Penyebab Mesin Motor Mati dan Cara Mengatasinya

Penyebab Mesin Motor Mati – Mesin motor yang mendadak mati memang bikin panik, apalagi kalau terjadi di tengah jalanan sepi. Karena itu, kamu harus mempelajari mesin motor, mencari tahu fungsinya, dan penyebab mesin motor mati. Dengan menguasai pengetahuan tersebut, kamu lebih mudah mengatasi masalah seputar mesin motor.

Fungsi Mesin Motor

Penyebab Mesin Motor Mati, Fungsi Mesin Motor

Mesin motor berfungsi sebagai sistem penggerak. Ada dua jenis mesin yang dibenamkan pada motor, yaitu mesin 2 tak dan 4 tak. Masing-masing menghasilkan tenaga berbeda saat motor dikendarai. Meski begitu, bagian-bagian mesin motor tersebut memiliki kesamaan.

Bagian pertama adalah kepala silinder. Fungsinya untuk tempat dudukan busi dan menutup lubang pada blok silinder. Sementara itu, blok silinder merupakan bagian mesin motor yang menjadi pusat penggerak piston atau torak.

Torak memiliki fungsi utama untuk memindahkan tenaga mesin hasil dari pembakaran ke poros engkol. Pemindahan ini harus melewati batang torak. Nah, di bagian torak ini pun terdapat cincin yang bisa mencegah terjadinya kebocoran gas bahan bakar ketika proses kompresi.

Selain torak, ada bagian yang disebut laher atau bearing kruk as. Komponen inilah yang bisa mencegah keausan pada silinder liner dan meminimalkan terjadinya gesekan pada poros engkol.

Tak hanya komponen yang disebutkan di atas, mesin juga memiliki bagian lain. Mulai dari roda gila, katup (valve), pegas katup (valve spring), pelatuk klep (rocker arm), poros bubungan, karter, dan pena torak. Ada pula bagian bantalan luncur aksial, timming chain, dan dudukan katup.

Baca Juga :

 

Penyebab Utama Mesin Motor Mati

Penyebab utama mesin motor mati

Kamu sudah merawat mesin motor, tetapi masih sering mogok di tengah jalan? Berarti, ada yang tidak beres dengan salah satu komponennya. Tapi, sebelum mengecek komponen dalam mesin, periksa dulu bahan bakar yang kamu pakai.

Pasalnya, bahan bakar dengan oktan di bawah 92 bisa menjadi penyebab utama mesin motor mati. Contohnya, bahan bakar premium, oktannya hanya 88.

Kalau tidak ada masalah di bahan bakar, coba cek keran bensinnya. Pastikan, keran dalam posisi terbuka supaya aliran bensin lancar. Kemudian, lihat tutup tangki bensin, terutama di lubang kecil yang fungsinya untuk ventilasi. Jika bagian lubang tertutup, sirkulasi udara menjadi terhambat. Akibatnya, bensin tidak dapat mengalir menuju karburator.

Bagian lain yang harus kamu cek ketika mesin motor tak kunjung menyala adalah main jet. Apa sih, main jet itu?

Jadi, main jet adalah komponen yang berfungsi untuk mengeluarkan bensin dari ruang pelampung ke intake manifold. Bentuknya berupa saluran kecil. Jika saluran tersebut tersumbat, otomatis bensin tidak bisa mengalir.

Penyebab penyumbatan tersebut beragam, salah satunya karena kualitas bahan bakar dan kotoran di dalam tangki. Meski kondisi tangki tertutup, kotoran tetap bisa masuk lewat celah kecil.

Tak hanya tangki, sistem pengapian pun menjadi biang utama mesin motor mati. Komponen pengapian yang paling berpengaruh adalah busi. Ketika percikan api yang keluar dari busi berwarna merah, kamu harus waspada. Sebab itulah tanda busi bermasalah.

Sebaliknya, busi yang mengeluarkan percikan api biru menandakan kondisinya sehat. Kamu hanya perlu membersihkan busi secara berkala supaya tetap berfungsi.

Selain busi, ada koil yang bisa menjadi penyebab matinya mesin motor. Pasalnya, koil ini berfungsi mengatur arus listrik dari aki. Jika koil masih memunculkan percikan api saat mesin dinyalakan, berarti motor kamu normal. Sebaliknya, koil yang bermasalah biasanya tidak bereaksi meski starter ditekan.

 

Cara Mengatasi Mesin Motor Mati

Penyebab Mesin Motor Mati

Sebenarnya, kerusakan pada mesin motor bisa dicegah dengan melakukan perawatan rutin. Kamu harus melakukan servis motor plus ganti oli minimal 3 bulan sekali. Kalau sampai terlambat servis 1 bulan, tarikan motor terasa berat. Pasalnya, karburator penuh kotoran dan debu.

Lalu, bagaimana mengatasi mesin motor yang telanjur sering mati?

Mengatasi mesin motor mati tergantung pada penyebabnya. Kalau penyebab itu berasal dari tutup tangki yang kotor, berarti kamu harus membersihkannya. Cara membersihkan tutup tangki sangat mudah. Cukup semprotkan angin dengan  kompresor.

Jika bagian main jet yang bermasalah, berarti kamu harus membawanya ke bengkel. Nantinya, pihak bengkel membongkar karburator untuk membersihkan main jet-nya. Setelah main jet bersih, jangan lupa cek busi. Siapa tahu, busi bermasalah karena pemakaian lama.

Tak hanya busi, bagian pengapian lain juga perlu kamu atasi di bengkel kalau terjadi masalah. Beberapa bagian yang harus dicek antara lain, CDI, koil, spul, kiprok, atau kabel busi.

Terakhir, kamu harus memastikan pengaturan klep sudah dilakukan dengan benar. Jika ditemukan penempatan klep yang kurang tepat, segera minta teknisi untuk membenahinya. Pasalnya, salah pemasangan klep juga bisa menjadi penyebab mesin motor mogok.

Demikian ulasan tentang penyebab mesin motor mati dan cara mengatasinya. Mulai sekarang, perhatikan kualitas mesin motor kamu agar tidak lagi mogok di tengah jalan.

Baca Juga :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *