Ini Dia Cara Membuat SIM A Beserta Syarat dan Info Biayanya

Setiap pengemudi kendaraan bermotor apapun jenisnya wajib memiliki SIM alias Surat Izin Mengemudi. Perihal kewajiban pengendara kendaraan memiliki SIM pun sudah tertuang dalam undang-undang yaitu pasal 7 ayat 1 Undang-Undang No. 22 Tahun 2009. Undang-undang tersebut berbunyi, bahwa setiap pengendara kendaraan bermotor yang tidak memiliki SIM bisa dipidana dengan kurangan paling lama empat bulan dan denda paling banyak Rp1.000.000,-

SIM merupakan bukti registrasi yang dikeluarkan oleh Kepolisian Republik Indonesia bagi masyarakat yang sudah memenuhi syarat pendaftaran, sehat jasmani dan rohani, dan mampu mengendarai kendaraan bermotor dengan baik dan sudah lulus serangkaian tes yang diujikan. Pengendara wajib memiliki SIM sesuai dengan jenis kendaraan yang dikemudikan. Memiliki SIM berarti pengendara sudah berkompeten untuk mengemudikan kendaraan yang dimiliki di jalan raya.

Bagi pengendara mobil pribadi diwajibkan untuk memiliki SIM A. Bagi kamu yang masih belum memiliki dan akan segera mengurusnya, berikut Moladin akan coba hadirkan cara membuat SIM A beserta biaya serta persyaratannya.

Apa saja sih prasyarat yang harus dipenuhi saat akan membuat SIM A?

SIM A BARU

  1. Usia pemohon haruslah sudah 17 tahun dan memiliki KTP alias Kartu Tkamu Penduduk yang masih berlaku.
  2. Mengisi formulir permohonan Surat Izin Mengemudi sesuai kendaraan yang dioperasikan.
  3. Pemohon haruslah sehat jasmani dan rohani. Ini dibuktikan lewat surat keterangan sehat dari dokter yang dibuat di klinik kepolisian atau di pusat pelayanan kesehatan lainnya.
  4. Pemohon harap berpenampilan rapi saat mendaftar, mengenakan baju rapi dan bersepatu (dilarang mengenakan skamul).
  5. Lulus ujian teori, ujian praktik, dan/atau ujian keterampilan melalui simulator.
  6. Membayar biaya pembuatan SIM sesuai dengan SIM yang dibuat.

 

Setelah semua syarat sudah dipenuhi, saatnya untuk datang ke SATPAS terdekat untuk melakukan pembuatan SIM baru. Ternyata cara membuat SIM A baru juga bisa dilakukan secara online. Ini dilakukan untuk mempermudah proses registrasi saja.

Lalu bagaimana prosedur dan cara membuat SIM A?

Layanan SIM Keliling dan Fungsinya Untuk Masyarakat

  1. Yang pertama siapkan semua dokumen dan syarat yang dibutuhkan sudah lengkap. Siapkan fotocopy KTP dan beberapa dokumen yang memang dibutuhkan untuk membuat SIM A. Pastikan tidak ada satu pun yang ketinggalan.
  2. Setelah semua dokumen lengkap, ambil formulir pendaftaran sesuai dengan kendaraan yang dikemudikan. Jangan lupa pula untuk membayar administrasi sesuai dengan tarif yang ditentukan. Kumpulkan semua dokumen yang sudahdifotocopy dan masukkan ke dalam map (termasuk surat keterangan sehat dari klinik di kepolisian atau dokter).
  3. Setelah membayar biaya administrasi sesuai tarif, saatnya untuk mengisi formulir dengan jelas, benar dan lengkap. Pastikan untuk menulis dengan menggunakan huruf yang jelas agar mudah dibaca dan tidak ada kekeliruan saat input data SIM.
  4. Serahkan formulir pendaftaran pada petugas di loket yang sudah disediakan. Tunggu giliran untuk dipanggil dan melakukan tes.
  5. Ujian pertama yang harus dijalaniadalah ujian tertulis atau teori. Jika dalam ujian ini pemohon gagal, maka akan diberi kesempatan untuk mengikuti ujian ulang setelah tenggang waktu 7, 14, dan 30 hari. Jika lolos langsung lanjut ke ujian praktik.
  6. Saat ujian praktik, pemohon harus menjalani serangkaian tes seperti mengemudi di jalan sempit, keluar mundur jalan sempit, parkir paralel, parkir mundur, berkendara zig-zag, melewati tanjakan,dan lain sebagainya. Pengemudi wajib lulus 100% baru bisa mendapatkan surat izin mengemudi. Jika salah satu ujian tidak lulus, maka pemohon akan gagal dan wajib mengikuti ujian ulang satu minggu sesudahnya. Jika masih terus gagal harus mengulang sampai benar-benar lulus.
  7. Setelah semua ujian lulus, pemohon akan memasuki tahap identifikasi. Di sini pemohon akan diambil sidik jari dan tkamu tangan serta foto wajah.
  8. Setelah proses ini selesai, pemohon tinggal menunggu SIM A jadi dan dipanggil namanya di loket pengambilan.

 

Yamaha Aerox 155

*DP mulai dari

 

Bagi pemohon SIM A perseorangan tidak membutuhkan tes uji simulator, karena tes tersebut hanya diperuntungkan untuk SIM A umum.

Lalu, berapakah biaya yang harus dibayar untuk membuat SIM A?

Sesuai dengan peraturan Pemerintah no 50 Tahun 2010 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) untuk pembuatan SIM A baru adalah sebesar R120.000,-. Ada biaya tambahan seperti uji simulator sebesar Rp50.000,- bagi yang membutuhkan ujian ini dan juga biaya asuransi sebesar Rp30.000,- namun ini tidak bersifat wajib. Banyak pemohon yang gagal lantas putus asa dan malas melakukan tes. Akhirnya mengambil jalan pintas dengan membuat SIM lewat calo dengan harga yang berkali-kali lipat lebih mahal.

Salah satu tips yang bisa diikuti adalah sebaiknya saat tes, gunakan mobil sendiri apalagi jika kamu mengemudikan mobil matic. Mobil yang disediakan oleh kepolisian bisanya bertansmisi manual. Menggunakan mobil sendiri pun akan lebih nyaman karena sudah hafal letak-letak dan cirinya. Ini akan memudahkan kamu saat ujian praktik nantinya.

Nah, itu tadi adalah informasi cara membuat SIM A beserta biaya dan syarat yang harus dipenuhi. Semoga bermanfaat untuk kamu ya.

 

Baca Juga :

 

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *