersport jadi salah satu mobil termahal di dunia. Keistimewaannya adalah memiliki 440 permata di lampu LED.

Bicara mesin, pakai 3.756 cc boxer dengan dua turbocharger. Jantung mekanis ini bisa melontarkan torsi hingga 960 Nm pada 4.000 rpm dan tenaga maksimal 780 hp. Kemampuan akselerasinya dari 0 -100 km/jam cuma 2,9 detik.

13. McLaren Speedtail $3,3 juta

Salah satu mobil McLaren paling cepat di dunia, bisa melaju 250 mph atau setara 402 kpj. Ini bukanlah mobil yang legal di jalan. Hanya saja kalau kamu bisa membelinya, pastilah mampu membayar denda tilangnya, bukan?

Baca juga  Mobil Baru Termahal di Dunia, Bugatti Chiron Profilee!

14. Bugatti Chiron Super Sport $3,3 juta

Mobil termahal di dunia

Mobil termahal di dunia Bugatti Chiron Super Sport 300+

Mendengar nama Bugatti, memang langsung terbayang perihal harga yang harus dikeluarkan oleh konsumen. Apalagi pabrikan ini sering merilis model spesial yang bekerja sama dengan beberapa brand mewah. Bugatti, memang dikenal sebagai hypercar yang paling mencuri perhatian. Selain dari bentuknya yang unik, mobil lansiran Perancis ini juga memiliki tenaga super yang berasal dari jantung pacunya.

Di atas kertas, untuk model terakhir yang diluncurkan, Bugatti Chiron Super Sport 300+. Model ini mengadopsi mesin W16 berkapasitas 8.0 liter dengan semburan tenaga sebesar 1.600 hp. Dari mesin tersebut, mobil ini mampu mengemas kecepatan maksimumnya hingga 482 kpj.

Sedangkan harga yang ditawarkan untuk konsumennya, Bugatti, melepas Chiron Super Sport 300+ dengan banderol Rp 54 miliar.

15. Mercedes-AMG Project One $2,7 juta

mobil termahal di dunia - mercedes-amg one

Versi jalan raya dari mobil F1, Mercedes-AMG Project One

Mobil termahal Mercedes-Benz lain adalah hypercar bernama Project One. Ini bisa dikatakan sebagai mobil Formula 1 yang bisa dikendarai di jalan raya.

Mercedes-AMG One dilengkapi mesin turbo 1.6-liter V6 yang dikombinasikan dengan empat motor elektrik. Alhasik kecepatan maksimalnya harus dibatasi, cuma 352 km/jam.

Kemudian mobil produksi 2022 tersebut, cuma dijual 275 unit. Jadi Wajar bukan, kalau harganya bisa tembus $2,75 juta atau setara Rp 40 miliar.

16. Koenigsegg Gemera $1,8 juta

Mobil termahal di dunia

Mobil termahal di dunia Koenigsegg Gemera

Untuk mobil yang satu ini memang menjadi impian bagi semua penggemar otomotif. Bagaimana tidak, brand asal Swedia ini, dikenal dengan jambakan mesin yang begitu terasa saat mobil ini dipacu begitu dalam. Berbekal mesin 2.0 liter dengan dukungan Twin-Turbo, tenaga yang mampu diproduksi adalah sebesar 1.677 hp.

Kehadiran Koenigsegg Gemera juga meruoakan supercar yang eksentrik lantaran mobil ini memiliki kapasitas 4 penumpang layaknya mobil sedan. Bagi orang tajir yang memang ingin meminangnya, mereka harus menyiapkan dana sebesar USD 1,8 juta atau setara dengan Rp 27 miliar.

17. McLaren Elva $1,7 juta

Mobil termahal di dunia

Mobil termahal di dunia McLaren Elva

Mengenai model yang terakhir ini mungkin kurang familiar dengan kamu. Pasalnya, McLaren Elva memang memiliki populasi yang tidak begitu santer. Namun, siapa sangka di balik itu mobil yang sama dengan Aston Martin V13 Speedster ini dibanderol dengan harga yang sangat mahal.

Jika menelisik spesifikasinya, mobil ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 804 hp dan torsi maksimum 800 Nm. Adapun mesin yang diadopsikan pada McLaren Elva ini adalah V8 berkapasitas 4.0 liter Twin-Turbocharger. Sementara mengenai harga jualnya, McLaren Elva, dibanderol dengan harga USD 1,7 juta atau setara dengan Rp 24 miliar.

Nah, setelah mengetahui perihal mobil termahal di dunia, apakah kamu akan menabung untuk membeli salah satu dari lima daftar yang sudah kami paparkan? Atau ada salah satu mobil yang menjadi idola kamu? Untuk informasi otomotif terkini simak terus moladin.com

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika