Efektif! Ini Dia 10 Cara Menambal Knalpot Bocor

Hai! Kali ini Moladin mau kasih solusi bagaimana cara menambal knalpot bocor. Beberapa penyebab kebocoran alat pembuangan satu ini antara lain karena baut pengunci leher kendur, lepas atau bisa disebabkan juga karena paking yang telah rusak. Kita bisa mengenal ciri-cirinya, yaitu terdengar suara mendesis di area blok silinder dan di leher knalpot.

Motor yang mengalami masalah ini memang membuat motor tetap bisa jalan, tetapi akan memberi pengaruh buruk lainnya seperti bahan bakar lebih boros, tenaga berkurang, suaranya berisik hingga merusak motor karena tidak adanya kompresi.

Efek paling fatal sebab membiarkan knalpot bocor terlalu lama adalah mesin menjadi overheat akibat campuran bahan bakar dan sisa pembuangan keluar lewat  lubang yang bocor tersebut. Kemudian segudang masalah lainnya akan timbul jika motor sering mengalami overheat.

Maka dari itu, Moladin mau kasih tips, nih! Berikut ini 10 cara menambal knalpot bocor dan beberapa di antaranya bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Yuk, simak!

 

Menggunakan Seal Tape Aluminium

Cara Menambal Knalpot Bocor Seal Tape Alumanium

Moladiners yang pernah menambal peralatan dapur seperti panci dan wajan, harusnya sudah akrab dengan perekat satu ini. Yap! Seal tape aluminium yang biasa digunakan itu berfungsi juga untuk menambal knalpot. Setelah mengetahui letak kebocoran, lepaskan seal tape ini dari kertasnya kemudian tempelkan. Tidak masalah jika ingin melapisi dengan dua atau tiga lembar, yang penting kamu sudah yakin betul tidak ada lubang lagi.

 

Menggunakan Aluminium Muffler

Cara Menambal Knalpot Bocor Alumanium Muffler Tape

Kalau perekat satu ini, memang diperuntukkan khusus menambal knalpot bocor. Moladiners tinggal melepas kertas perekat dan menempelkannya pada bagian yang bocor. Setelah itu, nyalakan motor selama 5 – 10 menit kemudian aluminium muffler ini akan meleleh dan menutup lubang dengan sendirinya.

 

Yamaha Mio M3

*DP mulai dari

 

Menggunakan Aluminium Foil

Cara Menambal Knalpot Bocor Alumanium Foil

Cewek-cewek yang suka memasak tentu tahu nih, fungsi aluminium foil untuk menahan panas atau menjaga makanan tetap hangat. Nah, selain itu, aluminium foil juga bisa banget buat atasi kebocoran pada komponen pembuangan ini. Caranya mudah, kamu hanya perlu memilin aluminium foil kemudian memasukkannya ke bagian yang bocor. Nantinya, aluminium tersebut akan meleleh saat motor dinyalakan sehingga tidak mengganggu aliran gas buang.

 

Menggunakan Plastik Steel

Plastic Steel

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah mengaplikasikan plastik steel ke bagian knalpot yang bocor. Keunggulan cara ini adalah selain harga plastik steel yang relatif murah, bekas tambalan yang dihasilkan pun mudah dibersihkan.

 

Menggunakan Lem Besi

Lem Besi

Lem besi yang bisa kamu peroleh dari toko bangunan juga bisa berfungsi untuk menambal. Pastikan knalpot telah dibersihkan sebelum dioleskan lem ini. Kamu bisa mengolesnya sebanyak dua hingga tiga lapisan agar rekatan lebih kuat.

 

Bocor Menggunakan Bungkus Rokok

Bungkus Rokok

Salah satu cara kreatif menambal knalpot bocor adalah dengan memanfaatkan bungkus rokok. Praktis banget nih, buat cowok-cowok yang lagi di jalan, terus tiba-tiba knalpot bocor, coba deh rogoh saku dan manfaatkan bungkus rokok yang ada. Manfaatkan kertas aluminium yang terdapat dalam bungkus rokok tersebut, aplikasikan seperti cara menambal knalpot bocor dengan menggunakan aluminium foil.

 

Menggunakan Lem Sealer

Lem Sealer

Tidak sembarangan lem sealer bisa digunakan untuk menambal knalpot. Harus lem sealer yang tahan panas. Caranya, aplikasikan lem sealer ke seluruh permukaan paking knalpot hingga merata dan lem akan kering dengan sendirinya.

 

Menggunakan Lem Semen

Lem Semen

Satu lagi jenis lem yang tahan panas sehingga bisa dikamulkan untuk menambal knalpot bocor adalah lem semen. Tambal knalpot yang bocor menggunakan lem tersebut. Kamu bisa mendapatkan lem semen ini di pasaran dengan harga mulai dari Rp. 20.000

 

Dengan Cara Las

Las

Cara simpel dan efisien untuk menambal knalpot yang bocor adalah dengan melasnya. Datangi bengkel las terdekat dan mintalah mekanik mengatasi masalah motormu ini. Tinggal tunggu beberapa saat, alat  pembuangan gas satu ini akan berfungsi normal kembali.

 

Yamaha Mio S

*DP mulai dari

 

Dengan Cara Ganti Paking

Cara Menambal Knalpot Bocor Ganti Paking

Terakhir, jika kamu kurang yakin atau segala macam cara sudah dicoba namun tidak membuahkan hasil, cobalah ganti paking knalpot sepeda motor kamu. Konsultasikan bersama mekanik kepercayaan kamu agar mengganti paking terasa lebih mantap. Jika ingin knalpot semakin kuat dan tahan lama, kamu bisa meminta mekanik untuk memasang double paking atau memilih paking berbahan aluminium alih-alih menggunakan paking knalpot stkamur.

Nah, itu dia 10 cara menambal knalpot bocor. Jika sudah tahu cara mudahnya, tunggu apalagi? Segera tambal agar kerusakan tidak menyebar ke mana-mana. Semoga bermanfaat!

 

Baca Juga :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *